15 Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 5 September 2024 09:00
15 Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan
Setiap aktivitas bermain untuk bayi umur 1 sampai 12 bulan berperan penting dalam setiap milestone mereka. Nggak perlu dengan mainan mahal, cukup dengan buku, cermin, bola atau kain.

Perkembangan bayi pada usia 1-12 bulan adalah periode yang menarik dan penting dalam hidup mereka. Aktivitas bermain yang tepat dapat membantu merangsang perkembangan fisik dan kognitif, melatih fokus anak, dan emosional hingga sosial bayi. 

Berikut adalah beberapa ide aktivitas bermain yang menyenangkan dan bermanfaat untuk bayi usia 1-12 bulan yang dapat Anda coba bersama mereka.

 

1 dari 14 halaman

Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Bermain dengan Mainan Bertekstur© 2024 shutterstock.com/Natee K Jindakum

Bermain dengan Mainan Bertekstur

Pada usia ini, bayi mulai merasakan berbagai tekstur. Berikan mereka mainan bertekstur seperti mainan berbulu, mainan berbahan wol, atau mainan yang memiliki permukaan berbeda untuk merangsang sensorik mereka.

Atau kamu juga bisa membuat mainan bertekstur dari jelly ataupun pasir yang aman digunakan yang diberi warna menarik untuk mainan bayi. 

2 dari 14 halaman

Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Tummy Time© 2024 Klik Dokter

Melakukan Tummy Time

Tummy time adalah waktu ketika bayi diletakkan di perut mereka untuk merangsang perkembangan otot leher, punggung, dan lengan mereka.

Gunakan waktu ini untuk bermain dengan bayi dengan menggunakan mainan yang menarik di depan mereka untuk memotivasi mereka mengangkat kepala.

3 dari 14 halaman

Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Bermain Musikal© 2024 shutterstock.com/Bermain dengan Mainan Musikal

Bermain dengan Mainan Musikal

Mainan musikal seperti lonceng, gendang kecil, atau mainan musik lainnya dapat membantu merangsang pendengaran dan koordinasi motorik bayi. Nikmati momen bersama sambil mendengarkan dan bermain dengan suara-suara yang berbeda.

4 dari 14 halaman

Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Bernyanyi dan Tepuk Tangan© 2024 shutterstock.com/PRPicturesProduction

Menyanyi dan Bertepuk Tangan

Bayi pada usia ini sangat menyukai interaksi sosial dan suara-suara yang dihasilkan oleh orang dewasa. Nikmati waktu bersama dengan menyanyikan lagu-lagu anak-anak sambil bertepuk tangan bersama si bayi.

5 dari 14 halaman

Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Bermain dengan Balon© 2024 shutterstock.com/Butsaya

Bermain dengan Balon

Balon berwarna-warni adalah mainan yang menyenangkan dan menarik bagi bayi usia 1-12 bulan. Biarkan bayi menyentuh, memegang, dan melihat balon sambil menggerakkan balon dengan lembut di depan mereka.

6 dari 14 halaman

Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Bermain dengan Mainan Interaktif© 2024 shutterstock.com

Bermain dengan Mainan Interaktif

Mainan interaktif seperti mainan yang mengeluarkan suara atau cahaya saat ditekan atau diputar dapat membantu merangsang sensorik dan kognitif bayi. Biarkan mereka mengeksplorasi dan bermain dengan mainan-mainan ini dengan pengawasan.

7 dari 14 halaman

Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Bermain dengan Kain© 2024 shutterstock.com/leeeee77

Bermain dengan Kain

Kain berwarna-warni dan berbagai tekstur adalah mainan yang serbaguna dan menyenangkan untuk bayi usia 1-12 bulan. Biarkan bayi meraba, menjelajahi, dan memegang kain-kain tersebut sambil gerakkan kain dengan lembut di depan mereka.

