11 Jenis Anjing Paling Populer di Dunia, Cari Tahu Mana yang Paling Gemesin Yuk!

Reporter : Zaki
Rabu, 19 Februari 2020 07:00
11 Jenis Anjing Paling Populer di Dunia, Cari Tahu Mana yang Paling Gemesin Yuk!
Lucu-lucu nih, mana yang paling memikat?

Ada banyak yang bilang kalau anjing itu menjadi salah satu binatang terbaik yang diciptakan oleh Tuhan sebagai teman bagi manusia. Tak mengherankan mengingat ada banyak sekali keseruan yang bisa dilakukan bersama seekor anjing. Binatang piaraan yang satu ini juga dikenal memiliki loyalitas tinggi kepada pemiliknya.

Menariknya, di seluruh dunia ini ada bermacam jenis anjing yang bisa dipilih sebagai binatang peliharaan. Bisa disesuaikan dengan kesukaan atau selera. Ingin tahu apa saja jenis anjing paling populer yang sering dipilih sebagai ‘sahabat’?

1 dari 12 halaman

Shiba Inu

© Diadona

Kalau lagi melihat foto-foto anjing di social media, terkadang serasa menggemaskan saat menyaksikan tingkah lucu mereka. Membicarakan soal animal star di media sosial, jenis anjing yang termasuk jadi primadona adalah jenis Shiba Inu. Penyebab happening-nya ras ini adalah tenarnya seekor anjing di Instagram bernama Marutaro dengan lebih dari dua juta pengikut di Instagram. Apakah kamu termasuk salah satu follower-nya?

© Diadona

Shiba Inu ini memang begitu menyenangkan ketika difoto dan sangat akrab hidup bersama manusia. Kalau tentang fisik, anjing ini memiliki tinggi antara 38 sampai 41 sentimeter untuk pejantan dengan bulu yang pendek tapi cukup tebal dengan warna cokelat kemerahan. Shiba Inu ini memiliki tipe telinga yang bentuknya berdiri tegak dengan ekor yang melengkuh ke arah kepala.

© Diadona

Menengok tentang sifatnya, Shiba Inu ini mempunya sifat yang aktif, berhati-hati dengan orang asing, setia, dan periang. Dengan begitu, anjing ini tak hanya setia tapi juga sangat cocok dijadikan sebagai penjaga. Mereka juga sangat menyenangkan saat diajak berburu dan waspadai kalau penyakit yang paling sering menerpa Shiba Inu adalah katarak, displasia pinggul, dan dislokasi tempurung lutut.

2 dari 12 halaman

Labrador Retrievers

© Diadona

Ini termasuk anjing yang juga paling banyak di pelihara di dunia karena dikenal memiliki sifat yang enerjik, pandai, dan mudah bersahabat dengan manusia sehingga cocok dijadikan anjing pekerja. Saking disukainya, Labrador Retrievers sukses menjadi anjing paling populer di negara Amerika Serikat bahkan hingga 28 kali berturut-turut.

© Diadona

Mereka memang begitu pintar dan cerdas serta cepat belajar. Makin menyenangkan karena Labrador Retrievers juga suka sekali dipuji dan diberikan perhtian lebih. Ajak mereka main air dan bersiaplah dibuat tertawa dengan tingkah laku mereka yang menggemaskan. Dilihat dari fisiknya pun, anjing ini punya tubuh yang begitu seimbang dan ramah sehingga cocok dijadikan anjing rumah.  

3 dari 12 halaman

Pembroke Welsh Corgi

© Diadona

Mendambakan peliharaan aning yang imut? Pilih jenis Pembroke Welsh Corgi atau yang juga akrab dengan sebutan Corgi. Dilihat dari bentuk fisiknya memang sangat mungil dengan daun telinga berbentuk segitiga tajam dan tegak. Tinggi tubuhnya pun berkisar antara 25 sampai 30 cm dengan berat badan tak lebih dari 15 kg. Kakinya pendek dan bentuk kepala sedikit menyerupai musang dengan mata gelap serta suka menggonggong.

© Diadona

Tentang sifatnya, anjing ini termasuk tipe yang cerdas, senang mempelajari hal-hal baru dan gesit. Dijamin bakal jadi teman menyenangkan buat anak-anak. Idealnya Corgi diberi makan sebanyak empat kali dalam sehari, yaitu pada pagi, siang, sore, dan malam. Mesti diingat kalau tipe anjing ini tidak bisa mencerna beberapa makanan, seperti telur mentah dan susu.

