Tanggal 1 Juni 2024 Libur Hari Apa sih?

Reporter : Yoyok
Jumat, 31 Mei 2024 10:17
Tanggal 1 Juni 2024 Libur Hari Apa sih?
Setiap bulan pastinya akan ada hari spesial memperingati sesuatu. Tanggal 1 Juni 2024 nanti memperingati hari apa sih? Hari libur?

Banyak yang bertanya-tanya tanggal 1 Juni 2024 memperingati hari apa. Setiap bulan pasti akan ada hari spesial untuk memperingati sesuatu. Entah itu cara memperingatinya dengan menggelar upacara di lapangan atau hari libur.

Tentu banyak orang lebih menantikan libur dari peringatan hari spesial. Selain gaji, tentu hari libur yang dinantikan semua pekerja. Netizen pun bertanya-tanya akan tanggal 1 Juni 2024 nanti.

Banyak orang penasaran apakah tanggal 1 Juni itu hari libur. Yuk kita bahas Diazens.

1 dari 3 halaman

Hari Lahir Pancasila

Tanggal 1 Juni 2024 Hari Apa© shutterstock.com

Setiap tanggal 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Pada tanggal ini pada tahun 1945, Presiden pertama Indonesia, Soekarno, menyampaikan pidato di depan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang mengusulkan konsep dasar negara Indonesia, yang kemudian dikenal sebagai Pancasila.

Pancasila menjadi landasan filosofis dan ideologis bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional di Indonesia untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, sebagai upaya untuk mengingatkan dan mengukuhkan pentingnya Pancasila dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

2 dari 3 halaman

Hari Orang Tua Sedunia

Tanggal 1 Juni 2024 juga memperingati Hari Orang Tua Sedunia. Hari ini ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui resolusi pada tahun 2012 untuk menghormati peran orang tua di seluruh dunia dalam membesarkan dan melindungi anak-anak mereka.

Peringatan ini bertujuan untuk mengakui pentingnya peran orang tua dalam mendidik dan memberikan cinta serta perlindungan kepada anak-anak mereka. Ini juga merupakan kesempatan untuk menyoroti pentingnya kebijakan keluarga dan program yang mendukung keluarga dalam upaya mereka untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan positif bagi perkembangan anak-anak.

Hari Orang Tua Sedunia mengingatkan masyarakat dan pemerintah tentang tanggung jawab bersama untuk mendukung dan memperkuat keluarga sebagai unit dasar masyarakat, serta untuk memberikan penghargaan kepada orang tua atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam membesarkan generasi masa depan.

3 dari 3 halaman

Hari Terumbu Karang

1 Juni juga diperingati sebagai Hari Terumbu Karang sedunia. Hari ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya terumbu karang bagi ekosistem laut dan untuk menggalang aksi perlindungan serta pelestarian terumbu karang.

Hari Terumbu Karang Sedunia berfungsi sebagai pengingat untuk mengambil tindakan nyata dalam melindungi dan memulihkan terumbu karang yang kini tengah dalam ancaman serius. Peringatan ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan seperti kampanye kesadaran, program pendidikan, dan inisiatif konservasi yang melibatkan individu, komunitas, organisasi lingkungan, dan pemerintah di seluruh dunia.

Tanggal 1 Juni 2024 Hari Apa© shutterstock.com

Jadi, kalian sudah tahu kan Diazens tanggal 1 Juni 2024 itu hari dalam rangka meperingati apa?

Beri Komentar