6 Cara Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama, Rasa Tetap Lezat dan Tidak Mudah Basi

Reporter : Arifina
Selasa, 14 Mei 2024 19:07
6 Cara Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama, Rasa Tetap Lezat dan Tidak Mudah Basi
Begini cara menyimpan rendang biar tahan lama dan tidak mudah basi.

Cara menyimpan rendang agar tahan lama perlu diperhatikan dengan seksama. Sebab, jika asal kamu justru akan mendapati masakan yang cepat basi, berlendir, dan bau.

Rendang salah satu hidangan khas Sumatera Barat yang terkenal dengan kelezatannya dan kaya rempah. Khas daging sapi yang juicy berpadu dengan bumbu rempah lezat menjadikannya sebagai salah satu makanan yang tak bisa dilewatkan di berbagai kesempatan.

1 dari 7 halaman

Cara Menyimpan Rendang Agar Tahan Lama

Rendang sering kali dimasak dalam jumlah besar untuk acara tertentu atau momen perayaan besar seperti Hari Raya Idul Fitri. Karena itu, terkadang olahan daging satu ini membutuhkan metode penyimpanan yang tepat agar tetap lezat dan tahan lama saat dikonsumsi dalam jangka Waktu Panjang.

Nah, menyimpan rendang sisa memang tidak bisa asal begitu saja. Ada beberapa cara penyimpanan yang tepat agar makanan olahan daging ini bisa tahan lama berminggu-minggu dan tetap lezat. Simak yang berikut!

2 dari 7 halaman

Masak Rendang Hingga Kering

Proses memasak rendang harus diperhatikan agar penyimpanannya tidak terkendala. Jadi, sebelum mulai menyimpan rendang pastikan kamu sudah memasaknya hingga benar-benar matang dan kering.

Umumnya, untuk mencapai tekstur kering rendang dimasak selama kurang lebih 8 jam. Rendang yang dimasak setengah matang akan lebih mudah basi. Kuah santan yang dimasak dalam Waktu yang lama menjadi tidak berbau tengik dan berubah menjadi minyak jika disimpan di Waktu yang lama.

Bahkan, kamu tetap bisa membiarkan penyimpanan di suhu ruangan saja dengan proses memasak rendang kering seperti ini. Rendang yang dibiarkan hingga kering akan awet sekitar 4-5 hari di suhu ruangan.

Sehingga, jika disimpan cukup lama di kulkas rendang juga tetap terasa lezat dan nikmat lho!

3 dari 7 halaman

Jangan Simpan dalam Keadaan Panas

Ilustrasi Rendang Sapi

Ini salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum menyimpan rendang. jangan asal memasukkannya dalam kulkas dalam kondisi panas setelah dimasak.

Menyimpan rendang dalam kondisi panas di dalam kulkas justru membuat umur kesegarannyanya lebih pendek. Maka, setelah memasak atau menghangatkan rendang sebaiknya tunggu sampai benar-benar dingin di suhu ruangan.

Setelah itu, baru masukkan rendang ke dalam kulkas agar bisa dikonsumsi di lain Waktu dan tetap lezat.

4 dari 7 halaman

Gunakan Wadah Kedap Udara

Sebelum menyimpan rendang ke dalam kulkas, pastikan untuk memindahkannya ke dalam wadah kedap Udara terlebih dahulu. Wadah yang ideal untuk menyimpan rendang adalah wadah plastik atau kaca yang memiliki tutup rapat.

Hal ini untuk mencegah udara masuk ke dalam wadah dan membuat rendang menjadi basi. Selain itu, cara ini untuk menjaga aroma rendang tetap bisa terjaga dengan baik.

Rendang yang disimpan dalam wadah kedap Udara juga tidak akan tercampur dengan aroma bahan masakan lain di dalam kulkas yang bisa membuat cepat basi.

5 dari 7 halaman

Simpan Rendang dalam Kemasan Kecil

Tips Memasak Rendang Agar Cepat Empuk

Alih-alih menyimpan rendang dalam wadah atau tempat besar sekaligus, lebih baik simpan dalam kemasan kecil. Kamu bisa menggunakan plastic pembungkus makanan atau wadah kecil yang memiliki penutup kedap Udara.

Menyimpan rendang dalam kemasak kecil akan membuatnya tetap terjaga kesegarannya an tahan lama. Kamu juga tak perlu mengeluarkan seluruh rendang yang ingin dikonsumsi dalam sekali makan saja saat akan menghangatkannya.

Cukup keluarkan satu plastic kecil sesuai kebutuhan yang digunakan. Sehingga, rendang yang tersimpan dalam kulkas juga lebih awet dan tidak mudah basi karena terlalu sering dibuka tutup.

6 dari 7 halaman

Jauhkan dari Makanan Lain

Ini penting diperhatikan untuk membuat rendang tetap tahan lama dan tidak mudah basi. Pastikan kamu menyimpan rendang berjauhan dengan bahan makanan lainnya di dalam kulkas ataupun freezer.

Usahakan kamu simpan rendang di salah satu rak khusus yang hanya berisi rendang saja. Meski sudah ditempatkan dalam wadah kedap udara, cara ini untuk mempertahankan roma dan kualitas rendang.

Dengan cara ini kamu bisa mendapati olahan rendang lebih tahan lama dan lezat sempurna.

7 dari 7 halaman

Simpan dalam Freezer

Tips Memasak Rendang Kering

Untuk rendang yang lebih awet dan tahan lama kamu bisa juga menyimpannya di dalam freezer. Apalagi, jika kamu memang tidak akan segera mengkonsumsinya.

Penyimpanan rendang di dalam freezer akan menjadikannya awet hingga berbulan-bulan. Masukkan saja rendang ke dalam wadah plastic yang tertutup rapat, kemudian letakkan dalam freezer.

Itulah beberapa cara menyimpan rendang agar tahan lama yang bisa kamu terapkan di rumah. Kini, tak perlu khawatir olahan rendang buatanmu cepat basi dengan menerapkan cara-cara di atas ya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar