Tolak Pemakaman Jenazah Covid-19, Warga Sampai Hadang Ambulans! Lah Terus Dimakamin ke Mana?

Reporter : Riza Umami
Kamis, 2 April 2020 16:15
Tolak Pemakaman Jenazah Covid-19, Warga Sampai Hadang Ambulans! Lah Terus Dimakamin ke Mana?
Ambulans pun terpaksa putar balik.

Viral video warga yang menghadang ambulans yang sedang membawa jenazah positif Covid-19. Hal ini terjadi di Desa Tumiyang Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas.

Dilansir dari berbagai media, warga menolak jenazah Covid-19 tersebut dimakamkan di desanya. Mereka melakukan protes bahkan sampai menghadang ambulans yang sedang membawa jenazah ini. Berikut ini videonya.

1 dari 3 halaman

Dalam video yang diunggah oleh @iwanopi ini tampak beberapa warga yang menutup jalan desa sambil meneriaki ambulans itu agar putar balik dan tak masuk ke makam. Salah seorang bahkan sampai melemparkan kayu ke arah ambulans ini. Akhirnya ambulans ini pun putar balik.

 

2 dari 3 halaman

Warga menolak jenazah Covid-19 tersebut dimakamkan di wilayahnya karena khawatir akan tertular virus Corona. Awalnya pihak Dinas Kesehatan Banyumas berencana memakamkan jenazah ini di pemakaman umum sesuai dengan alamat aslinya, tetapi warga menolak.

Kemudian dicarilah alternatif tempat lain. Namun, lagi-lagi warga menolak sampai memblokir jalan masuk ke makam. Pemblokiran ini seperti yang tampak dalam video di atas tersebut.

3 dari 3 halaman

Pihak desa sendiri mengaku tidak mengetahui bahwa wilayah di desanya akan dijadikan tempat penguburan untuk jenazah Covid-19 ini. Oleh sebab itu, pihak desa pun tak bisa mengambil sikap dengan penolakan yang dilakukan oleh warganya.

Malang sekali nasib jenazah tersebut, bolak-balik ditolak untuk dimakamkan oleh warga setempat. Semoga hal seperti ini tak sampai terjadi lagi dan perlu dicarikan pemakaman yang jauh dari pemukiman warga.

Beri Komentar