Pengertian dan Manfaat Bauksit dalam Kehidupan Sehari-hari

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 16 Maret 2021 12:06
Pengertian dan Manfaat Bauksit dalam Kehidupan Sehari-hari
Inilah manfaat bauksit untuk menambah wawasan kamu yang belum mengetahuinya.

Mungkin beberapa dari kalian bertanya-tanya apa saja kegunaan serta manfaat bauksit bagi manuisa? Bahkan, tak sedikit dari DiaZen yang tidak tahu apa yang dimaksud dengan bauksit. Setuju, nggak? Tenang, biar kamu gak semakin penasaran mengenai bauksit dan apa saja manfaatnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari beberapa sumber.

1 dari 4 halaman

Pengertian Bauksit

Manfaat Bauksit

Sebelum membahas mengenai manfaat bauksit, yuk kita sedikit belajar tentang apa itu bauksit. Bauksit yaitu biji utama alumunium yang terdiri dari alumunium hidroksida serta alumunium oksida.

Bauksit ini pertama kali di temukan di tahun 1821 di les baux, oleh sebab itu penamaannya adalah bauxite atau bauksit. Selain itu, bauksit sendiri terdiri dari tiga dominasi mineral aluminium hidrat, yakni gibsit, boehmite dan diaspora.

Nah, umumnya masyarakat mengetahui kegunaan bauksit hanya untuk bahan baku pembuatan alat-alat dapur, sepeda, atap rumah, dan sebagainya. Sayangnya, hal tersebut tidak tepat karena pada dasarnya itu ialah manfaat atau kegunaan aluminium, bukan bauksit.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bauksit dalam Kehidupan Sehari-hari

Lantas, apa saja manfaat bauksit dalam kehidupan sehari-hari? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Pemanfaatan Untuk Industri

Manfaat bauksit dalam kehidupan sehari-hari yang pertama adalah untuk industri. Hal ini karena sifat yang dimiliki aluminium bauksit memiliki berat yang ringan yapi memiliki kerapatan yang cukup baik, secara kekuatan juga besar.

Sehingga, pemanfaatan inilah di gunakan untuk pembuatan teknologi di zaman modern saat ini, sepert pembuatan atap sebuah pabrik atau rumah, hingga membuat badan pesawat terbang.

2. Pemanfaatan Aluminium

Untuk manfaat bauksit dalam kehidupan sehari-hari yang kedua yaitu sebagainya alumina. Utamanya biji bauksit akan di lelehkan yang kemudian di olah untuk menjadi alumunium.

Akan tetapi, proses tersebut memakan proses yang panjang serta memerlukan tenaga listrik yang banyak sekali. Bahkan, sejauh ini negara yang memproses pengolahan bauksit menjadi alumunium ialah Australia, lho. Ya, negeri kanguru tersebut menjadi produsen bauksit dan alumina terbesar di dunia.

3 dari 4 halaman

3. Pemanfaatan Untuk Pembuatan Peralatan Sehari-Hari

Ilustrasi Dekorasi Dapur

Nah, dari pemanfaatan alumunium tersebut, manfaat bauksit pun akan di buat berbagai perlatan yang dibutuhkan manusia sehari-harinya seperti pembuatan lapisan luar panci, bahan utama pembuatan wajah, dan pembuatan bahan paling luar pada kaleng makanan.

4. Pemanfaatan di Berbagai Keperluan Lainnya

Selain dijadikan alumunium, manfaat bauksit juga memiliki banyak kegunaan untuk industry lainnya lho, guys. Yaps, biji bauksit bisa di ubah menjadi sesuatu yang selama ini ada di sekitar kita.

Mulai di jadikan bahan dasar untuk pebuatan tinta kering dan tinta laser pada mesin fotokopi, bahan dasar pembuatan keramik, hingga menjadi bahan utama untuk pembuatan pita kaset. Menarik, bukan?

4 dari 4 halaman

Karakteristik Bauksit

Selain mengetahui manfaat bauksit, kamu juga perlu tahu karakteristik dari bauksit itu sendiri. Ya, warna bauksit kalau dilihat dengan mata telanjang, mineral bauksit berwarna coklat orange kekuning-kuningan. Namun, kalau dilihat dengan menggunakan mikroskop akan terlihat adanya Kristal yang berwarna kehitaman.

Lalu, bagaimana dengan sifat Bauksit? Sifat bauksit termasuk sangat lunak dengan angka kekerasan 1-3 skala mohs, dan juga relative ringan dengan berat jenis 2,3-2,7. Sehingga, bauksit mudah patah serta tidak bisa larut dalam air maupun tidak akan terbakar.

Daerah Penghasil Bauksit

Perlu diketahui, bahwa bauksit mudah di temukan di daerah-daerah tropis yang dekat dengan garis khatulistiwa, lho. Salah satunya adalah Indonesia. Yaps, Di Indonesia sendiri, potensi serta cadangan dari endapan bauksit ini cukup melimpah.

Sebab, bauksit di Indonesia terdapat di Sumatra Utara kota Pinang, untuk daerah Kalimantan Barat terdapat di Sandai, tayang Mebukung, balai berkuah, Pantus, Kndawangan, Munggu besar, di Riau terdapat di pulau bulan dan pulau bintan, terakhir di propinsi Bangka Belitung yang bisa di temui di daerah Sigembir.

Tapi, sampai saat ini proses penambangan bauksit di Pulau Bintan menjadi satu-satunya penambangan yang terbesar di Indonesia. Keren!

Itulah beberapa manfaat bauksit beserta pengertiannya yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar