Macam-Macam Bunga Anggrek Paling Cantik, Wajib Dilirik Buat yang Hobi Berkebun

Reporter : Wuri Anggarini
Kamis, 6 Februari 2020 17:00
Macam-Macam Bunga Anggrek Paling Cantik, Wajib Dilirik Buat yang Hobi Berkebun
Nah, biar tahu mana varian yang paling pas menghiasi kebun mungil di rumah, yuk cari tahu macam-macam bunga anggrek paling cantik berikut ini!

Berkebun memang jadi hobi yang lagi happening banget dalam beberapa tahun terakhir. Tren green space yang berkembang dan rasa bosan dengan pemandangan tembok beton membuat banyak orang terinspirasi untuk menyulap area di sekitarnya menjadi kehijauan. Nggak hanya bisa menyegarkan mata, berkebun ternyata juga menyimpan manfaat dari sisi mental health buat yang menjalaninya, seperti menghilangkan stres.

Ada sederet tanaman cantik yang bisa menghiasi green space rancanganmu. Macam-macam bunga anggrek bisa jadi pilihan yang menarik, lho. Tahu nggak kalau anggrek adalah jenis bunga yang memiliki spesies terbesar di dunia? Nah, biar tahu mana varian yang paling pas menghiasi kebun mungil di rumah, yuk cari tahu macam-macam bunga anggrek paling cantik berikut ini!

1 dari 10 halaman

Anggrek Bulan

©Shutterstock

Di antara macam-macam bunga anggrek yang biasa dijadikan tanaman hias di rumah, anggrek bulan pasti jadi salah satu yang paling populer. Bukan tanpa alasan sih, jenis anggrek yang satu ini memang tampak cantik dengan dominasi warna putihnya di bagian kelopak. Bentuknya yang menyerupai bulan jadi inspirasi penamaan jenisnya dalam bahasa Indonesia.

Bunga yang memiliki aroma keharuman khas ini dikenal mekar lebih lama dibandingkan jenis lainnya. Selain itu, anggrek bulan adalah salah satu macam-macam bunga anggrek yang tidak menyukai paparan sinar matahari secara langsung. Jika berminat menanam tanaman ini di rumah, letakkan di area yang nggak mendapat sinar matahari langsung.

2 dari 10 halaman

Anggrek Hitam

Macam-macam bunga anggrek memiliki warna-warni cantik yang membuatnya jadi idola untuk menghiasi green space di rumah. Pernah terbayang ada anggrek berwarna hitam? Bukannya terlihat seram, anggrek hitam justru terlihat eksotis dan anggun saat menjadi tanaman hias di dalam rumah. Nggak percaya?

Macam-macam bunga anggrek berwarna hitam ini banyak ditemukan di Kalimantan dan Sumatera, bahkan menjadi maskot flora di Provinsi Kalimantan Timur. Namun sayangnya, jumlah anggrek hitam di habitat aslinya sendiri mengalami penurunan yang sangat besar dan kini hanya bisa ditemukan di cagar alam Kersik Luway. Hal inilah yang membuat anggrek hitam sering jadi incaran para kolektor dan memiliki harga yang cukup tinggi!

3 dari 10 halaman

Anggrek Cymbidium

Jika dibandingkan dengan macam-macam bunga anggrek lainnya, jenis yang satu ini memiliki bunga yang lebih kecil. Namun, anggrek cymbidium tetap menjadi salah satu primadona karena bunganya yang banyak dan terlihat cantik saat bermekaran. Inilah yang membuat anggrek tersebut cocok menjadi salah satu tanaman hias di rumah.

Anggrek cymbidium tergolong tanaman yang sudah ditanam oleh masyarakat Tiongkok selama ribuan tahun. Ada cara tersendiri dalam merawat tanaman jenis ini di dalam rumah. Sama seperti macam-macam bunga anggrek lainnya, sebaiknya letakkan anggrek cymbidium di tempat yang terang tapi tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, perhatikan juga kondisi daunnya. Jika daun terlihat berwarna hijau atau kuning terang dengan bintik-bintik, artinya anggrek terlalu banyak mendapatkan sinar matahari. Tapi, kalau daunnya berwarna gelap, tandanya kurang mendapatkan asupan sinar matahari.

4 dari 10 halaman

Anggrek Selop

©Shutterstock

Punya bentuk unik di antara macam-macam bunga anggrek lainnya, nggak heran jika anggrek selop sering diincar para kolektor hingga saat ini. Tumbuhan tersebut merupakan spesies endemik Jawa Timur yang habitatnya banyak ditemukan di kawasan selatan lereng Gunung Semeru.

Ada keunikan tersendiri yang bisa ditemukan pada bentuk anggrek ini jika dibandingkan dengan macam-macam anggrek lainnya. Anggrek selop memiliki bagian bibir yang mirip dengan tumbuhan kantong semar. Jika dilihat sekilas, bentuk ini juga mirip dengan selop atau sepatu perempuan, sehingga nggak heran jika namanya menjadi anggrek selop. Tertarik memelihara anggrek cantik yang satu ini?

