7 Jenis Kucing Terpopuler di Indonesia, Mana yang Paling Menggemaskan?

Reporter : Zaki
Jumat, 14 Februari 2020 18:28
7 Jenis Kucing Terpopuler di Indonesia, Mana yang Paling Menggemaskan?
Kira-kira mana yang paling menggemaskan?

Dilihat bentuknya yang menggemaskan, tak heran sih kalau sampai saat ini kucing disebut-sebut sebagai ‘teman terbaik’ manusia. Ada beberapa jenis kucing yang memang terlahir untuk dirawat di dalam rumah dan menemani hari-hari pemiliknya. Berniat untuk menjadikannya sahabat kamu?

Ada beberapa jenis yang sering jadi favorit para pecinta kucing, khususnya di Indonesia. Kalau berniat menjadikan binatang ini sebagai teman bermain di rumah, kenali lebih jauh dulu yuk berikut beberapa jenis kucing paling populer di tanah air.

1 dari 8 halaman

Kucing Persia

Ini dia kucing peliharaan paling populer di Indonesia. Kucing Persia memang sangat menggemaskan dengan bulu panjang dan karakter wajah bulat serta moncong pendek. Asal-usul namanya sendiri didasarkan pada nama lama Iran, yaitu Persia, tempat di mana kucing serupa ditemukan.

Dilihat dari fisik, Kucing Persia memiliki bentuk tubuh yang gemuk, besar, dan tambun, sehingga begitu menggemaskan untuk diajak bermain. Belum lagi ditambah sifat mereka yang sedikit manja, lembut, tenang, dan sanggup beradaptasi secara cepat dengan lingkungan baru.

2 dari 8 halaman

Kucing Anggora

Tak hanya di Indonesia saja, kucing ini bahkan popularitasnya telah tersohor hingga penjuru dunia. Banyak yang mempercayai kalau Anggora sendiri berasal dari nama kota Angkara di Turki, tempat di mana ia dipercaya pertama kali muncul. Meskipun hingga sekarang belum dipastikan betul apakah jenis ini memang benar-benar berasal dari sana.

Ciri-ciri utama keindahan kucing Anggora terletak pada ukuran bulu leher yang bila diperhatikan lebih panjang daripada bulu di bagian dada. Cukup tebal juga pada bagian perut dan ekor. Gayanya begitu anggun dan gemulai, dengan berat badan sekitar 3,5 kg sampai 5 kg plus beberapa warna dasar seperti kuning, kuning keemasan, abu-abu, dan lain sebagainya.

3 dari 8 halaman

Kucing Maine Coon

Akrab disebut juga sebagai kucing bulu panjang amerika, Maine Coon disebut sebagai ras kucing tertua yang berasal dari Maine, sebuah daerah di Amerika Serikat. Dijamin bakal sangat menyenangkan memelihara kucing ini di rumah karena ukurannya begitu besar dengan berat antara 4 sampai 9 kg dan tinggi sekitar 1 meter.

Dilihat dari segi fisik, kucing Maine Coon mempunyai bentuk kepala lebar dengan dahi sedikit melengkung serta tulang pipi menonjol. Matanya pun tergolong besar berbentuk oval dan hidung lebar sedikit melengkung pada bagian ujung. Telinganya pun besars dengan bagian bawah lancip dan bagian atas tajam.

Uniknya kucing ini memiliki keistimewaan di mana ia mewarisi sifat polidaktili di mana mereka terlahir dengan 6 jari kaki. Sedikit aneh memang tapi justru hal ini menjadi keistimewaan Maine Coon. Keunikan lain, mereka ternyata termasuk tipe kucing yang tak takut air dan bahkan bisa berenang. Terbayang kan, bagaimana serunya mengajak mereka bermain air bersama?

4 dari 8 halaman

Kucing Kampung

Istilah ini biasanya merujuk pada kucing liar yang sering ditemui di lingkungan. Mereka biasanya tak mempunyai pemilik dan bertahan hidup dari mengais makanan-makanan di manapun. Kucing kampung oren jadi yang paling populer ditemui di kehidupan sehari-hari, khususnya di Indonesia. Tak perlu berpandangan miring dengan jenis ini karena apabila mereka dirawat dengan sangat baik, kecantikannya bahkan bisa mengungguli kucing persia maupun anggora.

