Cara Merawat Gigi Berlubang, Berbehel, Palsu, dan Tambalan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 3 Februari 2020 16:23
Cara Merawat Gigi Berlubang, Berbehel, Palsu, dan Tambalan
Perawatan gigi yang benar berkontribusi pada kesehatan gigi, gusi, dan mulut, lho!

Nggak cuman untuk mencegah gigi berlubang dan masalah gigi lainnya, perawatan gigi justru harus lebih ditingkatkan bila kondisinya di luar normal. Misalnya, saat kondisi berlubang, berbehel, tambalan atau untuk gigi palsu.

Dengan merawat gigi, mulut dan gusi, artinya kamu memperhatian perawatan diri kamu sendiri. Perawatan tersebut sangat berkontribusi dalam mencegah bau mulut, kerusakan gigi awal dan lebih lanjut, serta pemyakit gusi. Hal-hal tersebut juga bisa berkontribusi pada sehtanya gigi kamu sampia tua nanti, jaid nggak masalah deh walau sudah tua tapi masih bisa makan kerupuk!

 

1 dari 4 halaman

Cara Merawat Gigi Berlubang

Ilustrasi sikat gigi


Kalau kamu punya masalah dengan gigi berlubang, maka kamu harus segera melakukan identifikasi sebelum menimbulkan gejala yang mengganggu dan menyebabkan masalah yang lebih serius. Dalam cara merawat gigi berlubang, semakin cepat kamu mencari perawatan, maka semakin baik peluang kamu untuk membalik tahap awal kerusakan gigi dan mencegah perkembangannya.

Bahkan nih dalam cara merawat gigi berlubang, saat lubang tersebut dirawat sebelum mulai menimbulkan rasa sakit, maka kamu mungkin tidak perlu perawatan yang luas.

Beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan dalam cara merawat gigi berlubang.

Perawatan Flouride

Kalau lubang baru saja terbentuk, cara merawat gigi yang bisa kamu lakukan yakni dengan perawatan flouride. Perawatan ini dapat membantu mengembalikan enamel gigi kamu dan dan kadang-kadang dapat membalikkan rongga pada tahap awal. Nggak cukup dari pasta gigi lho ya, cara merawat gigi dengan flouride dilakukan oleh praktisi gigi profesional. Ini karena flouride yang dibutuhkan nggak bisa dicukupi oleh pasta gigi, dan obat kumur.

Cara merawat gigi dengan flouride bisa berupa cairan, gel, busa atau pernis yang disikat ke gigi Anda atau ditempatkan di nampan kecil yang pas di gigi kamu.

Penambalan

Sering dengar kan cara merawat gigi dengan memberikan tambalan? Nah, ini merupakan opsi pertama yang dilakukan pembusukan telah berkembang melampaui tahap awal. Tambalan terbuat dari berbagai bahan, seperti resin komposit berwarna gigi, porselen atau amalgam gigi yang merupakan kombinasi dari beberapa bahan.

Mahkota

Untuk cara merawat gigi yang telah melalui kerusakan yang ekstensif atau gigi yang lemah, bisa dilakukan dengan pemberian mahkota gigi. Yakni, penutup khusus yang menggantikan seluruh mahkota alami gigi kamu.

Cara merawat gigi dengan mahkota dilakukan dengan mengeringkan semua bagian gigi yang rusak dan sisa gigi kamu untuk memastikan kecocokan dengan gigi. Mahkota ini bisa dibuat dari emas, porselen berkekuatan tinggi, resin, porselen yang menyatu dengan logam atau bahan lainnya.

Perawatan Saluran Akar

Saat pembusukan gigi sudah sampai bahan bagian dalam gigi kamu, kamu mungkin membutuhkan perawatan saluran akar. Caa merawat gigi yang ini dilakukan dengan memperbaiki dan menyelamatkan gigi yang rusak parah atau terinfeksi alih-alih mencabutnya.

Pulpa gigi yang sakit dihilangkan. Obat kadang-kadang dimasukkan ke saluran akar untuk menghilangkan infeksi, kemudian pulp diganti dengan tambalan.

Mencabut Gigi

Pencabutan ini sebgaia cara merawat gigi berlubang yang terakhir, karena kondisi gigi yang sudah tidak memungkinkan untuk dipulihkan. 

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Gigi Berbehel

Kawat Gigi

Membehel gigi dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah bentuk gigi. Memang sih harganya mahal, tapi hasilnya bisa sangat memuaskan. Selain itu dalam cara merawat gigi berbehel, penting untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi serta membatasi makanan yang dapat merusak behel gigi kamu.

Secara lebih lanjut, gimana sih cara merawat gigi berbehel?

