10 Jenis-Jenis Anjing Berbahaya yang Harus Diwaspadai

Reporter : Zaki
Selasa, 18 Februari 2020 07:00
10 Jenis-Jenis Anjing Berbahaya yang Harus Diwaspadai
Manakah jenis anjing yang paling berbahaya?

Anjing itu binatang pintar dan cerdas karena tak hanya bisa dijadikan peliharaan tapi juga sering banget dijadikan penjaga. Yup, hewan ini memang dikenal memiliki kesetiaan dan kemampuan yang luar biasa. Insting mereka benar-benar jitu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di rumah. Dari ratusan spesies anjing yang ada di seluruh dunia, beberapa penelitian telah membuktikan ada setidaknya 10 jenis anjing yang paling berbahaya. Kemampuan mereka benar-benar bisa diandalkan untuk mengamankan rumah atau melakukan hal-hal lain.

Ini dia 10 jenis anjing paling berbahaya yang harus diwaspadai.   

1 dari 11 halaman

Pitbull

© Diadona

Hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan jenis anjing ‘predator’ yang satu ini. Pitbull memang dikenal sebagai hewan yang punya karakter temperamen dan dipelihara untuk diburu atau dilatih sebagai anjing penjaga. Tubuhnya pun juga kekar dan kekuatan gigitannya begitu kuat serta agresif terhadap manusia.

© Diadona

Perlu diketahui sebenarnya Pitbull sebenarnya merupakan sebutan untuk empat ras anjing, yaitu American Pitbull Terrier, American Staffordshire Bull Terrier, Staffordshire Bull Terrier, dan Bull Terrier. Namun istilah Pit Bull seringnya digunakan untuk menyebut jenis American Pitbull Terrier yang merupakan persilangan antara ras Terrier dan English Bull Dog.

© Diadona

Hasil persilangan tersebut memang luar bisa, menghasilkan karakter anjing dengan fisik dan mental yang kuat. Selain itu sangat aktif dan sangat setia kepada majikan. Gigitannya sangat kuat sehingga gigitannya mampu mengunci mangsanya bahkan sampai tewas. Cara bertarungnya pun unik di mana anjing ini kerap meraup serta menggoyangkan kepalanya dengan keras sehingga menghasilkan efek gigitan yang mengerikan.

2 dari 11 halaman

Great Danes

© Diadona

Anjing Great Danes mudah dikenali karena fisiknya yang jangkung dan diyakin berasal dari Jerman. Meski terlihat garang, sebenarnya binatang ini sangat lembut, ramah dan penyayang meski tetap memiliki temperamen yang tinggi. Pejantan Great Danes biasanya memiliki tinggi sekitar 30 sampai 34 inci dengan bobot antara 120 sampai 200 pounds. Bulunya pendek dan lembut, dengan kepala besar dan telinga panjang.

© Diadona

Secara karakter, sebenarnya Great Danes memiliki toleransi yang tinggi terhadap dan anak-anak. Mereka juga suka bermain dan menikmati waktu bersama manusia. Namun bila dibutuhkan, mereka juga salah satu spesies yang agresif yang biasa ditunjukkan dengan melalui suara geraman.

© Diadona

Meski memiliki fisik yang begitu gagah, tapi sebenarnya tak sesulit itu kok memelihara Great Danes. Beberapa yang perlu diperhatikan mungkin adalah pemilik harus menyediakan waktu khusus untuk bermain bersama mereka. Great Danes tak terlalu suka dibiarkan tanpa perhatian dalam waktu yang lama. Mereka juga membutuhkan beberapa bentuk latihan kepatuhan dasar.

3 dari 11 halaman

Boxer

© Diadona

Masih dari Jerman, ada anjing Boxer yang memiliki tubuh gempal dengan ukuran menengah serta kekuatan gigitan yang begitu kuat. Mereka sering banget diandalkan dalam sebuah misi pencarian atau penyelamatan, pekerjaan polisi dan militer.

