Mengenal Lebih Dekat Fanny Aeni, Sosok di Balik Brand Joline yang Menginspirasi Para Perempuan Meraih Mimpinya

Reporter : Aditia Lestari
Rabu, 7 Agustus 2024 14:44
Mengenal Lebih Dekat Fanny Aeni, Sosok di Balik Brand Joline yang Menginspirasi Para Perempuan Meraih Mimpinya
Fanny Aeni membuktikan bahwa kerja keras dan mimpi yang tekad bisa membawa perempuan mewujudkan mimpinya menjadi business owner sendiri

Dunia bisnis yang penuh tantangan tidak menyurutkan semangat perempuan untuk berwirausaha. Mereka membuktikan bahwa perempuan juga mampu bersaing di dunia bisnis.

Begitu pun yang dilakukan sosok inspiratif Fanny Aeni di balik brand kecantikan Joline. Dengan ide-ide segar dan semangat yang membara, Fanny membangun bisnis perawatan tubuh yang berkualitas tinggi, aman, dan terjangkau bagi masyarakat.

Keberhasilannya ini tak luput dari pengalamannya yang berkecimpung belasan tahun di dunia industri kecantikan dengan latar belakang pemasaran. Fanny Aeni menempuh gelar Sarjananya dalam bidang Periklanan dari LSPR Communication and Business Institute pada tahun 2003 hingga 2007. Fanny memulai karirnya di tahun 2004 sebagai Project Intern di Frontier Group Official kemudian bergabung sebagai Senior Brand Executive di Arch Worldwide yang bertanggung jawab pada proses setiap pemasaran produk.

Hal ini mendorong semangatnya untuk menekuni karir impiannya di bidang yang sama setelah dirinya menjajal peruntungan di berbagai brand kecantikan mulai dari NAOS (Bioderma - Institut Esthederm - Etat Pur), Mustika Ratu, Kanmo Group, Senka hingga Nusantics.

1 dari 3 halaman

Mendirikan Brand Kecantikan yang Berkualitas Tinggi tapi Tetap Terjangkau

Fanny Aeni, Sosok di Balik Brand Kecantikan Joline© Fanny Aeni (Istimewa)

Keahliannya sebagai Brand Builder yang luar biasa membawa keberaniannya untuk menciptakan brand kecantikan miliknya sendiri. Pada tahun 2023 kemarin, Fanny memperkenalkan brandnya, Joline melalui media sosial sebagai produk perawatan tubuh.

Joline didirikan oleh Fanny Aeni dengan tujuan untuk menciptakan produk skincare yang aman dan efektif bagi remaja dan perempuan aktif. Misi utama Joline adalah untuk membantu perempuan tetap percaya diri dengan menggunakan produk yang berkualitas tinggi dan terjangkau. Dengan demikian, perempuan dapat fokus pada aktivitas mereka tanpa khawatir tentang kesehatan kulit mereka.

Perjalanan Fanny di dunia industri kecantikan dimulai dari ketertarikannya terhadap perawatan tubuh dan kulit. Ia melihat banyak produk kecantikan yang berfokus pada make-up dan perawatan wajah, tetapi sedikit yang benar-benar memperhatikan kebutuhan perawatan tubuh secara menyeluruh.

Dengan latar belakang pendidikan di bidang bisnis dan kecintaan terhadap dunia kecantikan, Fanny memutuskan untuk mendirikan brand body care yang menawarkan solusi perawatan tubuh berkualitas tinggi namun bisa dijangkau mudah oleh konsumen. Sebagai seorang visioner, Fanny melihat peluang besar di industri body care, sebuah segmen pasar produk kecantikan yang masih minim kompetisi.

2 dari 3 halaman

Berkat Mental dan Tekad yang Besar

Fanny Aeni, Sosok di Balik Brand Kecantikan Joline© Fanny Aeni (Istimewa)

Dalam membangun brand start-up kecantikannya, Fanny sangat fokus pada inovasi. Dirinya percaya bahwa kunci untuk memenangkan hati konsumen adalah dengan menawarkan produk yang tidak hanya efektif, tetapi juga unik dan berbeda dari yang sudah ada di pasaran. Salah satu inovasi yang dia ciptakan adalah penggunaan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan, yang tidak hanya baik untuk kulit tetapi juga untuk lingkungan. Selain itu, Fanny dan timnya juga mengedepankan ulasan dan kritik dari konsumennya untuk meningkatkan kualitas produknya.

Sebagai bisnis pertamanya, keberhasilan ini bukan hanya membawa keuntungan finansial bagi Fanny, tetapi juga mengubah cara pandangnya terhadap dunia bisnis. Perjalanan ini menjadi memberikan pencerahan dan titik balik dalam hidupnya bagaimana menjadi business owner.

" Luar biasa ya, untuk 1 tahun jadi business owner bener-bener mengubah mindset dan prioritas, tapi ini luar biasa banget, karena aku punya mental dan tekad. Membangun bisnis ini jadi awakening dan turning point buat aku, dan tentunya bikin aku lebih open minded," ujar Fanny.

3 dari 3 halaman

Sosok Inspiratif bagi Perempuan untuk Meraih Mimpinya

" Ini bisnis pertama aku, setelah lama (bekerja) di brand hampir 15 tahun lebih, ini misi pertama aku dengan goal yang besar dan semoga bisa sustainable," ungkap Fanny. 

Keberhasilan membangun bisnis kecantikan ini menjadi titik balik bagi Fanny. Ia tidak hanya menemukan potensi dirinya, tetapi juga mendapatkan rasa percaya diri yang lebih besar. Momen-momen sulit dan tantangan yang dihadapinya justru menjadi batu loncatan yang menguatkan mental dan semangatnya.

" Joline ini memang jadi brand opening yang nantinya bisa dikenal masyarakat, nantinya ada beberapa brand yang kita prepare di area lain," ujar Fanny.

Fanny Aeni pun ingin terus berkomitmen berinovasi dan memperluas jangkauan produknya, tidak hanya di penjualan online tetapi juga offline di berbagai daerah di Indonesia. Fanny Aeni menjadi sosok inspiratif nyata bahwa dengan ide dan tekad yang kuat serta kerja keras, perempuan dapat mencapai kesuksesan dan memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Fanny Aeni tidak hanya membangun brand start-up kecantikan, tetapi juga membangun harapan dan inspirasi bagi perempuan muda untuk berani bermimpi dan mewujudkannya.

Beri Komentar