Panduan Lengkap Cara Membuat Paper, Dijamin Mudah!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 24 November 2022 07:47
Panduan Lengkap Cara Membuat Paper, Dijamin Mudah!
Kamu masi bingung gimana menyusun paper yang benar? Artikel di bawah ini bisa bantu kamu memahami strtuktur sampai cara membuat paper.

Paper menjadi hal penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa yang duduk di bangku perkuliahan. Paper dapat kamu jumpai pada sebagian tugas mata kuliah atau kompetisi menulis. 

oleh karena itu, menulis paper wajib kamu pelajari sebagai bekal yang dapat memperlancar urusan perkuliahan atau kepentingan kompetisi menulis.

Walaupun begitu, banyak mahasiswa yang masih kebingungan cara menulis sebuah paper. Padahal, menulis paper tidak sesulit yang dipikirkan.

Untuk menulis paper, kamu perlu memahami terlebih dahulu struktur paper itu sendiri. Oleh karena itu, diadona rangkumkan panduan lengkap cara membuat paper, mulai dari pengertian, struktur hingga cara membuat.

 

1 dari 4 halaman

Pengertian Paper

Pengertian Paper

Paper merupakan tulisan yang berisi pembahasan mengenai suatu topik tertentu. Kamu harus menggunakan data – data yang valid untuk setiap argumen di dalam paper. Selain itu, paper juga dapat diartikan sebagai sebuah ringkasan dari penelitian tertentu. 

Bisa disimpulkan jika paper merupakan penjelasan tentang topik yang sudah dipelajari dengan mendalam. Dalam menulis paper, data – data yang dilampirkan biasanya bersumber dari buku, artikel, jurna, wawancara, dan informasi lainnya yang bisa kamu dapatkan secara offline atau online.

Paper juga merupakan bagian dari artikel ilmiah yang ditulis ke dalam format tertentu, oleh karena itu paper menjadi acuan dalam sebuah penelitian baru. Walaupun begitu, paper juga dapat berisi penelitian yang sudah ada sebelumnya. 

 

2 dari 4 halaman

Macam – Macam Paper

Paper memiliki struktur yang membedakannya dengan jenis tulisan lainnya. Paper sendiri ternyata memiliki berbagai macam jenis. Sebelum menulis paper kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis – jenis paper ini untuk memudahkan kamu dalam menentukan paper yang ingin digunakan. Berikut Diadona rangkumkan jenis – jenis dari paper.

  • Paper argumentative

Paper ini pada umumnya terdapat dua sisi permasalahan yang saling kontroversial di dalam satu makalah. Paper ini tergolong pada jenis paper yang menyajikan data atau fakta logis dari penelitian terdahulu pada kedua sisi masalah. Pada akhirnya, ada kesimpulan yang menganalisis pro dan kontra dari setiap argumentasi. Diakhir tulisan, penulis diminta untuk memilih atau memihak salah satu  argumen dari masalah yang diangkat.

  • Paper Analitik

Dalam paper ini terdapat informasi dari berbagai macam sumber tetapi berfokus pada satu sudut pandang saja. Paper ini lebih merujuk pada sudut pandang yang factual dibandingkan pendapat. 

  • Paper Definisi

Seperti Namanya, paper ini mendefinisikan atau menggambarkan suatu topik tertentu dari sudut pandang factual. Pada umumnya, paper ini tidak berisi pendapat pribadi dari penulis. Walaupun tergolong jenis paper yang menyajikan fakta, namun data tersebut tidak dianalisis secara langsung.

  • Paper Komparatif dan Kontras

Jenis paper ini akan membandingkan dua pendapat penulis yang berbeda. Biasanya paper ini digunakan pada bidang sastra, namun juga bisa digunakan pada bidang ilmu sosial. Bagian terpenting dari paper ini adalah kedua argument dalam paper tersebut harus dijelaskan secara ringkas karena fokus kajiannya hanya memberikan contoh perbandingan kontras yang diberikan oleh penulis untuk mendukung suatu tesis.