Pilih Sikat, Pasta Gig dan Produk Perawatan Gigi yang Tepat
Segera setelah memakai behel, dokter gigi kamu pasti akan menyarankan penggunaan sikat gigi dan pasta gigi apa saja dalam cara merawat gigi berbehel kamu.

Sikat gigi yang kamu gunakan untuk gigi berbehel, akan beda dengan sikat gigi saat tanpa memakai behel. Karena kamu harus berhati-hati untuk menghindari putusnya kawat logam atau mencabut braket, sambil tetap melepaskan semua partikel makanan yang tertinggal.

 Floss Gigi Setidaknya Sehari Sekali

Cara merawat gigi dengan benang dilakukan untuk mencegah masalah seperti kerusakan gigi dan bau mulut. Ini karena flossing bisa menjangkau daerah-daerah yang tidak bisa dilewati oleh sikat gigi karena penggunaan behel.

Flossing sebagai cara merawat gigi sebaiknya nggak boleh kamu lewatkan, meskipun membutuhkan lebih banyak waktu dengan kawat gigi Anda.

Tambah dengan Obat Kumur

Obar kumur penting dalam cara merawat gigi, karena akan melakukan pembersihan yang optimal dan nafas yang segar. Tapi penting diingat untuk memilih jenis yang nggak berwarna merah atau hijau terang yang dapat menghitamkan bahan logam atau karet dari kawat gigi kamu.

Pilih Makanan dengan Hati-Hati

Dalam cara merawat gigi berbehel, kamu harus berhati-hati dalam memilih makanan untuk melindungi kawat dan braketmu. Biasanya, makanan yang harus kamu hindari diantaranya makan apel dengan emnggigitnya langsung, keripik, daging yang keras.

Kontrol Gigi secara Teratur

Saat memakai behel, kamu pasti akan diberikan jadwal untuk kontrol oleh dokter gigi kamu. Fungsinya untuk melakukan pengaturan kawat gigi. Setiap kali melakukan kontrol kawat gigi, rasanya emmang nggak nyaman banget kok di gigi dan gusi. Tapi ini penting kamu lakukan dalam cara merawat gigi.

Selain biar tujuan penggunana kawat tersebut cepat tercapai, juga biar bisa mendeteksi dini adanya masalah pada kawat, misalnya putus, terlepas, miring, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Gigi Palsu

Ilustrasi Gigi

Banyak orang memakai gigi palsu untuk menggantikan gigi yang hilang. Inidilakukan biar mereka dapat tetap menikmati makanan yang sehat dan tersenyum dengan penuh percaya diri. Gigi palsu ini biasanya terbuat dari plastik ataupun logam, bisa berupa gigi palsu sebagai atau menyeluruh di satu sisi rahang.

Begini lho cara merawat gigi paslu yang bisa kamu lakukan:

Membersihkan Gigi Palsu

Aturan umum dalam cara merawat gigi paslu yakni dengan ikat dan rendam setiap hari. Sikat gigi palsu kamu terlebih dahulu, untuk membantu menghilangkan sedikit makanan. Gunakan pembersih gigi tiruan non-abrasif yah, bukan pasta gigi. Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak menggosok terlalu keras karena ini dapat menyebabkan lekukan di permukaan gigi.

Dilansir dari dentalhealth.com, pastikan kamu menyikat semua permukaan gigi palsu, termasuk permukaan yang pas dengan gusi kamu.

Merendam Gigi Palsu

Rendam gigi palsu kamu setiap hari dalam larutan pembersih gigi tiruan untuk membantu menghilangkan noda plak dan membandel yang tersisa. Ini juga akan membantu mendisinfeksi gigi palsu kamu, membuat mereka merasa lebih segar. 

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Gigi Tambalan

Ilustrasi Dokter Gigi

Kamu pasti tahu deh mengapa gigi perlu ditambal. Nggak cuman untuk gigi berlubang, tambalan ini juga digunakan untuk memperbaiki gigi yang retak atau patah dan gigi yang telah aus.

Cara merawat gigi yang ditambal nggak jauh berbeda dengan cara merawat gigi yang diperlukan untuk mencegah gigi berlubang. Apa saja?

  • Sikat secara menyeluruh setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, dan benang setiap hari
  • Batasi camilan manis dan lengket
  • Bilas dengan obat kumur terapeutik bebas alkohol untuk mengurangi bakteri mulut
  • Jangan menggunakan produk tembakau, dan batasi makanan yang bernoda (seperti kopi dan teh.
  • Pilihlah air daripada minuman asam seperti soda dan jus
  • Hindari menggigit makanan keras dan mengunyah es

Beri Komentar