Apakah kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang kelebihan dari kucing kampung ini? Sadar atau tidak, mereka sebenarnya memiliki tingkat empati yang tinggi terhadap sesama atau manusia. Kemudian jenis ini juga tak memerlukan effort yang lebih untuk dilatih, ajak saja mereka bermain secara rutin dan mereka akan segera mengikuti kemauanmu. Buktikan sendiri deh!  

5 dari 8 halaman

Kucing Persia Himalaya

Dilihat dari fisiknya saja, mereka begitu mencolok dan menyenangkan untuk dipandang. Kucing Persia Himalaya sebenarnya merupakan persilangan antara kucing Persia dan siam dengan warna menarik seperti cokelat kehitaman, krem, abu-abu, abu-abu kecokelatan, dan krem kemerahan. Sedangkan dilihat dari fisik, Kucing Persia Himalaya mempunyai tubuh bulat dan kak pendek dengan bulu lembut yang cukup panjang.

Bicara tentang sifatnya sendiri, Kucing Persia Himalaya dikenal sangat tenang, cerdas, dan gemar melakukan interaksi dengan siapa saja. Bahkan ketika pemiliknya dilanda kebosanan akibat rutinitas kerja, mereka bisa diajak bermain sesuka hati dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar.

6 dari 8 halaman

Kucing Exotic Shorthair

Dilihat sekilas, kucing ini memang mirip kucing Persia, tapi dengan bulu yang sedikit lebih pendek. Itulah mengapa mereka disebut Shorthair. Dilihat dari asal-usulnya, Kucing Exotic Shorthair memang persilangan dari kucing American Shorthair dan Kucing Persia yang pertama kali dikawinkan sekitar tahun 1950 dan diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada 2005.

Fisik mereka cukup menggemaskan karena memiliki hidung pesek dan bulu pendek sedang dahi sedikit lebar serta mata bulat besar berwarna-warni. Berat badannya berkisar antara 4 - 6 kg dengan warna stripped bervariasi seperti hitam, biru, cokelat, dan krem. Cara perawatannya, rutinlah menyisir bulunya yang tebal untuk menghindari kekusutan. Perhatikan juga asupan nutrisi serta vitaminnya dan ajak mereka bermain secara rutin meskipun hanya sebentar.

7 dari 8 halaman

Kucing Russian Blue

Cerdas dan lucu, kucing Russian Blue mempunyai bulu berwarna perak biru. Mereka termasuk jenis binatang yang paling disukai karena kepribadian dan warna yang unik, meskipun terkadang cenderung pemalu. Menurut prediksi kucing ini memiliki harapan hidup hingga 15 tahun dan mereka juga dikenal memiliki kesetiaan yang luar biasa. Pelihara kucing ini dan kemungkinan besar mereka akan menemanimu hingga akhir usia.

Russian Blue memiliki tinggi sekitar 25 cm dengan berat badan 5 kg. Bentuk badannya panjang, ramping, dan elegan. Matanya berwarna hijau yang tampak seperti cincin dan akan berubah seiring bertambahnya usia. Mereka biasanya juga cenderung malu-malu saat berhadapan dengan orang asing, meski begitu rasa sayang pada pemiliknya tak perlu diragukan lagi.

Perawatan mereka juga tak terlalu susah, yang terpenting jangan lupa untuk menyisirnya paling tidak dua kali sehari. Kemudioan perhatikan juga asupan makanannya dengan memberikan nutrisi dan vitamin agar kesehatannya selalu terjaga. Tak lupa luangkan waktu untuk bercengkerama dengan mereka. Ajak bermain agar kesetiaan dan simpati Russian Blue tetap terjaga. Perhatikan juga kenyamanan mereka dengan rutin membersihkan kandang dan rutin merawat kuku. Periksa juga telinga untuk menghindari kotoran menumpuk atau jamur.

8 dari 8 halaman

Nah kalau sudah tahu jenis-jenis kucing peliharaan yang paling populer di Indonesia, apakah kamu jadi tertarik untuk memelihara satu di antaranya? Tentukan pilihan dan siap-siap bergembira dengan kehadiran mereka di rumah!

Beri Komentar