Profil 7 Cucu Nabi Muhammad SAW, Tidak Hanya Hasan dan Husain

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Rabu, 5 Juni 2024 18:51
Profil 7 Cucu Nabi Muhammad SAW, Tidak Hanya Hasan dan Husain
Hasan dan Husain merupakan cucu Nabi Muhammad yang paling banyak dikenal orang-orang. Berikut ini adalah profil lengkap nama-nama cucu Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW memiliki tujuh orang cucu semasa hidupnya. Islam merupakan agama yang tidak serta merta melupakan sejarahnya. Tentu umat muslim untuk mengetahui sejarah dari agama Islam tersebut. Tidak hanya mengetahui tentang berbagai perang yang terjadi di masa lampau, silsilah keluarga Nabi juga penting untuk diketahui.

Nabi Muhammad SAW memiliki tujuh anak semasa hidupnya. Ketujuh anak Nabi Muhammad SAW terdiri dari empat perempuan dan tiga laki-laki. Dari tujuh buah hatinya tersebut, Nabi Muhammad dianugerahi tujuh cucu yang sangat ia sayangi dan cintai.

Salah dua dari cucu Nabi Muhammad SAW yang paling banyak dikenal umat muslim adalah Hasan dan Husain. Hasan Husain merupakan dua cucu Nabi Muhammad yang memiliki pengaruh besar dalam sejarah Islam. Namun, cucu Nabi Muhammad tidak hanya Hasan dan Husain. Berikut ini adalah profil tujuh cucu Nabi Muhammad yang perlu kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Hasan bin Ali

Cucu Nabi Muhammad yang pertama yaitu Hasan Bin Ali. Hasan lahir pada 635 masehi di Madinah dan wafat di kota yang sama pada 670 masehi. Hasan dikenal karena kedermawanan, kebijaksanaan, dan kedekatannya dengan Nabi Muhammad SAW.

Hasan menjadi Khalifah kelima setelah kematian ayahnya, Ali bin Abi Thalib, tetapi menyerahkan kekhalifahan kepada Muawiyah untuk mencegah pertumpahan darah di antara umat Islam. Masa kekuasaannya yang singkat dikenal sebagai masa damai karena tindakan menghindari konflik.

Nama Cucu Nabi Muhammad© shutterstock.com

Husain bin Ali

Berikutnya cucu kedua Nabi Muhammad SAW bernama Husain bin Ali. Husain lahir pada 626 masehi di Madinah dan wafat pada 680 masehi di Karbala Irak. Husain karena keberaniannya, keteguhan, dan perjuangannya melawan ketidakadilan.

Husain menolak membaiat Yazid bin Muawiyah sebagai Khalifah karena menganggapnya tidak layak dan bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam. Tragedi di Karbala pada 10 Muharram (dikenal sebagai Hari Asyura) tahun 680 masehi, di mana Husain dan banyak anggota keluarganya terbunuh, menjadikannya simbol pengorbanan dan perjuangan melawan tirani dalam sejarah Islam.

2 dari 4 halaman

Zainab binti Ali

Cucu berikutnya dari Nabi Muhammad SAW adalah Zainab binti Ali. Zainab lahir pada 627 masehi di Madinah dan meninggal pada 682 masehi di Damaskus, Suriah. Zainab dikenal karena keteguhan dan keberaniannya, terutama dalam peristiwa Karbala dan sesudahnya.

Ia memainkan peran penting dalam menjaga semangat keluarga Nabi dan melanjutkan perjuangan setelah kematian Husain. Zainab juga dikenal karena orasi-orasi tegasnya yang mengkritik rezim Umayyah.

Nama Cucu Nabi Muhammad© shutterstock.com

Ummu Kulthum binti Ali

Cucu selanjutnya dari Nabi Muhammad yaitu Ummu Kulthum binti Ali. Ummu Kulthum merupakan istri dari Umar bin Khattab. Cucu Nabi Muhammad satu ini dikenal sebagai perempuan yang istimewa karena penuh dengan kemuliaan serta kecerdasan. Ummu Kulthum juga dikenal anggun karena kakek, ayah, dan suaminya terlibat dalam Perang Badar.

3 dari 4 halaman

Ali bin Abul Ash

berikutnya ada nama Ali binAbul Ash. Ali adalah cucu Nabi Muhammad SAW dari putrinya, Zainab, dan suaminya, Abul Ash bin Rabi'.Ali merupakan cucu Nabi Muhammad SAW yang menunggang kuda di belakang kakeknya tersebut ketika kaum muslimin menaklukkan Makkah.

Nama Cucu Nabi Muhammad© shutterstock.com

Umamah binti Abul Ash

Selanjutnya ada Umamah binti Abul Ash. Umamah adalah cucu Nabi Muhammad dari putrinya, Zainab. Nabi Muhammad SAW sangat menyayangi Umamah dan seringkali menggendongnya bahkan ketika sedang shalat. Umamah kemudian menikah dengan Ali bin Abi Thalib setelah kematian Fatimah Az-Zahra. Nabi Muhammad juga memasangkan kalung mutiara yang dilapisi dengan emas kepada cucunya tersebut saat masih kecil.

4 dari 4 halaman

Abdullah bin Utsman

Cucu terakhir dari Nabi Muhammad SAW bernama Abdullah bin Utsman. Abdullah lahir pada 611 masehi di Makkah dan wafat pada 615 masehi di Madinah. Abdullah adalah cucu Nabi Muhammad dari putrinya, Ruqayyah, dan suaminya, Utsman bin Affan. Abdullah meninggal pada usia muda.

Nama Cucu Nabi Muhammad© shutterstock.com

Itulah nama-nama cucu Nabi Muhammad SAW yang perlu kamu ketahui. Tidak jarang nama-nama dari cucu Nabi Muhammad SAW tersebut menjadi insipirasi banyak orang untuk menamaisang buah hati.

Beri Komentar