9 Cara Merayakan Hari Anak Nasional 2024 yang Kreatif dan Edukatif

Reporter : Yoyok
Selasa, 23 Juli 2024 13:36
9 Cara Merayakan Hari Anak Nasional 2024 yang Kreatif dan Edukatif
Hari Anak Nasional jatuh di tanggal 23 Juli. Banyak orang yang mencari ide tentang kegiatan apa yang bisa dilakukan di hari tersebut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan demi merayakan Hari Anak Nasional di tahun 2024 ini. Seperti kita semua tahu, Hari Anak Nasional ditetapkan setiap tanggal 23 Juli.

Hari ini ditetapkan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hak-hak anak serta memastikan kesejahteraan dan perkembangan si kecil. Presiden Soeharto yang menetapkan Hari Nasional jatuh pada tanggal 23 Juli di tahun 1984. Tanggal 23 Juli dipilih karena bertepatan dengan disahkannya Undang-Undang Perlindungan Anak No. 4 Tahun 1979.

Tidak sedikit mereka yang merayakan Hari Raya Nasional dengan mengadakan berbagai kegiatan. Buat kamu yang masih belum menemukan ide, berikut ini adalah beberapa cara dalam merayakan Hari Raya Nasional di tahun 2024 ini.

1 dari 5 halaman

Cara-cara Merayakan Hari Anak Nasional 2024

Cara Merayakan Hari Anak Nasional 2024© shutterstock.com

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam merayakan Hari Anak Nasional di tahun 2024 ini. Cara-cara yang bisa dilakukan sepatutnya harus berbau edukatif serta menyenangkan untuk anak-anak. Berikut ini adalah beberapa cara tersebut.

Mengadakan Acara Komunitas

Cara pertama dalam merayakan Hari Anak Nasional 2024 yaitu dengan mengadakan acara komunitas. Organisir acara di komunitas atau lingkungan tempat tinggal seperti permainan tradisional, pertunjukan seni, atau kompetisi olahraga. nantinya acara-acara tersebut pesertanya adalah anak-anak.

Kegiatan Sekolah

Sekolah dapat mengadakan acara khusus seperti lomba mewarnai, lomba bercerita, atau pertunjukan bakat anak-anak. Tidak hanya jadi aktif, anak-anak juga jadi tahu kapan Hari Anak Nasional tersebut dirayakan.

2 dari 5 halaman

Cara Merayakan Hari Anak Nasional 2024© shutterstock.com

Kunjungan Edukatif

Mengatur kunjungan ke tempat-tempat edukatif seperti museum, kebun binatang, atau perpustakaan. Tidak hanya mendapat pengetahuan baru, anak-anak juga makin semangat karena mengunjungi tempat yang dirasa seperti liburan.

Berkreasi di Rumah

Melakukan keegiatan di rumsah saja juga bisa menjadi cara dalam merayakan Hari Anak Nasional 2024 lho. Ajak anak-anak untuk melakukan kegiatan kreatif di rumah seperti membuat kerajinan tangan, memasak bersama, atau menonton film edukatif. Anak pun bisa merasa aktif saat di rumah.

3 dari 5 halaman

Cara Merayakan Hari Anak Nasional 2024© shutterstock.com

Kegiatan Sosial

Ajak anak-anak untuk berbagi dengan mengunjungi panti asuhan atau mengadakan kegiatan sosial untuk anak-anak yang kurang beruntung. Kegiatan seperti ini nantinya akan menumbuhkan rasa empati pada anak.

Workshop dan Seminar

Mengadakan workshop atau seminar yang berkaitan dengan perkembangan anak, kesehatan mental, dan pendidikan anak. Para orang tua pun juga harus melek bagaimana memantau perkembangan dan kondisi anak di zaman sekarang.

4 dari 5 halaman

Cara Merayakan Hari Anak Nasional 2024© shutterstock.com

Pentas budaya

Cara selanjutnya dalam merayakan Hari Anak Nasional 2024 yaitu dengan mengadakan pentas budaya. Pentas budaya dapat mengasah kreativitas anak-anak serta si kecil akan lebih mengenal budayanya.

Bazar Buku

Buku sudah lama menjadi sumber informasi yang diandalkan banyak orang. Mengadakan bazar buku di sekolah sering kali diadakan dalam merayakan Hari Anak Nasional.

5 dari 5 halaman

Cara Merayakan Hari Anak Nasional 2024© shutterstock.com

Aktivitas Outdoor

Mengajak anak-anak untuk bermain di luar, seperti piknik keluarga, hiking, atau camping. Aktivitas outdoor juga bisa dilakukan pihak sekolah lho.

Itulah beberapa cara dalam merayakan Hari Anak Nasional 2024. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar