Mengenal Makna Pancasila, Beserta Lambang, Sila, dan Simbol Sebagai Dasar Negara

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 15 Juli 2020 11:47
Mengenal Makna Pancasila, Beserta Lambang, Sila, dan Simbol Sebagai Dasar Negara
Tak dipungkiri bahwa makna Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, belum dipahami oleh generasi saat ini.

Makna Pancasila sebagai dasar negara tentu harus dipahami, sebab pancasila adalah salah satu elemen paling penting dalam negara Indonesia. Sehingga bila tanpa memahami maknanya, orang-orang hanya akan melihat pancasila sebagai slogan semata.

Istilah Pancasila awalnya diperkenalkan oleh Bung Karno saat sidang BPUPKI I, yang kemudian menjadi landasan berdirinya negara Indonesia. Sehingga, sebagai warga negara Indonesia semua orang harus bisa mengimplementasikan makna Pancasila itu sendiri sebagai dasar negara dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, berikut makna Pancasila, beserta lambangnya yang dijadikan sebagai dasar negara, yang telah di rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Makna Lambang Pancasila

Makna Pancasila

Seperti yang diketahui, setiap tahunnya tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Yaps, Pancasila yang menjadi dasar negara ini memiliki lima lambang.

Berikut makna lambang Pancasila sebagai dasar negara:

1. Bintang Emas

Lambang bintang yang mencerminkan sila pertama Pancasila ini diartikan sebagai sebuah cahaya. Makna cahaya tersebut bagaikan Tuhan yang selalu menerangi kerohanian setiap manusia.

2. Rantai

Rantai emas merupakan lambang dari sila kedua yang berbunyi " Kemanusiaan yang adil dan beradab" . Makna Pancasila tersebut ialah hubungan manusia yang saling membantu satu sama lain tanpa memandang status, gender atau usia.

2 dari 5 halaman

3. Pohon Beringin

Lambang pohon beringin mencerminkan sila ketiga Pancasila yang berbunyi " Persatuan Indonesia" . Pohon beringin dengan akar yang menjulur ke bawah diartikan sebagai peneduh bangsa Indonesia untuk berlindung agar merasa aman.

4. Kepala Banteng

Lambang kepala banteng di latar berwarna merah pada sila keempat Pancasila ini menggambarkan seperti manusia dalam proses pengambilan keputusan yang dilakukan secara musyawarah, dalam memecahkan suatu persoalan.

5. Padi dan Kapas

Padi dan kapas menjadi simbol pada sila ke lima Pancasila, sehingga makna Pancasila tersebut ialah menggambarkan persamaan, tidak ada kesenjangan antara satu dengan lainya.

3 dari 5 halaman

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Makna Pancasila

Makna Pancasila sebagai dasar negara merupakan Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur pemerintah negara, atau pun sebagai dasar dalam mengatur seluruh penyelenggaraan negara.

Dengan begitu, maka makna Pancasila dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya dalam mengatur unsur-unsur kehidupan berbangsa dan bernegara, dari segala bentuk peraturan-peraturan yang ada di Indonesia yang harus berlandaskan pancasila.

Selain itu, makna pancasila sebagai dasar negara juga memiliki artian sebagai tonggak dalam pembuatan segala peraturan perundang-undangan negara dan peraturan lain yang mengatur di berbagai bidang kehidupan, baik di bidang politik, sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, pertahanan serta keamanan.

Jadi makna pancasila sebagai dasar negara merupakan nilai dasar yang normatif terhadap semua penyelenggaraan Negara Republik Indonesia.

4 dari 5 halaman

Makna Sila Pancasila

Makna Pancasila

Seperti yang telah dijelaskan di atas, makna pancasila adalah esensi nilai-nilai pancasila yang berfungsi sebagai pedoman dan panduan tingkah laku masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sehingga sebagai sebuah entitas yang menjadi dasar negara, pancasila berperan penting bagi bangsa Indonesia. Lalu, apa saja makna sila Pancasila? Berikut penjelasannya secara berurutan agar mudah dipahami:

1. Makna sila Ketuhanan Yang Maha Esa

- Pengakuan eksistensi Tuhan Yang Maha Esa.
- Toleransi antara pemeluk agama terjaga.

2. Makna sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

- Menjunjung tinggi prinsip keadilan dalam berhubungan dengan manusia lain.
- Memanusiakan manusia dan melihat manusia lain sebagai makhluk Tuhan.

5 dari 5 halaman

3. Makna sila Persatuan Indonesia

- Memiliki jiwa nasionalisme dan patriotism.
- Bersikap dan bertindak dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Makna sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

- Selalu mengambil kebijaksanaan di atas persengketaan atau perbedaan pendapat.
- Antikekerasan dalam menyelesaikan masalah atau konflik.

5. Makna sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

- Negara berpihak pada mayoritas rakyat jelata yang lemah.
- Negara melindungi setiap warga negara untuk mendapat penghidupan yang layak.

Itulah makna Pancasila yang harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar