Selain Sumpah Pemuda, 28 Oktober Memperingati Hari Apa?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 27 Oktober 2022 11:00
Selain Sumpah Pemuda, 28 Oktober Memperingati Hari Apa?
Ada 3 peringatan penting yang terjadi di tanggal 28 Oktober.

Tanggal 28 Oktober 2022 jatuh pada hari Jumat. Di hari tersebut, ada peringatan Sumpah Pemuda.

Rupanya, bukan cuma Sumpah Pemuda yang diperingati pada tanggal 28 Oktober 2022. Ada dua momen penting yang juga diperingati di tanggal tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 4 halaman

Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Tahun ini, peringatan Sumpah Pemuda mengambil tema 'Bersama Bangun Bangsa'.

Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sejarah Sumpah Pemuda sendiri erat kaitannya dengan keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan di Batavia (Jakarta) pada tanggal 27-28 Oktober 1928 silam.

2 dari 4 halaman

Hari Animasi Internasional

Tanggal 28 Oktober juga menjadi momentum untuk memperingati Hari Animasi Nasional. Peringatan ini dibuat untuk merayakan dan mengapresiasi gambar statis yang bergerak sebagai seni kreatif dan industri yang dinamis.

Di tahun 2092 silam, Asosiasi Flm Animasi Internasional (Association Internationale du Film d'Animation) menetapkan hari ini sebagai hari peringatan ketika animasi pertama kali muncul di depan umum. Hari yang dimaksud adalah ketika Charles-Émile Reynaud dan Théâtre Optique-nya mempresentasikan produksi pertamanya, yakni Pantomimes Lumineuses di Museum Grévin, Paris, pada 28 Oktober 1892 silam.

3 dari 4 halaman

Hari Lemur Sedunia

Sejak tahun 2014, Hari Lemur Sedunia sebenarnya diperingati pada Jumat terakhir di bulan Oktober. Tahun ini, hari tersebut jatuh pada tanggal 28 Oktober.

Hari Lemur Sedunia dibuat untuk merayakan keunikan primata ini sekaligus untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melestarikan spesies Lemur yang terancam punah. Bukan rahasia lagi, masalah lingkungan, perusakan dan degradasi habitat, perburuan, perubahan iklim, serta perdagangan hewan ikut andil dalam membuat populasi hewan ini kian merosot.

4 dari 4 halaman

Itulah sejumlah peringatan penting yang terjadi di tanggal 28 Oktober 2022.

Beri Komentar