Nyolong Suara Gitar Konten Kreator Lain, Chelsea JKT48 Minta Maaf dan Janji Lebih Bijak

Reporter : Aditia Lestari
Minggu, 11 Agustus 2024 12:46
Nyolong Suara Gitar Konten Kreator Lain, Chelsea JKT48 Minta Maaf dan Janji Lebih Bijak
Tuduhan plagiat ini muncul setelah Chelsea dituding mengklain lipsync gitar milik orang lain tetapi tidak menyebutkan sumber musik yang digunakan

Chelsea JKT48, anggota generasi ke-11 dari grup idola JKT48, baru-baru ini menghadapi kontroversi setelah dituding melakukan plagiat dalam konten TikToknya. Pasalnya, Chelsea mengunggah video dirinya tengah memainkan gitar namun menggunakan suara milik orang lain. 

Isu Chelsea disebut mencuri sound (suara) kreator lain, tindakannya itu pun diviralkan oleh akun X milik @capekbgtakutu.

"Tolong viralkan, guys. Chelsea JKT48 mencuri sound gitar milik orang lain (temanku) tapi dia mengklaim ngulik sendiri," tulis akun tersebut, seperti dikutip pada Sabtu (10/8/2024).

Alih-alih mencantumkan nama kreator yang punya suara gitar yang dimainkannya, Chelase justru mengklaim sound tersebut adalah miliknya.

"Temanku tiba-tiba melihat video Chelsea bermain gitar Rapsodi, tetapi suaranya persis seperti suara gitar temanku," lanjut akun tersebut.

1 dari 3 halaman

Sebut Hanya Cari Referensi

Chelsea JKT48 Minta Maaf dan Janji Lebih Bijak© Instagram.com/jkt48.chelsea.d

Dalam unggahan terbaru, Chelsea meminta maaf atas kegaduhan yang timbul dari tuduhan tersebut.

" Selamat sore semuanya, aku mau minta maaf soal kegaduhan atas video TikTok aku," ujar Chelsea.

" Selama ini aku memang terinspirasi dan menjadikan beberapa konten TikTok dan YouTube sebagai referensi aku," imbuhnya.

" Mohon maaf aku sudah menggunakan video-video tersebut tanpa izin, dan dikarenakan suara gitar aku terlalu kecil, jadi menimbulkan kesalahpahaman bahwa seakan-akan aku mengklaim bahwa aku yang memainkan sound itu," jelasnya.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Ngulik dari Sound TikTok

" Kemudian maksud aku dari mengulik sendiri itu, aku ngulik sound yang aku dapat dari TikTok," tuturnya lebih lanjut.

Ia menyatakan bahwa selama ini, ia telah membuat konten yang tidak benar dan berjanji akan lebih hati-hati dalam membuat konten ke depannya.

" Kedepannya aku tidak akan mengulangi hal serupa lagi, dan aku akan lebih berlatih lagi untuk dapat membuat konten yang lebih baik," tandasnya.

" Terima kasih atas masukannya ya, sekali lagi mohon maaf," tutup penyanyi kelahiran 23 Desember 2009 tersebut.

Tuduhan plagiat ini muncul setelah Chelsea dituding melakukan lipsync gitar milik orang lain. Ia bermain gitar dalam video TikToknya, tetapi tidak menyebutkan sumber musik yang digunakan. Hal ini membuat banyak orang merasa bahwa Chelsea telah menggunakannya tanpa izin atau pengakuan.

3 dari 3 halaman

Chelsea JKT48 telah menjadi salah satu anggota yang paling populer dalam grup idola JKT48, dan kontroversi ini telah menimbulkan perhatian besar dari penggemar dan media. 

Dalam beberapa tahun terakhir, JKT48 telah menjadi salah satu grup idola yang paling sukses di Indonesia, dengan anggota yang aktif dalam berbagai aktivitas, termasuk konten media sosial. Namun, kontroversi ini membuat netizen mendorong agensi untuk memperhatikan member groupnya untuk tidak mengulangi perbuatan yang sama demi menjaga reputasi JKT48.

Beri Komentar