5 dari 10 halaman

Anggrek Kebutan

©Shutterstock

Masih banyak lagi macam-macam bunga anggrek yang dapat menjadi tanaman hias di green space pribadimu. List selanjutnya adalah anggrek kebutan. Termasuk dalam spesies anggrek yang banyak ditemukan di Laos, Vietnam, Filipina, Malaysia, Jawa, dan Sumatera. Bahkan, jenis anggrek yang satu ini termasuk yang dilindungi di Indonesia.

Macam-macam bunga anggrek memang memiliki karakteristik pesonanya sendiri. Khusus anggrek kebutan, kamu akan disapa dengan anggrek berwarna oranye yang berkerumun dalam satu tangkai. Nggak heran jika tanaman yang satu ini jadi favorit para pecinta anggrek.

6 dari 10 halaman

Anggrek Cattleya

Macam-macam bunga anggrek cantik nggak hanya berasal dari Indonesia saja. Anggrek cattleya merupakan jenis anggrek yang berasal dari Kosta Rika, tapi juga banyak ditemukan di Indonesia. Anggrek yang satu ini terlihat cantik dengan warna-warni bunganya yang selalu sukses mencuri perhatian para pecinta gardening.

Macam-macam bunga anggrek memang memiliki ciri khasnya masing-masing. Seperti anggrek cattleya yang nggak baik jika terkena sinar matahari langsung. Jenis ini hanya memerlukan sinar matahari selama 4-5 jam setiap harinya. Perhatikan jika daunnya berwarna hijau gelap, tandanya bunga ini kekurangan cahaya matahari. Namun, jika daunnya berwarna kekuningan, tandanya bunga itu terlalu banyak terkena cahaya matahari.

7 dari 10 halaman

Anggrek Tebu

Menjadi salah satu dari macam-macam bunga anggrek cantik yang cocok ditanam di dalam rumah, anggrek tebu memiliki keunikan yang menjadikannya incaran para kolektor. Bunga anggrek yang satu ini punya corak unik seperti loreng macan, yang membuatnya juga dikenal dengan sebutan Tiger Orchid.

Uniknya lagi, anggrek tebu menyandang predikat sebagai tanaman anggrek terbesar dan terberat di antara macam-macam bunga anggrek yang ada. Diameternya mencapai 10 cm dengan ketinggian tanaman mencapai 2-3 meter sehingga tergolong sangat besar untuk ukuran bunga anggrek. Batangnya yang besar dan mirip tebu inilah yang membuat jenis anggrek tersebut sering disebut sebagai anggrek tebu.

8 dari 10 halaman

Anggrek Larat

©Shutterstock

Indonesia juga memiliki macam-macam bunga anggrek khas suatu daerah, salah satunya adalah anggrek larat. Jenis tersebut menjadi salah satu bunga identitas Indonesia, tepatnya di Maluku. Namanya sendiri berasal dari salah satu wilayah di Maluku yang bernama Kepulauan Larat, yang menjadi lokasi pertama kali anggrek ini ditemukan.

Anggrek larat memiliki warna ungu muda yang tampak cantik dan mencolok bila dibandingkan dengan macam-macam bunga anggrek lainnya. Tanaman tersebut mudah didapatkan di komunitas pecinta anggrek. Tapi, perlu diingat jika anggrek larat hanya bisa bertahan hidup di tempat yang memiliki kelembapan rendah dan agak kering. Jika berada di suhu dingin yang agak lembap, anggrek larat bisa membusuk.

9 dari 10 halaman

Anggrek Pensil

©Shutterstock

Selalu menjadi salah satu dari macam-macam bunga anggrek yang mencuri perhatian karena keindahannya, anggrek pensil merupakan idola banyak orang. Di Indonesia sendiri jenis anggrek yang satu ini banyak ditemukan di Bengkulu. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, populasi anggrek pensil sendiri sudah tak sebanyak dulu. Nah, anggrek jenis ini termasuk tumbuhan epifit yang hidupnya menumpang pada tumbuhan bakung. Di habitat asalnya sendiri, anggrek yang satu ini sudah jarang ditemukan kecuali di area rawa-rawa yang terdapat banyak tumbuhan bakung.

10 dari 10 halaman

Anggrek Dendrobium Uniflorum

Di antara macam-macam bunga anggrek yang ada, anggrek dendrobium adalah salah satu yang memiliki daya tarik tersendiri. Didominasi warna putih, anggrek ini bisa ditemukan di beberapa wilayah tanah air seperti Sulawesi, Borneo, dan Sumatera. Tanaman ini juga banyak ditemukan tumbuh di Malaysia, Thailand, dan Filipina. Anggrek ini cocok menemani green space kamu di rumah jika tidak suka terlalu banyak warna dalam konsepnya.

Ternyata ada macam-macam bunga anggrek cantik yang bisa dilirik bagi pecinta berkebun. Mana nih jenis anggrek yang akan dipilih untuk menjadi tanaman hias di dalam rumah?

Beri Komentar