Nama Lengkap Dumbledore, Penyihir Ikonik di Film Harry Potter

Reporter : Arifina
Rabu, 24 Juli 2024 19:07
Nama Lengkap Dumbledore, Penyihir Ikonik di Film Harry Potter
Kalian selama ini udah tau belum nama lengkap Dumbledore? Sini-sini kenalan dulu sama salah satu pemeran ikonik di Harry Potter ini.

Siapa nama lengkap Dumbledore? Tentunya, jika kalian penikmat film-film dan novel Harry Potter sangat tidak asing dengan nama tersebut.

Sosok Dumbledore atau juga biasa disebut Albus Dumbledor adalah salah satu salah satu tokoh ikonik di film maupun novel Harry Potter karya J.K. Rowling lho! Sebagai kepala sekolah sihir Hogwarts dan mentor bagi Harry Potter, Dumbledore dikenal karena kebijaksanaannya, kekuatan magisnya yang luar biasa, dan hati yang penuh kasih.

Meski sangat terkenal, namun banyak penggemar yang mungkin belum mengetahui nama lengkapnya. Simak dulu ulasannya berikut yuk!

1 dari 7 halaman

Nama Lengkap Dumbledore

Nama Lengkap Dumbledore

© 2024 Instagram.com/@harrypotter

Dilansir dari harrypotter.fandom.com, nama lengkap Dumbledore terbilang sangat panjang. Penyihir legendaris ini bernama Professor Albus Percival Wulfric Brian Dumbledore, O.M. (Kelas Pertama), Grand Sorc. D.Wiz, X.J. (Sorc.), S. of Mag. Q.

Lahir saat musim panas di tahun 1881, Albus Dumbledore adalah sosok penyihir Inggris berdarah campuran. Sebelum menjabat sebagai kepala sekolah sihir Hogwarts, dia pernah menjadi Proffesor Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam, dan menjadi Profesor Transfigurasi.

 

2 dari 7 halaman

Lebih dari sekadar nama,  Dumbledore juga memiliki makna simbolis. Nama-nama lengkap yang menyertainya tersebut mewakili nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh Dumbledore.

Di antaranya, memiliki makna keberanian, kebijaksanaan, kekuatan, dan kebaikan. Hal ini menjadikan Dumbledore sebagai panutan bagi para penyihir muda di Hogwarts dan bagi para pembaca di seluruh dunia.

 

3 dari 7 halaman

Penciptaan Tokoh Ikonik Dumbledore

Nama Lengkap Dumbledore

© 2024 Instagram.com/@harrypotter

J.K. Rowling, pencipta Harry Potter, memilih nama " Dumbledore" karena ia membayangkan sang penyihir berjalan-jalan di kastil. Sosoknya seakan digambarkan sedang bergumam pada dirinya sendiri, seperti lebah madu yang mendengung.

Nama tengah Dumbledore, Percival Wulfric Brian, terinspirasi dari nama-nama pria di keluarga Rowling. Jadi berasal dari keluarga sendiri ya!

 

4 dari 7 halaman

Awal Kehidupan Dumbledore

Masa muda Dumbledore dilalui dengan kisah traumatis. Sebab, sang adik Ariana diserang oleh para Muggle, dan ayahnya di penjara di Azkaban.

Sebelum menduduki jabatan sebagai kepala sekolah sihir Horgwarts, Dumbledore merupakan alumni dari sekolah tersebut. Dia masuk di musim gugur tahun 1892.

Selama bersekolah, sosok Dumbledore dikenal sebagai siswa yang cerdas. Hingga akhir hayatnya, sosoknya menjadi salah satu penyihir hebat yang disegani di Hogwarts.

5 dari 7 halaman

Nama Lengkap Dumbledore

© 2024 Instagram.com/@harrypotter

Dikenal berdarah campuran, Dumbledore salah satu penyihir hebat di zaman modern dan juga sepanjang masa. Kiprahnya dalam dunia sihir di Hogwarts seakan diakui.

Tak hanya sebagai kepala sekolah sihir di Hogwarts, Dumbledore juga menjabat sebagai Supreme Mugwump - ketua konfederasi penyihir Internasional, Ketua Warlock -penyihir yang memimpin Wizengamot, dan pengadilan tinggi sihir Britania.

 

6 dari 7 halaman

Dumbledore Diperankan 2 Aktor

Dalam film Harry Potter, sosok Dumbledore diperankan oleh 2 aktor ternama. Mereka yakni, Richard Harris yang terlibat di film Harry Potter and the Philosopher's Stone dan Chamber of Secrets.

Namun, Richard meninggal dunia akibat penyakit Hodgkin's Disease tahun 2002 silam. Karena itu, peran Dumbledore kemudian digantikan oleh Michael Gambon.

Sosok Michael Gambon memulai perannya sebagai Dumbledore mulai sequel film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, Harry Potter and the Goblet of Fire, Harry Potter and the Order of the Phoenix.

 

7 dari 7 halaman

Nama Lengkap Dumbledore

© 2024 Instagram.com/@harrypotter

Kemudian, terus berlanjut di sequel Harry Potter and the Half-Blood Prince, dan Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 1 dan Part 2.

Meski diperankan oleh dua aktor berbeda, sosok Dumbledore sendiri seakan khas dan selalu ikonik. Ia digambarkan dengan tampilan lelaki tua berambut putih, berjenggot panjang, dan selalu memakai kacamata.

Nah, itulah tentang nama lengkap Dumbledore yang mungkin saja baru kalian ketahui. Sosoknya memang sangat ikonik dan selalu dikenang oleh pecinta film maupun novel Harry Potter.

Beri Komentar