© Diadona

Karakternya penuh semangat, kuat, dan tentunya setia. Meskipun punya rasa ingin tahu yang tinggi, tapi kesetiaan mereka juga luar biasa, lho. Tingkat pendengarannya juga tinggi dan dikenal tak punya rasa takut jika ada suatu ancaman.

© Diadona

Boxer ini tipikal anjing yang pintar dan mudah belajar, sehingga begitu menyenangkan ketika diajari suatu keterampilan. Namun yang sangat disarankan adalah kepelatihan tentang kepatuhan karena mereka membutuhkan pemilik yang mampu mengendalikan.  

4 dari 11 halaman

Wolfdog

© Diadona

Spesies yang satu ini dikenal sebagai salah satu anjing dengan penampilan fisik seperti serigala. Wolfdog memang merupakan hasil persilangan serigala dengan anjing gembala Jerman, sehingga menghasilkan binatang yang punya fisik kuat dan lincah. Meski awalnya dilatih untuk kepentingan militer dan polisi, tapi sekarang mereka sudah sering banget ditemukan sebagai sahabat di rumah.

© Diadona

Dilihat dari fisiknya, perawakan dan bulu Wolfdog mirip dengan serigala. Lihat telinganya yang berbentuk segitiga dengan mata tajam berwarna kuning. Mereka bisa hidup antara 13 sampai 16 tahun dan dikenal memiliki jiwa sosial yang begitu tinggi. Anjing ini pun mampu membentuk ikatan yang sangt kuat dengan keluarganya. Namun tetap waspada ya khususnya ketika bertemu dengan binatang lain yang masih asing. 

5 dari 11 halaman

Bullmastiff

© Diadona

Jenis yang satu ini juga cukup unik karena merupakan hasil persilangan dari Mastiff dan Bulldog sehingga menghasilkan keturunan yang luar biasa tangguh. Bullmastiff bertubuh tegap berotot dan berani tampil ganas. Namun sebagai anjing keluarga ia tetap setia, penyayang, dan penuh kasih.

© Diadona

Seekor Bullmastiff jantan biasanya memiliki berat antara 110 sampai 130 pounds dengan tinggi antara 25 sampai 27 inci. Normalnya mereka bisa hidup antara 9 sampai 10 tahun. Bulunya pendek tapi tebal sehingga memberikan perlindungan terhadap cuaca dingin.

© Diadona

Meski merupakan tipe yang tak selalu membutuhkan kehadiran manusia, paling tidak dalam sehari sempatkanlah untuk menjalin interaksi dengan mereka. Sedangkan untuk perawatan hariannya, pastikan kamu menyisir bulunya secara rutin setiap hari.

6 dari 11 halaman

Doberman Pinscher

© Diadona

Jenis ini juga disebut sebagai salah satu yang terbaik dan mengalami perkembangan cukup pesat di seluruh dunia. Memelihara anjing Doberman itu menyenangkan mengingat mereka dianugerahi kecerdasan, kekuatan fisik, dan semangat yang prima.

© Diadona

Ukurannya pun terhitung proporsional, tak terlalu kecil tapi juga tak terlalu besar. Tampilannya juga anggun dan elegan, benar-benar ideal dijadikan anjing penjaga rumah. Setiap gerakan yang dilakukan oleh anjing ini begitu memanjakan mata.

© Diadona

Untuk perawatannya sendiri pun tak terlalus ulit. Pemilik hanya sesekali perlu mengajaknya berjalan-jalan atau berolahraga. Waktu terbaiknya, tentu saja sore atau pagi hari biar kesehatannya tetap terjaga dan kondisi fisiknya selalu prima.

7 dari 11 halaman

German Sheperd

© Diadona

Kalau yang satu ini sih termasuk salah satu anjing peliharaan paling populer di dunia. German Sheperd biasa disebut dengan anjing herder memiliki kesetiaan tinggi dan kecerdasan di atas rata-rata. Spesies ini berasal dari Jerman dan mempunyai tinggi badan sekitar 55 sampai 60cm.

© Diadona

German Sheperd begitu mencintai pemiliknya, meskipun agak antipati dengan orang baru. Makanya, jangan kaget kalau tiba-tiba ia akan menggonggong keras ketika ada orang asing lewat depan pagar rumah.