4 dari 12 halaman

German Shepherd

© Diadona

Sangat menyenangkan memiliki anjing German Shepherd di rumah. Mereka termasuk cerdas, mudah dilatih, dan membutuhkan aktivitas fisik yang rutin dilakukan setiap hari. Apabila dibiarkan diam di dalam rumah, bisa-bisa mereka jadi nakal sekaligus mudah marah atau temperamental. Maka dari itu, untuk mencegahnya akan lebih baik bila diberikan sosialisasi sejak usia mereka masih muda.

© Diadona

Dilihat dari bentuk fisiknya, German Shepherd termasuk yang proporsional dengan kepala melebar dan melancip sempurna serta bentuk moncong yang tajam. Telinganya sedikit besar dan berdiri tegak dengan punggung yang berotot beserta ekor lebat melengkung ke bawah.

© Diadona

Bulunya pun tergolong tebal dan kasar dengfan beragam variasi warna, seperti cokelat, hitam, atau abu-abu. Usia hidupnya bisa berkisar antara 10 sampai 12 tahun. Pada anak-anak, German Shepherd memiliki sifat cepat akrab, rukun, dan penyabar yang sesuai dengan naluri mereka dalam menjaga.

5 dari 12 halaman

Beagles

© Diadona

Meskipun termasuk salah satu tipe anjing pemburu, Beagles punya ukuran yang paling kecil. Apabila dilihat dari sejarah, binatang ini dulunya sering banget dimanfaatkan sebagai pemburu kelinci karena memiliki penciuman yang cukup tajam. Apabila dilihat dari segi fisik, Beagles memiliki bulu yang cukup kasar dan berdekatan sehingga cukup tough apabila bergesekan dengan permukaan benda yang kasar seperti semak belukar. Ukuran tubuhnya kalau pejantan berukuran antara 13 sampai 13 inci dan berat normalnya 10 sampai 11 kg.

© Diadona

Memelihara Beagles sangat menyenangkan karena karakter mereka lembut, manis, pintar, mudah jantung cinta pada setiap orang. Yang unik ketika bertemu pemiliknya, mereka bakal menggoyang-goyangkan ekor sebagai tanda kesenangan saat bertemu orang baru. Secara rutin, ajak juga Beagles buat jalan-jalan dan melakukan permainan yang menyenangkan paling tidak lima menit sehari.

6 dari 12 halaman

Poodle

© Diadona

Lucu dan menggemaskan, dua kata yang cukup menggambarkan jenis anjing Poodle. Bentuknya memang kecil dengan bulu keriting yang tak mudah rontok. Secara fisik, anjing ini memiliki ciri yang berbeda dan diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu poodle standar, toy poodle, dan miniature poodle. Cara membedakannya adalah dengan melihat ukurannya. Poodle standar mempunyai tinggi 15 inci, miniature poodle antara 11 sampai 15 inci, dan toy poodle tingginya sekitar 10 inci.  

© Diadona

Lebih detail tentang fisik, kepala poodle berbentuk bulat dengan moncong yang panjang sedangkan telinganya selalu menggantung ke bawah dengan ekor ke atas. Urusan warna pun ada bermacam-macam, seperti hitam, putih, abu-abu, cokelat, dan lain sebagainya. Karakternya jinak, mudah dilatih, dan penurut sehingga sering diikutkan dalam sebuah atraksi sirkus.

© Diadona

Untuk perawatannya sendiri, poodle memang memerlukan perhatian yang lebih dibandingkan dengan jenis biasa. Yang paling perlu dirawat adalah bulu, sisir setiap hari agar lebih mudah diatur. Kemudian bersihkan juga bagian telinga dengan cairan khusus dan usap bagian dalam dengan kapas pelan-pelan. Lalu saat memandikannya seminggu sejali, pastikan kamu menutup telinganya dengan kapas, tapi jangan terlalu lama juga.

7 dari 12 halaman

Siberian Husky

© Diadona

Melihat anjing ini sekilas akan mengingatkan pada fisik serigala. Siberian Husky memiliki masa hidup sekitar antara 12 sampai 15 tahun. Dengan tinggi pejantannya antara 54 sampai 60 cm dengan berat 20 sampai 27 kg. Mereka termasuk jenis anjing yang aktif, tidak bisa diam, dan sangat suka melakukan aktivitas musik sepert berlari. Bulunya tebal dan memang tak terlalu cocok untuk hidup dan tinggal di iklim tropis yang panas.

© Diadona

Pecinta anjing mengakui kalau Siberian Husky termasuk anjing yang begitu menyayangi pemiliknya. Beberapa studi ilmiah menunjukkan bahwa binatang ini memiliki respon yang positif bahkan untuk menghibur pemiliknya yang tengah merasakan emosi tertentu. Yup, Husky begitu sensitif dan dapat menanggapi sinyal emosional dari pemiliknya.

