Cara Membuat Anak Kembar Perempuan dan Laki-Laki

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 1 Februari 2020 11:58
Cara Membuat Anak Kembar Perempuan dan Laki-Laki
Siapa sih yang bisa menolak pesona seorang anak, apalagi kalau jumlahnya ada dua! Yuk intip gimana cara membuat anak kembar, dan anak laki-laki maupun perempuan.

Siapa sih yang bisa menampik kalau anak kembar tuh lucu banget? Walaupun itu juga berarti energi, mental dan materi untuk kebutuhan anak harus double juga. Sebelum kamu mencari cara membuat anak kembar dan mendapatkannya, sebagai orang tua kamu harus paham dulu gimana untuk tetap memberikan yang terbaik bagi mereka.

Beberapa orang mengusahakan cara membuat anak kembar dengan berbagai alasan, misalnya biar kehamilan dan proses melahirkan hanya terjadi dalam satu kali untuk mendapatkan dua anak, atau karena ingin mempersingkat jarak antara orang tua dan kedua anaknya.

Meski punya anak kembar terlihat hanya seabgai faktor keberuntungan dan tidak diduga, sebenarnya cara membuat anak kembar masih bisa diusahakan kok. Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Anak Kembar

ilustrasi anak kembar

Kembar bisa terjadi ketika dua telur yang terpisah dibuahi di dalam rahim atau ketika satu telur yang dibuahi terbagi menjadi dua embrio. Nggak cuman terjadi secara kebetulan, sebenarnya ada banyak faktor yang memperngaruhinya. Apa saja?

Riwayat Anak Kembar

Kamu bisa punya peluang untuk hamil ana kembar ketika punya riwayat ini, dan angkanya akan lebih tinggi bila terjadi pada keluarga istri.

Mengapa? Salah satu alasannya yakni karena hiperovulasi, yakni situasi di mana tubuh melepaskan dua atau lebih sel telur selama ovulasi, yang pada dasarnya menjadi syarat cara membuat anak kembar itu sendiri.

Hiperovulasi tersebut diturunkan melalui DNA, yang artinya kalau ibu dari pihak istri punya anak kembar atau istrinya sendiri merupakan anak kembar, maka peluang hamil kembar akan semakin tinggi.

Umur

Kalau kamu hamil saat berusia di atas 35 tahun, maka kemungkinkan untuk hamil anak kembar akan jauh lebih besar daripada saat hamil di umur sebelumnya. Mengapa? Ini karena semakin mendekati monopause, terjadi perubahan hormon yang dapat mendorong tubuh melepaskan lebih dari satu sel telur selama ovulasi.

Nah, pas banget kan karena dalam cara membuat anak kembar memang dibutuhkan dua sel telur untuk dibuahi sekaligus.

Ilustrasi Bayi

Berat Badan

Wanita yang punya berat badan berlebih disebut akan memiliki peluang lebih untuk punya anak kembar. Secara khusus, kemungkinan tertinggi terjadi saat indeks massa tubuh kamu ada di atas 30.

Sebaliknya, untuk kamu yang kurus mungkin kamu harus sedikit berjuang untuk cara membuat anak kembar yah. Gagasan di balik teori ini terjadi karena faktor pertumbuhan seperti insulin dan pengaruhnya terhadap konsepsi.

Meski begitu, jangan samai ya kamu menaikan berat badan kamu di atas BMI 30 hanya karena sebagai cara membuat anak kembar. Kehamilan dengan berat badan berlebih akan menempatkannya pada kehamilan dengan risiko tinggi.

2 dari 4 halaman

 Lalu gimana sih cara membuat anak kembar? Faktor apa saja yang harus ditingkatkan?

Minum Susu

Ada banyak mitos yang bilang kalau makan makanan terntu bisa sebagai cara membuat anak kembar, padahal belum ada penelitian lanjut mengenai hal tersebut.

Namun dalam ulasan sebelumnya disebut kalau konsumsi susu bisa meningkatkan kemungkinannya. Jadi, mungkin kamu mau coba minum susu sebagai cara membuat anak kembar?

Makan Ubi 

Sementara itu, makan ubi bisa sebagai cara membuat anak kembar juga lho. Ini karena di dalam ubi terdapat nutrisi yang dapat mendukung hormon, yang membantu tubuh melepaskan lebih dari satu telur dalam satu waktu.

Perawatan Kesuburan

Dengan perawatan kesuburuan dapat sebagai cara membuat anak kembar lho. Ini karena perawatan khususnya fertilisasi in vitro atau minum obat kesuburan yang merangsang ovarium untuk menyiapkan lebih dari satu folikel ovarium setiap bulan. Hasilnya adalah lebih dari satu telur dilepaskan.

Pilih Pasanganmu

Ini memang agak unik sih karena kita kadang nggak bisa memilih untuk jatuh cinta dengan siapa, yekan? Tapi kalau kamu memang ingin sekali mencari cara membuat anak kembar, maka nggak ada salahnya juga sih memilih pasangan yang sudah punya genetika kembar.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Anak Perempuan

Ilustrasi anak kembar

Ada banyak alasan kenapa seseorang pengen banget sampe cari informasi cara membuat anak perempuan. Alasannya bisa sangat variasi dan bersifat personal. Sebelum beranjak dalam cara membuat anak laki-alaki atau perempuan, kenali dulu yuk tentang apa yang membuat sebuah pembuahan menghasilkan anak laki-laki maupun perempuan.

Jadi begini ceritanya. Jenis kelamin bayi dipengaruhi oleh kromosom pembawanya, yakni kromosom X untuk perempuan dan Y untuk laki-laki. Sel telur membawa kromosom X, sedangkan sel sperma memabawa kromosom X dan Y.