  • Paper sebab akibat

Paper ini berfokus pada hasil yang bisa saja terjadi atau diharapkan dari suatu Tindakan atau kebijakan tertentu dalam suatu topik permasalahan. Paper ini dikhususkan pada bidan bisnis atau Pendidikan.

  • Laporan

Laporan pada umumnya mengikuti format bisnis atau memorandum tertentu dalam menjelaskan situasi studi kasus. Biasanya laporan mencangkup ringkasan eksekutif yang menggantikan abstrak di dalam suatu paper.

  • Paper interpretative

Paper ini digunakan pada bidang sastra, humaniora, serta ilmu sosial. Biasanya digunakan oleh tutor yang mengharuskan mahasiswa untuk menggunakan pengetahuan teoritis tertentu yang didapatkan pada suatu studi kasus. Bagian terpenting pada paper ini adalah kerangka teori serta data pendukung yang dapat mendukung tesis atau temuan paper.

3 dari 4 halaman

Struktur Paper

Cara membuat paper sebenarnya sangat mudah, terlebih dahulu kamu harus memahami struktur yang menjadi acuan pada penulisan. Berikut struktur yang perlu kamu pahami dalam penulisan paper.

  • Judul

Judul berisi representasi dari isi paper yang ingin ditulis, usahakan untuk membuat secara singkat namun berisi makna dan tujuan isi paper dengan lengkap.

  • Pendahuluan

Berisi latar belakang dari topik yang ingin dibahas, kamu bisa menjelaskan secara singkat alasan pemilihan topik tersebut, tujuan, serta studi literatur dan kebaruan ide yang akan dibahas. Untuk studi literatur, biasanya diletakkan pada bab tertentu pada ranah kompetisi. Namun biasanya untuk tugas kuliah, studi literature diletakkan pada pendahuluan.

  • Pembahasan

Di bagian ini, kamu dapat menyampaikan gagasan yang sudah kamu dapat secara menyeluruh dan detail. Bagian ini menjadi bagian terpenting dalam penulisan paper, karena di dalamnya terdapat landasan teori, gagasan utama, data – data yang mendukung argumentasi dan lain sebagainya.

  • Penutup

Bagian ini berisi kesimpulan dari hasil analisis penelitian yang sudah dijelaskan pada bab pembahasan. Kamu juga bisa menambahkan saran untuk melengkapi bagian penutup.

  • Daftar Pustaka

Berisi sumber – sumber data yang digunakan dalam penelitian. Bagian ini menjadi hal penting yang tidak boleh dilewatkan karena menjadi penunjuk valid atau tidaknya suatu paper. Sumber yang digunakan dapat menggunakan jurnal, buku, artikel ilmiah dan sumber lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Paper

Cara Membuat Paper

Untuk kamu yang belum mengetahui cara membuat paper, berikut diadona rangkumkan cara mudah membuat paper. Kamu bisa memulainya tanpa khawatir kebingungan.

  • Tentukan tema paper yang menarik

Pikirkan terlebih dahulu tema yang ingin diangkat, usahakan tema menarik pembaca, kamu juga bisa mengenmbankan tema atau ide baru yang menarik dan berbeda dari orang lain.

  • Membuat kerangka penulisan

Buat garis besar tulisan dalam kerangka penulisan, biasanya berisi rangkaian ide yang disusun secara jelas, logis dan tertata. Hal ini dapat memudahkan kamu dapat menulis paper.

  • Tulis Pendahuluan

Kamu bisa menulis paper sesuai penjelasan sebelumnya, usahakan pendahuluan berisi gagasan yang ringkas namun padat, tidak bertele tele dan mudah dipahami.

  • Batasi Penjelasan Masalah

Agar bahasan dalam paper yang ditulis tidak melebar terlalu jauh, kamu harus menentukan Batasan.

  • Tulis Paper sesuai struktur

Sesuai kerangka yang sudah dijelaskan sebelumnya, susun paper secara rinci.

Itu tadi panduan lengkap dalam penulisan paper, kamu bisa memulainya dari pemahaman struktur terlebih dahulu. Cara membuat paper mudah jika kamu memahami struktur serta jenis paper yang ingin kamu gunakan. 

Penulis: Rafli H. 

Beri Komentar