Tips Pilih Jenis Bahan Kain Buat Anak-Anak, Selalu Utamakan Kenyamanan dan Keamanan

Reporter : Zaki
Minggu, 12 Juli 2020 04:00
Tips Pilih Jenis Bahan Kain Buat Anak-Anak, Selalu Utamakan Kenyamanan dan Keamanan
Selalu prioritaskan keamanan dan kenyamanan ya!

Siapa sih yang nggak gemas melihat baju anak-anak yang model dan motifnya super unyu. Rela deh nggak mengikuti tren fashion terkini demi membeli pakaian si kecil yang bikin penampilannya makin imut. Sayangnya, tak sedikit yang mengabaikan kenyamanan dan keamanan anak saat memilih jenis bahan kain yang gerah, kasar bahkan memicu alergi dan iritasi.

Selain menyerap keringat dan bebas lengket, pilih bahan pakaian yang tahan lama dan cukup tebal sehingga aman dari robek saat dipakai belajar dan bermain. Nah, nggak perlu bingung karena ada daftar jenis bahan kain terbaik buat baju si kecil.

1 dari 12 halaman

Katun

Tanpa diragukan lagi jika katun menjadi jenis bahan kain terbaik untuk pakaian anak-anak. Permukaannya yang lembut terasa nyaman saat bersentuhan dengan kulit si kecil yang masih halus. Selain itu, bahan kapas memiliki kualitas penyerap keringat yang luar biasa sehingga membantu mencegah terjadinya iritasi akibat keringat dan lembap. ada berbagai bahan dan motif yang bisa dipilih dengan mudah, yang bakal bikin tampilan anak-anak makin menggemaskan.

Bahannya pun fleksibel dan cukup tebal sehingga bikin si kecil lebih bebas bergerak. Kualitasnya pun tahan lama sehingga nggak masalah kalau baju favorit anak dicuci-pakai. Harganya memang tergolong mahal, apalagi jika menggunakan bahan katun organik. Jenis kain ini terbuat dari kapas yang ditanam tanpa memakai bahan kimia seperti pupuk atau pestisida. Hasilnya, kain ini terasa lebih lembut dan aman bagi anak-anak yang memiliki kulit sensitif.

2 dari 12 halaman

Cotton Viscose

Ada berbagai pilihan jenis bahan kain katun. Katun kombed misalnya yang punya serat kain halus, sehingga mudah menyerap keringat dan nyaman dipakai. Ada juga cotton viscose atau dikenal dengan sebutan CVC.

Bahan kain ini merupakan kombinasi 55% cotton combed dan 45% viscose yang harganya lebih terjangkau ketimbang katun murni. Tapi soal kenyamanannya nggak perlu ragu, CVC tetap mudah menyerap keringat dan nyaman di kulit si kecil. Keunggulan lainnya, risiko menyusut pun lebih kecil meskipun dicuci berkali-kali.

3 dari 12 halaman

Cotton Spandex

Buat anak berumur 6 bulan hingga 2 tahun, jenis bahan kain ini jadi salah satu yang terbaik. Pasalnya, kombinasi bahan katun da spandex ini cukup fleksibel sehingga cocok buat si kecil yang lagi aktif bergerak. Mengikuti lekuk tubuh, gerakan anak jadi lebih bebas dan nyaman digunakan, baik di dalam maupun luar ruangan, siang hingga malam hari sekalipun. Biasanya jenis bahan ini digunakan dalam pembuatan pakaian pas badan, salah satunya legging.

4 dari 12 halaman

Katun Poliester

Saat ini, hampir semua pakaian katun memiliki sedikit campuran polyester di dalamnya. Jenis bahan kain ini memang terbilang aman untuk pakaian anak-anak. Selain harganya lebih murah, perawatannya cukup mudah karena cepat kering, nggak menyusut sama sekali dan bebas kusut. Cocok banget buat orangtua sibuk yang enggan berhadapan dengan rumitnya perawatan baju anak-anak.

5 dari 12 halaman

Lawn Cotton

Termasuk dalam ‘keluarga’ katun, jenis bahan kain ini sangat lembut dan ringan. Menjadi salah satu bahan pakaian terbaik untuk anak, ciri khasnya tampak pada permukaannya yang agak transparan dan terlihat kaku. Tapi saat disentuh terasa lembut dari terbuat dari jumlah benang yang sangat rapat. Kain ini biasanya dipakai untuk membuat gaun buat bayi, sehingga si kecil tetap merasa nyaman saat mengenakannya dalam waktu yang cukup lama.