Nah, kalau sel sperma dengan kromosom Y membuahi sel telur, maka akan terbentuk kromosom XY yang mengekspresikan bayi laki-laki. Sedangkan sel sperma dengan kromosom X yang bertemu dengan sel telur X akan membentuk XX yang mengekspresikan kromosom bayi perempuan.

Dengan teori tersebut maka asumsinya adalah jumlah bayi laki-laki yang lahir akan sama banyaknya dengan jumlah bayi perempuan. Tapi nggak bisa sepenuhnya seperti itu, karena dinamikan pemilihan jenis kelamin ini sangat sulit ditentukan dan dipengaruhi oleh banyak faktor yang sebagian besar tidak diketahui.

Hingga saat ini, rasio pertumbuhan antara kedua gender masih unggul di kelamin laki-laki. Meski begitu bukan berarti peluang kamu untuk mendapatkan anak perempuan jadi lebih sedikit ya, karena dalam proses pembentukan kromosom yang menentukan jenis kelamin bayi, keduanya dalam proporsi peluang yang sama.

Lalu, apakah ada hal yang harus dilakukan sebagai cara membuat anak agar dia terlahir laki-laki dan perempuan?

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Anak Laki-Laki

Berikut faktor yang sering disebut sebagai cara membaut anak agar terlahir laki-laki atau perempuan.

Posisi Berhubungan

Sebuah mitos menyebut kalau posisi berhubungan dapat digunakan sebagai cara membuat anak laki-laki maupun perempuan. Misalnya, menggunakan posisi yang memungkina sperma dekat dengan leher rahim akan memberikan kesempatan bagi sperma dengan kromosom Y berenang lebih cepat, sehingga lahirlah anak laki-laki.

Nah, kalau kamu ingin cara membuat anak perempuan, maka harus mencoba posisi misonaris sehingga sperma akan disimpan lebih jauh dari serviks, di mana lingkungan tersebut sedikit lebih asam.

Faktanya, menurut verywellfamily.com, posisi seksual tidak mempengaruhi seberapa cepat sel sperma tertentu sampai ke sel telur. Apalagi sel sperma Y tidak berenang lebih cepat dari sel sperma pembawa X.

Waktu Berhubungan

Menurut metode Shettel, cara membuat anak laki-laki bisa dilakukan dengan berhubungan sedekat mungkin dengan masa ovulasi, yakni 12 jam sebelum ovulasi terjadi. Lalu cara membuat anak perempuan yakni dengan melakukan hubungan seksual segera setelah menstruasi berakhir, hingga dua hingga empat hari sebelum ovulasi.

Nah, ada pula metode Dr. Whelan yang menyatakan sebaliknya.

Masalahnya adalah, cara membuat anak dengan penghitungan 12 jam sebelum ovulasi ini sedikit susah karena belum ada penghitungan ovulasi yang okurat. Sedangkan cara membuat anak dengan berhubungan di dua hari sebelum ovulasi, dan menghindarinya saat produksi lendir sedang tinggi, justru malah terjadi penurunan kemungkinan hamil.

Ilustrasi Bayi Flu

Orgasme

Mitos menyebut kalau orgasme bisa sebagai cara membuat anak laki-laki, karena berpengaruh pada gerakan sel sperma pembawa kromosom Y.

Namun faktanya, cara membuat anak dengan jenis kelamin tertentu menggunakan metode ini tidak sepenuhnya bisa dipertanggung jawabkan, karena lagi lagi sperma pembawa kromosom Y tidak diketahui apakah bisa berenang lebih cepat dibanding kromosom X.

Lebih lanjut, belum ada penelitian apakah orgasme akan berpengaruh pada cara membuat anak.

Ilustrasi Bayi Tidur

Jenis Makanan

Ada banyak teori yang menyebutkan konsumsi makanan ternetu sebagai cara membuat anak. Misalnya, makanan tinggi kalori sebagai cara membuat anak laki-laki dan diet rendah kalori sebagai cara membuat anak perempuan.

Nah, studi ini didasarkan pada kondisi ketika populasi sedang mengalami perang dan kelaparan. Sedangkan terjadi pergeseran hasil saat periode yang lain.

Ditambah, belum ada penelitian yang menunjukkan bahkan kalori dan kandungan lemak yang kamu makan bisa sebagai cara membuat anak laki-laki maupun perempuan.

Teori pH Makanan

Katanya sih, cara membaut anak-laki maupun perempuan bsia berdasarkan pada pengaturan asam dalam tubuh, melalui apa yang kamku makan. Asam dapat sebagai cara membaut anak perempuan sedangkan basa bisa sebagai cara membuat anak laki-laki.

Teori ini berdasarkan hasil studi di laboratorium dengan melihat gimana sih sel sperma bereaksi dalam paparan lingkungan tertentu. memang benar, dalam kondisi asam, kromosom X sebagai cara membaut naka perempuan lebih bsia bertahan.

Tapi sekali lagi, cara membuat anak dengan gender tertentu dengan metode ini hampir mustahil dilakukan. Mengapa?

Pertama, karena hampir nggak mungkin memprediksi bagaimana sel sperma akan bereaksi dalam lingkungan alami berdasarkan apa yang terjadi pada penelitian in vivo.

Yang kedua yakni tubuh kamu punya kecenderungan untuk mempertahankan pH tertentu untuk maksud kesehatan tubuh. Tingkat pH kamu akan berubah berdasarkan hormon dan bervariasi dari siklus menstruasi kamu, waktu, tingkat stres, dan banyak faktor lainnya.

 

Beri Komentar