8 dari 14 halaman

Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Bermain dengan Buku© 2024 shutterstock.com/christinarosepix

Bermain dengan Buku Bayi

Buku bayi yang berwarna-warni dengan gambar-gambar yang sederhana dan jelas adalah mainan yang bagus untuk merangsang perkembangan penglihatan dan bahasa bayi. Bacakan cerita dari buku-buku tersebut sambil menunjukkan gambar-gambar yang ada. Ini juga dapat memperkaya kosakata

9 dari 14 halaman

Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Bermain dengan Air© 2024 shutterstock.com/shupian

Bermain dengan Air

Bermain dengan air dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menarik bagi bayi. Kamu bisa menggunakan panci kecil atau mangkuk dengan air dalam bak mandi kecil dan biarkan bayi mengeksplorasi air dengan tangan dan kaki mereka.

10 dari 14 halaman

Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Bermain dengan Boneka© 2024 shutterstock.com 

Bermain dengan Boneka atau Boneka Tangan

Boneka atau boneka tangan adalah mainan yang menyenangkan dan menghibur bagi bayi usia 1-12 bulan. Gunakan boneka-boneka tersebut untuk bercerita atau berinteraksi dengan bayi, atau biarkan mereka mengeksplorasi dan memegang boneka-boneka tersebut sendiri.

11 dari 14 halaman

Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Cilukba© 2024 shutterstock.com/TY Lim 

Cilukba

Cilukba merupakan permainan interaktif yang melibatkan bayi dengan kita. Cilukba merupakan permainan klasik yang menyenangkan untuk bayi. Sembunyikan wajah di balik tanganmu, lalu buka dengan mengucapkan “ cilukba!”.

Bayi akan tertawa dan belajar tentang konsep muncul dan hilang. Kamu juga dapat menambahkan boneka sebagai objek bermain, agar anak lebih tertarik

12 dari 14 halaman

 Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Menatap Cermin© 2024 shutterstock.com

Bermain dengan Cermin

Ajak bayi melihat bayangan mereka sendiri di cermin. Bayi akan senang melihat refleksi diri mereka dan belajar mengenali diri sendiri. Sebagai aktivitas bermain bayi di umur 1 sampai 12 bulan, tujuan bercermin adalah untuk membantu bayi belajar memfokuskan matanya mengikuti gambar, mempelajari kata-kata baru, dan mengeksplore apa yang bisa dilakukan wajahnya sendiri. 

13 dari 14 halaman

Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Bermain dengan Bola© 2024 shutterstock.com/Ground Picture

Bermain dengan Bola

Berikan bola yang ringan dan mudah digenggam oleh bayi. Ajak mereka untuk menggelindingkan bola di lantai atau menendangnya dengan kaki. Bermain bola dapat membantu melatih motorik kasar dan koordinasi tangan juga mata bayi

Orang tua juga dapat memvariasikan permainan bola dengan cara memasukkan bola ke dalam keranjang atau kotak. Permainan ini membantu bayi belajar tentang konsep memasukkan ke dalam dan mengeluarkan

Selain itu orang tua juga dapat memvariasikan permainan bola dengan cara menyembunyikannya. Mereka akan mencari bola tersebut untuk mengenal konsep muncul dan hilang.

14 dari 14 halaman

 Aktivitas Bermain untuk Bayi Usia 1 - 12 Bulan - Bermain Di Luar Ruangan© 2024 shutterstock.com/Odua Images

Bermain Di Luar Ruangan

Ajak bayi untuk berjalan-jalan mengelilingi komplek atau taman. Tunjukkanlah kepada mereka berbagai pemandangan, suara, dan aroma. Berjalan-jalan dapat membantu melatih otot kaki dan keseimbangan bayi

Memilih untuk bermain di luar, si kecil juga akan dipaparkan sinar matahari yang sehat di pagi hari. Hal tersebut dapat membantu bayi untuk memperoleh vitamin D yang cukup.

Bermain bersama bayi tidak hanya menyenangkan, tapi juga penting untuk membantu stimulasi perkembangan mereka. Dengan mencoba berbagai aktivitas bermain yang menyenangkan dan bermanfaat ini, orang tua dapat membantu merangsang perkembangan fisik, kognitif, dan emosional bayi.

Luangkan waktu berkualitas untuk bermain bersama bayi dan nikmati momen berharga ini. Selalu pastikan untuk memberikan pengawasan dan perhatian yang tepat saat bermain bersama bayi, dan nikmati momen-momen berharga ini dalam perjalanan perkembangan mereka.

Penulis : Najwa Al Rasyidah

Beri Komentar