Manfaat Sumber Daya Alam bagi Manusia, Ketahui Pengertian, Jenis dan Contohnya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 12 Maret 2021 11:59
Manfaat Sumber Daya Alam bagi Manusia, Ketahui Pengertian, Jenis dan Contohnya
Manfaat sumber daya alam bagi manusia ini pastinya sudah kamu pelajari sejak duduk di bangku sekolah, bukan?

Sumber daya alam sejatinya ialah modal alam di mana bentuk-bentuk modal lain dibuat demi kemajuan serta kemakmuran bangsa tersebut. Sehingga, adanya sumber daya alam tersebut berkontribusi terhadap pendapatan perorangan, pendapatan fiskal, dan pengurangan kemiskinan.

Dikarenakan pentingnya manfaat sumber daya alam ini, maka mereka pun harus dikelola secara berkelanjutan. Selain itu, pemerintah juga memainkan peran penting dalam menerapkan kebijakan dan memastikan bahwa sumber daya berkontribusi pada pembangunan ekonomi jangka panjang negara, serta tidak hanya untuk menghasilkan pendapatan jangka pendek saja.

Nah, untuk mengetahui apa peran dan manfaat sumber daya alam bagi manusia, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Sumber Daya Alam

Manfaat Sumber Daya Alam

Sebelum membahas mengenai manfaat sumber daya alam bagi manusia, mari kita ulas sedikit apa itu sumber daya alam. Sumber Daya Alam adalah semua kekayaan alam yang berupa benda hidup ataupun tidak hidup yang berada di bumi untuk dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Oleh karena itu, keberadaan sumber daya alam tertentu ini menjadi penentu penting dari keunggulan komparatif serta perdagangan produk yang bergantung padanya.

Lantas, kamu tau nggak apa saja sih yang meliputi dari sumber daya alam? Yaps, sumber daya alam ini meliputi ekosistem, perlindungan lingkungan, pelestarian satwa liar dan habitat, sumber daya air dan energi, keanekaragaman hayati dan konservasi hutan.

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Setelah memahami pengertian dari sumber daya alam, selanjutnya kita mengenal jenis-jenisnya ya, guys. Berikut diantaranya:

1. Sumber Daya Alam Terbaharui

Sumber daya alam dengan tipe ini yaitu sumber daya alam yang jumlahnya melimpah, bahkan bisa diperbaharui melalui siklus alami alam ataupun dengan bantuan teknologi buatan manusia. Umumnya, sumber daya ini adalah komponen dari sebuah ekosistem. Baik ekosistem darat, ekositem hutan, atau ekosistem sungai. Misalnya seperti: Angin, tanah, pohon, sinar matahari, air, dan lain-lain.

2. Sumber Daya Alam Tidak Terbaharui

Sedangkan, untuk jenis sumber daya alam tidak terbaharui merupakan kebalikan dari sumber daya alam yang terbaharui. Artinya, tipe sumber daya alam ini jumlahnya terbatas kalau digunakan terus-menerus serta tidak ada cadangannya. Contohnya seperti: mineral, batu, minyak bumi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Sumber Daya Alam bagi Manusia

Manfaat Sumber Daya Alam

Seperti yang diketahui, bahwa keberadaan sumber daya alam di bumi sangatlah bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia dari dulu hingga sekarang. Lalu, saja sih manfaat sumber daya alam bagi manusia? Berikut diantaranya.

1. Sumber Energi dan Bahan Bakar

Manfaat sumber daya alam bagi manusia yang pertama yaitu ebagai sumber energi dan bahan bakar untuk kebutuhan sehari-hari manusia maupun kebutuhan industri.

Ya, sumber daya alam ini berupa minyak bumi dan gas yang berperan sebagai sumber bahan bakar untuk menghidupkan listrik, kompor untuk mengolah makanan, hingga kendaraan bermotor.

Selain minyak bumi dan gas, kini energi matahari dan angin juga sudah mulai digunakan sebagai pengganti minyak bumi dan gas dalam sumber energi dan bahan bakar, lho. Contohnya seperti jenis olahan minyak bumi yang diantaranya meliputi solar, pertalite, pertamax, minyak tanah, dan bio solar.

2. Memenuhi Kebutuhan Pangan Manusia dan Hewan

Salah satu manfaat sumber daya alam bagi manusia yang tidak kalah penting ialah sebagai pemenuh kebutuhan pangan manusia serta hewan. Kebanyakan, sember daya alam ini diolah sedemikian rupa sampai menjadi bermacam-macam bentuk pangan untuk manusia ataupun hewan di bumi.

4 dari 5 halaman

3. Pembangkit Listrik

Ilustrasi Pembangkit Listrik

Manfaat sumber daya alam yang ketiga yaitu sebagai pembangkit tenaga listrik. Contoh seperti cahaya matahari dengan sistem sel surya, uap, angin maupun air yang juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik.

4. Obat dan Kosmetik

DiaZens, kalian tahu nggak sih ternyata manfaat sumber daya alam juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan obat dan kosmetik. Contohnya adalah bahan-bahan herbal seperti jahe yang bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan obat tradisional.

Sementara, cangkang binatang laut merupakan salah satu sumber daya alam yang juga bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai kosmetik seperti lipstik.

5. Membuat Peralatan

Nah, untuk manfaat sumber daya alam bagi manusia yang tidak bisa diperbaharui adalah sebagai bahan pembuatan peralatan. Contohnya seperti, nikel, tembaga, besi, dan logam-logam lainnya.

Pasalnya, logam-logam ini berfungsi untuk pembuatan alat seperti alat pertukangan, alat dapur, mesin-mesin industri, hingga kerangka bangunan, kerangka kapal laut dan pesawat terbang.

5 dari 5 halaman

6. Membuat Pakaian

Ilustrasi Pakaian

Manfaat sumber daya alam bagi manusia berikutnya adalah sebagai bahan pembuatan pakaian atau baju. Ya, sumber daya alam ini dapat diperbaharui karena berguna sebagai bahan pakaian misalnya kapas yang dipintal menjadi benang sehingga nantinya berperan dalam proses pembuatan kain lalu dibentuk sedemikian rupa menjadi baju.

7. Untuk Menjaga Keseimbangan Alam

Ohiya, selain difungsikan untuk menunjang kebutuhan hidup manusia, manfaat sumber daya alam juga berperan dalam menjaga keseimbangan alam serta kelestarian bumi, lho. Sehingga, tidak seharusnya sumber daya alam ini kita eksploitasi besar-besaran tanpa adanya treatment untuk menjaganya.

8. Sebagai Cadangan Devisa

Devisa adalah salah satu media yang dimanfaatkan oleh negara untuk melaksanakan transaksi yang legal secara internasional. Nah, cara transaksi devisa yaitu saat suatu negara membutuhkan dana yang besar, sehingga manfaat sumber daya alam yang menjadi cadangan devisa pun dapat dipasarkan dan dikomersilkan untuk mendapat keuntungan dari hal tersebut.

Devisa ini tidak hanya berupa barang atau berbentuk hasil bumi saja ya, guys. Tapi bisa juga dalam bentuk jasa. Adapun sumber-sumber cadangan devisa yaitu: Pungutan bea masuk dari barang-barang impor, hingga hasil ekspor barang dan jasa.

Itulah beberapa manfaat sumber daya alam bagi manusia yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya, DiaZens.

Beri Komentar