Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Benar dan Perawatan Tali Pusar

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 21 Januari 2020 15:05
Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Benar dan Perawatan Tali Pusar
Mengurus bayi baru lahir memang nggak mudah, termasuk gimana cara memandikannya yang harus dengan teknik dan produk khusus serta penuh kehati-hatian.

Di antara berbagai persiapan menyambut buah hati, cara memandikan bayi harus sudah dikuasai oleh kedua orang tua. Meski begitu, banyak dari ibu atau ayah baru yang masih ketakutan. Badan bayi yang rapuh, membuat orang tua harus sangat hati-hati saat berada di dekatnya.  Jangankan menyentuhkan pada air, meggendong saja masih sangat perlu waspada.

Namun, mau nggak mau mereka harus belajar cara memandikan bayi, kan? Biasanya, bayi baru lahir dimandikan beberapa kali dalam seminggu. Namun karena kita tinggal di negara yang tropis, bayi biasanya mandi sejumlah orang dewasa mandi, yakni dua kali sehari.

Sama seperti cara memandikan bayi yang harus hat-hati dan dipelajari, produk yang digunakan juga harus khusus untuk bayi. 

1 dari 3 halaman

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ilustrasi Bayi Tidur

Memandikan bayi yang baru lahir pada awalnya memang sulit. Makanya, banyak orang yang memilih meminta bantuan pada mereka yang memang ahli menangani bayi, atau ibu-ibu yang sudah pernah memiiliki bayi. Yuk, pelajari cara memandikan bayi biar kegiatan ini terasa mudah dan menyenangkan untuk kamu dan buah hati.

Pertama, sebelum membuka pakaiannya, usap dulu kelopak matanya dimulaid ari mata bagian dalam ke mata bagian luar. Gunakan kapas yang sudah dicelupkan pada air hangat, dan gunakan kapas baru untuk setiap mencuci mata. Selanjutnya, cuci seluruh wajahnya dan berhati-hatilah untuk tidak memasukkan apapun ke telngan.

Selanjutnya, lepas seluruh baju bayi dengan popok sebagai urutan terakhir. Gendong kepala bayi dengan satu tangan sementara tangan yang lain menopang kepala dan lehernya. Turunkan dengan perlahan ke bak mandi berisi air hangat, posisikan berbaring setengah tegak.

Cara memandikan bayi dimulai dengan menyeka menggunakan wahlap, muali dari kepoaala hingga sekujur tubuh. Lalu lanjutkan dnegan menyeka menggunakan washlap yang telah berisi sabun bayi. Sebagai cara memandikan bayi yang maksimal, usahakan untuk menjangkau seluruh bagian tubuhnya. Mulai dari lipatan ketiak, belakang lutut, belakang telinga, hingga lipatan leher.

Cara memandikan bayi untuk daerah kelaminnya dilakukan dari arah depan ke arah belakang. Ini untuk menghindari berpindahkan bakteri yang ada di bagian belakang ke area kelamin bayi. Selama beberapa saat, diamkan bayi berada di air. Biarkan dia merasakan sensasi air. tuangkan air ke bagian perut dan dada untuk menstimulasi indra perabanya.

 

2 dari 3 halaman

Cara Memandikan Bayi yang Benar

ilustrasi bayi mandi

Dalam cara memandikan bayi, menyiapkan peralatan mandi terlebih dahulu penting untuk dilakukan lho. Siapkan di tempatyang mudah dijangkau sehingga kamu nggak perlu kerepotan saat memandikannya.

Siapkan Peralatan Mandi

Letakkan shampoo, sabun, waslap, handuk dan peralatan bayi di dalam jangkauan tangan kamu. Dalam cara memandikan bayi, ini penting banget biar kamu nggak perlu mondar-mondar dan meninggalkan bayi sendirian dan teralihkan dari fokus.

Siapkan Baju Ganti

Nggak sama dengan orang dewasa, kamu harus menyiapkan baju ganti terlebih dahulu dalam cara memandikan bayi. Dalam meletakkannya pun sebisa mungkin harus sesuai dengan urutan pemakaian. Selain mempermudah, juga biar nggak terlalu buang waktu sementara bayi dalam keadaan tanpa memakai baju.

Ukur Suhu Air

Mengukur suhu sudah jadi hal yang umum diketahui dalam cara memandikan bayi, bukan? Sekali lagi pastikan kalau kamu menggunakan air hangat, bukan air panas. Ukur dengan pergelangan tangan atau siku, dan campur air tersebut secara merata untuk menghindari suhu panas pada area tertentu. Ukur suhu di antara 37 derajat celsius denga kedalaman 5 sentimeter.

Perkirakan Waktu Mandi

Sebisa mungkin jangan andikan bayi dalam keadaan lapar, mengantuk, atau setelah minum ASI. Sama seperti manusia dewasa, mandi dengan perut kenyang bikin nggak nyaman. Bukan nggak mungkin dia bakalan muntah karena merasa perutnya seperti ditekan.

Selain memperhatikan waktu untuk bayi, cara memandikan bayi juga harus memperhatikan waktu yang senggang bagi ibu. Jangan sampai kamu memandikan bayi dalam keadaan terburu-buru, karena hanya akan memabuatmu grogi dan hilang fokus.

Bungkus dengan Handuk

Segera setelah proses dalam cara memandikan bayi selesai, kamu harus membungkus bayi kamu dengan handuk yang hangat dan lembut. Tepuk handuk perlahan dengan lembut dan pelan ingga semua kulitnya kering, fokuskan pada lipatan-lipatan tubuhnya.

Jangan Tinggalkan Bayi Sendirian

Poin ini sudah pasti banyak diketahui sebagai cara memandikan bayi. Bila tidak ada orang lain yang memabntu kamu, maka agar tidak meninggalkan bayi selama mandi, kamu harus meltakkan semua barang-barang keperluan mandi dalam jangkauan seperti dalam cara memandikan bayi yang sudah tertulis di awal artikel.

3 dari 3 halaman

Cara Memandikan Bayi dan Perawatan Tali Pusar

Ilustrasi Bayi Tidur

Biasanya, tali pusar pada bayi baru lahir masih belum lepas. Kondisinya masih agak basah. Untuk itu, cara memandikan bayi harus dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya jangan sampai mengenai tali pusar.

Karena itu, cara memandikan bayi sebaiknya tidak dengan langsung mengenakannya pada air, melainkan menyeka tubuhnya dengan washlap basah.

Untuk mulai memandikan bayi, kamu bisa mengikuti cara memandikan bayi berikut:

  • Karena bayi hanya akan diseka denga wahslap basah, maka kamu membutuhkan alas tahan air sebagai alasnya. Gunakan meja atau permukaan datar, lalu lapisi dengan alas empuk dan tahan air.
  •  Baringkan bayi pada punggubngnya. Untuk menjaga kepalanya, gunakan tanganmu. Tahan bagian kepala sekaligus leher dengan satu tangan.
  • Gunakan wahslap yang telah dibasahi dengan air hangat sebagai cara memandikan bayi. Usap perlahan di wajah, kepala, dan setiap bagian tubuhnya.
  • Setelah air, gunakan sabun untuk membersihkan badan bayi. Cara memandikan bayi dilakukan dengan mengelapkan washlap yang telah diberi sabun bayi. Pastikan untuk menjangkau semua area tubuhnya, mulai dari lipatan ketiak, lipatan paha, punggung dan leher.
  • Cara memmandikan bayi di area kelaminnya dilakukan mualid ari arah depan ke belakang.
  • Selanjutnya, membilas tubuh bayi dilakukan dengan menyeka menggunakan washlap berisi air bersih. Gunakan sama seperti ketika menyekakan sabun ke tubuhnya.
  • Saat sudah selesai, angkat bayi lalu baringkan dan bungkus dengan handuk yang nyaman dan lembut. Balut tubuh mungil sebelum memakaiakan baju, peluk dan timang sebentar.

Beri Komentar