Cara Membuat Anak Kembar Laki-Laki, Perempuan dan Sepasang

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 14 Februari 2020 14:54
Cara Membuat Anak Kembar Laki-Laki, Perempuan dan Sepasang
Siapa sih yang bisa menolak pesona dua bayi lucu yang mirip dan menggemaskan? Begini lho cara membuat anak kembar..

Yes, anak kembar memang lucu banget. Bayangkan ada dua makhluk menggemaskan yang mirip, sama-sama lucu dan juga cantik. Meskipun itu berarti 

energi, mental dan materi untuk kebutuhan anak harus double juga. Sebelum kamu mencari cara membuat anak kembar dan mendapatkannya, sebagai orang tua kamu harus paham dulu gimana untuk tetap memberikan yang terbaik bagi mereka.

Beberapa orang mengusahakan cara membuat anak kembar dengan berbagai alasan, misalnya biar kehamilan dan proses melahirkan hanya terjadi dalam satu kali untuk mendapatkan dua anak, atau karena ingin mempersingkat jarak antara orang tua dan kedua anaknya.

Meski punya anak kembar terlihat hanya seabgai faktor keberuntungan dan tidak diduga, sebenarnya cara membuat anak kembar masih bisa diusahakan kok.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Anak Kembar Laki-Laki dan Perempuan

Ilustrasi Anak Kembar

Meski sebenarnya, dokter juga belum sepenuhnya memahami alasan mengapa kehamilan kembar kadang terjadi. Namun, beberapa faktor dapat meningkatkan kemungkinan melahirkan anak kembar, termasuk:

  • Usia wanita
  • Memiliki riwayat keluarga kembar
  • Memiliki perawatan kesuburan
  • Konsepsi terjadi ketika sperma membuahi
  • Sel telur untuk membentuk embrio. Namun, jika ada dua sel telur yang ada di dalam rahim pada saat pembuahan atau sel telur yang dibuahi terbagi menjadi dua embrio terpisah, seorang wanita bisa hamil dengan bayi kembar.

Nah, ada dua jenis kembar, diantaranya:

Kembar identik : Jenis kehamilan ini terjadi ketika telur yang dibuahi terbagi menjadi dua embrio terpisah. Embrio ini bersifat monozigot, yang artinya memiliki gen identik. Kembar identik adalah jenis kelamin yang sama satu sama lain dan terlihat sangat mirip.

Kembar yang tidak identik atau persaudaraan : Jenis kehamilan ini terjadi ketika ada dua telur di dalam rahim pada saat pembuahan, dan sperma membuahi keduanya. Embrio ini adalah dizygotic, yang berarti mereka tidak memiliki gen yang identik dan mungkin bukan jenis kelamin yang sama.

Kembar fraternal umum terjadi setelah perawatan kesuburan karena profesional kesehatan sering menempatkan dua embrio yang dibuahi ke dalam rahim wanita untuk meningkatkan peluang kehamilan yang sukses.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Anak Kembar Perempuan

Ilustrasi Anak Kembar

Lalu apa saja peluang yang bsia meningkatkan seseorang sebagai cara membuat anak kembar ?

Kembar bisa terjadi ketika dua telur yang terpisah dibuahi di dalam rahim atau ketika satu telur yang dibuahi terbagi menjadi dua embrio. Nggak cuman terjadi secara kebetulan, sebenarnya ada banyak faktor yang memperngaruhinya. Apa saja?

Riwayat Anak Kembar

Kamu bisa punya peluang untuk hamil ana kembar ketika punya riwayat ini, dan angkanya akan lebih tinggi bila terjadi pada keluarga istri.

Mengapa? Salah satu alasannya yakni karena hiperovulasi, yakni situasi di mana tubuh melepaskan dua atau lebih sel telur selama ovulasi, yang pada dasarnya menjadi syarat cara membuat anak kembar itu sendiri.

Hiperovulasi tersebut diturunkan melalui DNA, yang artinya kalau ibu dari pihak istri punya anak kembar atau istrinya sendiri merupakan anak kembar, maka peluang hamil kembar akan semakin tinggi.

Beberapa orang percaya kalau cara membaut anak kembar yakni bisa didapat kalau kakek atau kakek neneknya kembar, yang berarti kembar bisa melintasi satu generasi. Sayangnya cuman ada sedikit bukti tentang teori ini.

Umur

Kalau kamu hamil saat berusia di atas 35 tahun, maka kemungkinkan untuk hamil anak kembar akan jauh lebih besar daripada saat hamil di umur sebelumnya. Mengapa? Ini karena semakin mendekati monopause, terjadi perubahan hormon yang dapat mendorong tubuh melepaskan lebih dari satu sel telur selama ovulasi.

Nah, pas banget kan karena dalam cara membuat anak kembar memang dibutuhkan dua sel telur untuk dibuahi sekaligus.

Berat Badan

Wanita yang punya berat badan berlebih disebut akan memiliki peluang lebih untuk punya anak kembar. Secara khusus, kemungkinan tertinggi terjadi saat indeks massa tubuh kamu ada di atas 30.

Sebaliknya, untuk kamu yang kurus mungkin kamu harus sedikit berjuang untuk cara membuat anak kembar yah. Gagasan di balik teori ini terjadi karena faktor pertumbuhan seperti insulin dan pengaruhnya terhadap konsepsi.

Meski begitu, jangan samai ya kamu menaikan berat badan kamu di atas BMI 30 hanya karena sebagai cara membuat anak kembar. Kehamilan dengan berat badan berlebih akan menempatkannya pada kehamilan dengan risiko tinggi.
Lalu gimana sih cara membuat anak kembar? Faktor apa saja yang harus ditingkatkan?

Ilustrasi Anak Kembar

Minum Susu

Ada banyak mitos yang bilang kalau makan makanan terntu bisa sebagai cara membuat anak kembar, padahal belum ada penelitian lanjut mengenai hal tersebut.

Namun dalam ulasan sebelumnya disebut kalau konsumsi susu bisa meningkatkan kemungkinannya. Jadi, mungkin kamu mau coba minum susu sebagai cara membuat anak kembar?

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Anak Kembar Sepasang

Ilustrasi Anak Kembar

Cara membaut anakkembar mungkin bisa kamu usahakan dengan berbagai peningkatan peluang, diantarannya:


Makan Ubi

Sementara itu, makan ubi bisa sebagai cara membuat anak kembar juga lho. Ini karena di dalam ubi terdapat nutrisi yang dapat mendukung hormon, yang membantu tubuh melepaskan lebih dari satu telur dalam satu waktu.

Perawatan Kesuburan

Dengan perawatan kesuburuan dapat sebagai cara membuat anak kembar lho. Ini karena perawatan khususnya fertilisasi in vitro atau minum obat kesuburan yang merangsang ovarium untuk menyiapkan lebih dari satu folikel ovarium setiap bulan. Hasilnya adalah lebih dari satu telur dilepaskan.

Tinggi dan Berat Badan

Sebuah laporan menyebut cara membuta naka kembar sangat mungkin terjadi pada wanita yang lebih tinggi atau lebih berat, dibanding dnegan wanita yang kecil. Alasannya tidak jelas, tetapi mungkin karena nutrisi yang lebih baik . Wanita dengan berat badan lebih tinggi mungkin memiliki lebih banyak sumber daya yang tersedia untuk janin yang sedang berkembang.


Fertilisasi in vitro (IVF) juga dapat meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar.

Ahli kesehatan melakukan IVF dengan mengekstraksi sel telur wanita dan membuahinya dengan sperma donor di laboratorium untuk menghasilkan embrio. Mereka kemudian mentransfer embrio yang telah dibuahi ke dalam rahim wanita itu.

Untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan, profesional kesehatan dapat menempatkan lebih dari satu embrio ke dalam rahim. Akibatnya, ini bisa jadi cara membuat anak kembar apabila kedua embrio menanam dan berkembang dengan sukses.

Kehamilan multipel membawa risiko tambahan, sehingga profesional kesehatan biasanya akan membatasi jumlah embrio yang mereka transfer ke rahim wanita untuk mengurangi kemungkinan kehamilan dengan kembar, kembar tiga, atau lebih.

Pilih Pasanganmu

Ini memang agak unik sih karena kita kadang nggak bisa memilih untuk jatuh cinta dengan siapa, yekan? Tapi kalau kamu memang ingin sekali mencari cara membuat anak kembar, maka nggak ada salahnya juga sih memilih pasangan yang sudah punya genetika kembar.

Lalu gimana dong kalau kamu ingin punya anak kembar dengan jenis kelamin tertentu?

Jadi, ilmu pengetahuan saat ini masih belum bisa memastikan gimana caranya membauyt anak kembar dengan jenis kelamin teretntu, juga cara membuat anak dengan jenis kelamin tertentu. Banyak mitos yang beredar, namun tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Ini karena gerakan sperma X dan gerakan sperma Y masih tidak bisa dikonfirmasi perbedaannya, sehingga cara membuat anak kembar atau tidak dengan jenis kelamin tertentu juga belum bisa diketahui.

Beri Komentar