8 dari 12 halaman

Golden Retrievers

© Diadona

Lebih akrab disebut dengan golden, anjing ini memang sangat populer sebagai penjaga. Mereka dikenal memiliki rasa setia yang tinggi terhadap pemiliknya, ramah, dan sangat menghibur. Tipe binatang yang sangat bersahabat dengan manusia dan begitu sayang dengan pemiliknya. Tingkat kecerdasan tinggi dan sangat mudah untuk diajarkan beragam trik. Mereka juga termasuk setia, ceria, dan mampu menjalin kesepakatan dengan peliharaan lain.

© Diadona

Di seluruh dunia ada dia tipe anjing golden yang paling populer, yaitu tipe Inggris dan tipe Amerika. Berbicara tentang peran, Golden Retrievers bisa diandalkan sebagai penggembala, pelayan, dan bahkan penyelamat. Ketika memilih untuk memelihara mereka, pastikan kamu rajin membersihkan kandang dan pastikan tak ada kotoran yang ada di dalam kandangnya. Ini penting dilakukan untuk menghindari serangan beragam penyakit dan virus berbahaya.

9 dari 12 halaman

Maltese

© Diadona

Kecil, lucu, setia, pintar, dan bersemangat, dijamin begitu menyenangkan buat memelihara Maltese. Anjing ini termasuk salah satu yang paling kuno karena diprediksi telah ada sejak 2.000 tahun lalu. Ukurannya kecil karena di bawah 25 cm dengan berat 2 sampai 3 kg, dengan sifat yang energik, aktif, suka berlari, dan gemar diajak berjalan-jalan.

© Diadona

Dilihat dari karakteristik lain, yang unik mereka sangat gemar dimanjakan dan membutuhkan cinta serta perhatian. Mereka juga lincah, lucu, dan ternyata sangat memuja manusia. Rajin-rajinlah menyisir dan menyikat bulunya setiap hari, tapi lakukan dengan lembut. Ingat juga, bersihkan bagian mata untuk menghindari kotoran serta janggutnya setelah makan setiap hari.

10 dari 12 halaman

Newfoundland Dog

© Diadona

Ini dia salah satu anjing pekerja dengan tubuh paling besar dengan warna hitam, putih hitam, dan abu-abu. Awalnya banyak digunakan untuk membantu nelayan di daerah Kanada karena memiliki ukuran cukup besar, cerdas, temperamen tenang, setia, dan ternyata memiliki kekuatan menakjubkan. Mereka memang sangat unggul dalam penyelamatan air karena ototnya kuat, bulu tebal, kaki yang sanggup berenang alami.

© Diadona

Dilihat dari ukurannya, Newfoundland Dog memang memiliki fisik yang cukup besar, berkisar antara 29 inci lebih dengan berat mencapai 150 pounds. Meski begitu, mereka dikenal memiliki sifat yang sangat lembut, cerdas, dan begitu setia. Benar-benar begitu ideal untuk dijadikan peliharaan rumah karena mudah berbaur dengan anak-anak. Masa hidup mereka sendiri berkisar antara 10 sampai 15 tahun.

11 dari 12 halaman

Portuguese Water Dogs

© Diadona

Memiliki sifat petualang yang tinggi, Portuguese Water Dogs sering jadi favorit keluarga untuk dijadikan peliharaan. Mereka memang kuat, punya kondisi fisik bagus, dan memungkinkan buat beraktivitas di air dan darat dalam waktu yang lama. Warna yang paling umum dari jenis ini adalah hitam, cokelat, dan putih atau mungkin bisa jadi kombinasi ketiganya.

© Diadona

Dari karakter, Portuguese Water Dogs sangat suka berteman dan gemar bermain dengan air. Yang unik, mereka juga sangat responsif terhadap arah sehingga bisa jadi teman berpetualang yang baik. Tipsnya, pastikan mereka selalu diikutkan di kegiatan sehari-hari, seperti jalan-jalan, berolahraga, atau permainan apapun yang menyenangkan. Dengan begitu, mereka tak bakal frustasi dan bosan sehingga kondisi emosional tetap terjaga.

12 dari 12 halaman

Dari ke-11 jenis anjing tersebut, sudah terlihat mana yang populer karena namanya, ada juga yang populer karena mudah dipelihara. Tapi ingat, setiap jenis anjing peliharaan adalah mahluk ciptaan Tuhan yang sebaiknya kita rawat sebaik mungkin dengan memenuhi kebutuhan hidupnya. Tertarik untuk punya yang mana?

Beri Komentar