6 dari 12 halaman

Chasmere

Dikenal sebagai jenis bahan kain yang mewah, cashmere banyak dipakai oleh desainer pakaian anak kelas atas. Punya harga yang cukup mahal, namun tetap nyaman dipakai.

Tapi sebaiknya hindari mengenakannya pada anak-anak di siang hari atau hawa udara yang cukup panas, karena bakal membuat dirinya mudah kepanasan. Belum lagi perawatan khusus, misalnya dibawa ke laundry saat terkena tumpahan makanan atau minuman, hingga terkena noda lainnya yang sulit dihilangkan.

7 dari 12 halaman

Bamboo Rayon

Kain yang terbuat dari bahan alami kini jadi pilihan yang makin populer untuk pakaian bayi dan anak-anak. Selain katun organik, jenis bahan kain yang terbuat dari bahan bambu ini juga cocok bagi kulit yang mudah mengalami alergi.

Bukan hanya punya keunggulan antialergi, kain yang terbuat dari selulosa tanaman bambu ini juga dikenal antibakteri dan dapat menyesuaikan dengan suhu tubuh, sehingga bebas dari gerah. Permukaannya pun lembut dan tahan lama bikin pakaian berbahan rayon bambu ini jadi favorit banyak orangtua berdompet tebal.

8 dari 12 halaman

Baby Terry

Mirip dengan bahan katun dan spandex, jenis bahan kain yang satu ini termasuk salah satu yang terbaik karena memiliki permukaan yang lembut dan daya serap keringat yang tinggi. Sebagian besar terbuat dari kapas dan lumayan tebal yang menjadikannya banyak dijadikan bahan handuk.

Nggak heran kalau kain ini banyak dimanfaatkan untuk pembuatan sweater atau jaket jumper yang hangat dan nyaman. Cocok dikenakan pada anak-anak saat sedang beraktivitas di luar rumah, terutama saat hawa udara sedang cukup dingin atau berangin.

9 dari 12 halaman

Kain Minky

Mungkin jarang mendengar jenis bahan kain yang satu ini, padahal kain minky sudah cukup lama digunakan untuk baju anak-anak. Terbuat dari bahan microfiber yang halus dan lembut, jenis kain ini juga memiliki nuansa warna pastel yang tentunya tampak imut saat dikenakan oleh si kecil. Bukan hanya digunakan untuk membuat baju bayi, kain minky juga dimanfaatkan untuk pembuatan selimut, sprei hingga sarung bantal.

10 dari 12 halaman

Voile

Jenis bahan kain yang satu ini mirip dengan cotton lawn. Bedanya, permukaannya lebih kaku, tipis dan lebih transparan. Tekstur kainnya jatuh sehingga cocok dijadikan salah satu bahan pakaian terbaik untuk anak-anak, terutama untuk pembuatan dress cantik bagi si kecil. Kain voile swiss cukup populer karena memiliki titik-titik yang imut. jangan lupa tambahkan pelapis kain katun agar nggak membuat kulit anak-anak merasa gatal.

11 dari 12 halaman

Handkerchief Linen

Dari keluarga kain linen, jenis bahan kain yang satu ini sangat ringan dan lembut sehingga cocok dijadikan gaun pesta atau baju Lebaran di kecil. Memiliki sedikit tekstur pada permukaannya, kain ini memberikan kesan anggun untuk acara formal. Bisa juga memilih campuran kain katun dan linen yang membuatnya bebas kerut dan terasa dingin di kulit.

12 dari 12 halaman

Fleece

Kain super lembut ini jadi pilihan favorit orangtua saat memilih baju hangat. Jenis bahan kain ini terbuat dari bulu domba dan dijadikan alternatif yang lebih terjangkau ketimbang wol.

Selain menghangatkan tubuh si kecil, fleece ini lebih mudah dalam urusan perawatannya karena dapat dicuci dengan mesin cuci dan cepat kering. Selain itu, kain pun tahan noda dan tersedia dalam berbagai warna yang cocok dijadikan bahan gaun-gaun cantik untuk anak perempuan.

Gunakan panduan ini untuk memiih jenis bahan kain yang cocok dijadikan pakaian anak-anak. Jangan hanya tergoda pakaian yang bikin tampilan si kecil makin uwu, tapi prioritaskan kenyamanan dan keamanan anak-anak, plus perawatan yang nggak menguras waktu dan tenagamu. Selamat berbelanja! (eth)

Beri Komentar