© Diadona

Dikarenakan ia sangat suka olahraga, disarankan untuk rutin mengajaknya jalan-jalan atau melakukan aktivitas apapun. Jika tak dilatih dengan benar, mereka bisa tumbuh mejadi binatang yang mengacau, suka menggonggong, dan berlarian tak teratur di dalam rumah.

8 dari 11 halaman

Rottweiler

© Diadona

Anjing ini berasal dari Jerman, diplot sebagai anjing pekerja yang siap menerima beragam tugas berat. Maka dari itu mereka termasuk yang paling banyak membutuhkan gerak dan stimulasi mental. Mereka tak boleh dibiarkan bermalas-malasan seharian di dalam rumah.

© Diadona

Bentuk tubuhnya cukup besar dan tegap. Saking besarnya kekuatan yang dimiliki, mereka terkadang bahkan tiba-tiba bisa menyerang sesuatu ketika dilanda kebosanan. Maka dari itu sebaiknya secara rutin ajak anjing Rottweiler buat beraktivitas ya.

© Diadona

Sebenarnya Rottweiler termasuk anjing penyayang yang memiliki sifat dasar melindungi pemiliknya. Meskipun kesannya garang, kalau dilatih dengan baik mereka akan memiliki ketenangan dan rasa percaya diri yang luar biasa.

9 dari 11 halaman

Alaskan Malamute

© Diadona

Pernah melihat dalam film-film bagaimana sebuah kereta ditarik oleh kawanan anjing? Perlu diketahui kalau kawanan anjing itu adalah Alaskan Malamute yang memeng dikenal sebagai anjing penarik kereta. Bila dilihat sekilas, fisik mereka memang mirip dengan Siberian Husky, hanya saja sedikit lebih tinggi dan besar.

© Diadona

Dari situ juga, tak mengherankan kalau Alaskan Malamute begitu menggemari aktivitas fisik seperti berlari, menjelajah, menarik beban, hingga menggali tanah. Cakar mereka juga unik karena bentuknya menghadap ke bawah seperti kucing yang bisa dipakai untuk mencengkeram permukaan es dengan kuat ketika menarik kereta.

© Diadona

Bulu mereka sangat lebat sehingga kemungkinan rontok pun juga lebih besar. Selain itu, mereka juga bisa hidup di cuaca yang dingin ekstrem dan memiliki masa hidup sekitar 12 sampai 16 tahun. Jangan kaget, Alaskan Malamute juga amat gemar melonglong, lho.

10 dari 11 halaman

Siberian Husky

© Diadona

Sala satu favorit untuk dijadikan peliharaan, mari berkenalan dengan Siberian Husky yang memiliki penampilan begitu cantik dan memesona. Karakter mereka juga menyenangkan dan termasuk hewan pintar karena dapat menyesuaikan hidup dengan manusia.

© Diadona

Mereka termasuk tipe anjing yang sangat suka berlari. Namun saat mengajak mereka berlari, jangan lupa menggunakan leash ya karena Siberian Husky sangat kuat, impulsive, dan gemar mengejar hewan-hewan kecil. Jadi memegangnya juga harus kuat.

© Diadona

Yang perlu diingat, Siberian Husky itu termasuk anjing sosial dan berorientasi pada kelompok. Jadi jangan biarkan mereka kesepian. Kalau perlu berikan waktu untuk menjalin persahabatan dengan anjing-anjing lain. Kalau dikurung terus di dalam rumah, takutnya mereka bakal merusak benda-benda untuk mengatasi kebosanan.

11 dari 11 halaman

10 Jenis anjing paling berbahaya ini tidak lantas membuat mereka harus dijauhi. Jika dirawat dan dilatih dengan baik, tentu mereka bisa menjadi anjing peliharaan yang dapat juga termasuk jenis anjing penjaga yang baik untuk tuannya.

Tapi, menurut pengalaman kamu sendiri, jenis anjing mana yang paling berbahaya?

Beri Komentar