9 Ciri Bangunan Gagal Struktur, Waspadai Tanda-Tanda Bahaya!

Reporter : Arifina
Jumat, 9 Agustus 2024 16:17
9 Ciri Bangunan Gagal Struktur, Waspadai Tanda-Tanda Bahaya!
Jangan nunggu roboh! Penting banget lho untuk mengenali ciri bangunan gagal struktur. Biar bisa diantisipasi lebih awal dan aman.

Ada beberapa ciri bangunan gagal struktur yang perlu diperhatikan bagi pemilik rumah. Hal ini penting agar kamu sebagai pemilik bangunan bisa selalu merasa aman setiap saat.

Gagalnya struktur bangunan ini kondisi di mana bangunan tidak lagi mampu menahan beban yang seharusnya ditopang. Sehingga bisa menyebabkan kerusakan atau bahkan runtuhnya bangunan tersebut.

Hal ini tentu sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kerugian yang besar, baik materi maupun nyawa. Karena itu, sangat penting untuk mengenali ciri-ciri bangunan yang mengalami kegagalan struktur agar tindakan pencegahan atau perbaikan bisa segera dilakukan.

1 dari 11 halaman

Penyebab Bangunan Gagal Struktur

Ciri Bangunan Gagal Struktur

© 2024 freepik.com/brgfx

Kegagalan struktur bangunan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Di antaranya sebagai berikut:

Kesalahan Desain

Kesalahan dalam perhitungan beban dan penggunaan material yang tidak sesuai dengan spesifikasi desain dapat mengakibatkan kegagalan struktur.

Kualitas Material yang Buruk

Penggunaan material berkualitas rendah atau material yang tidak sesuai standar dapat mengurangi kekuatan struktural bangunan.

 

2 dari 11 halaman

Konstruksi yang Tidak Sesuai Standar

Proses konstruksi yang tidak mengikuti prosedur standar, seperti pengecoran yang tidak sempurna atau pengawasan yang kurang, bisa memicu kegagalan struktur.

Kondisi Alam yang Ekstrem

Gempa bumi, banjir, dan tanah longsor merupakan beberapa kondisi alam yang dapat menyebabkan kegagalan struktur pada bangunan.

Usia Bangunan

Bangunan yang sudah tua dan tidak pernah dilakukan perawatan atau peremajaan secara berkala berpotensi mengalami kegagalan struktur karena materialnya yang sudah melemah.

3 dari 11 halaman

Ciri Bangunan Gagal Struktur

Berikut beberapa ciri bangunan mengalami kegagalan struktur yang harus diwaspadi, sebagai berikut:

Retakan pada Dinding dan Kolom

Retakan pada dinding dan kolom merupakan tanda awal kegagalan struktur yang sering ditemui. Retakan ini bisa muncul akibat tekanan berlebihan pada material bangunan, atau karena pergeseran struktur bangunan.

Retakan kecil yang muncul secara vertikal atau horizontal pada dinding dan kolom bisa menjadi indikasi adanya masalah pada struktur utama bangunan. Biasanya, retakan ini muncul di area kritis seperti sambungan antara dinding dan lantai, atau di sekitar bukaan seperti pintu dan jendela.

 

4 dari 11 halaman

Rayap

Ciri Bangunan Gagal Struktur

© 2024 freepik.com/brgfx

Hewan kecil satu ini patut diwaspadai lho! Sebab, rayap meski kecil dapat menggerogoti struktur rumah.

Biasanya, rayap akan menggerogoti struktur balok kayu penyangga, tiang dinding, dan banyak lagi. Nah, hal ini jika dibiarkan secara terus menerus justru akan menyebabkan kerusakan strktural yang signifikan pada rumah.

Beberapa area gagalnya structural karena rayap meliputi plafon atau lagit-langit hingga retakan dinding. Jika rumah diserang rayap dan tidak ditangani bisa menjadikan tidak bisa ditinggali.

 

5 dari 11 halaman

Perubahan Bentuk (Deformasi) pada Struktur

Deformasi atau perubahan bentuk pada elemen struktural, seperti kolom atau balok yang melengkung, adalah indikasi bahwa komponen tersebut sudah tidak mampu lagi menahan beban.

Deformasi bisa terjadi akibat penurunan kualitas material atau karena desain yang tidak sesuai dengan beban yang harus ditanggung.

Hal itu biasa terjadi pada lantai yang tidak rata atau miring. Tentunya, jika menemui ciri-ciri area rumah yang mengalami kerusakan harus segera diperbaiki ya!

 

6 dari 11 halaman

Penurunan atau Amblesnya Lantai

Lantai yang ambles atau tidak rata merupakan salah satu tanda adanya masalah pada fondasi bangunan. Nah, penurunan ini biasanya terjadi karena tanah di bawah fondasi tidak stabil.

Bisa juga, penurunan lantai ini terjadi karena fondasi tidak didesain dengan baik untuk menahan beban bangunan. Penyebab lainnya, ada kondisi balok lantai rusak.

Jika tidak segera ditangani, hal ini bisa menyebabkan kegagalan struktur secara menyeluruh.

 

7 dari 11 halaman

Munculnya Korosi pada Elemen Logam

Ciri Bangunan Gagal Struktur

© 2024 freepik.com/brgfx

Pada bangunan yang menggunakan elemen logam seperti besi atau baja, korosi dapat menjadi tanda awal kegagalan struktur. Hal ini menjadi salah satu yang harus diperhatikan di area rumah.

Korosi mengurangi ketahanan logam terhadap beban. Apabila kondisi ini dibiarkan, bisa menyebabkan elemen logam tersebut patah atau hancur.

Biasanya, korosi terjadi akibat paparan air atau kelembapan yang berlebihan.

 

8 dari 11 halaman

Kondisi Lantai Bawah Basah

Sudahkah kamu rutin memeriksa kondisi lantai di rumah? Nah, kiranya hal itu juga menjadi salah satu perhatian untuk mencegah adanya kegagalan struktur bangunan ya!

Jika lantai Bawah mengalami penguapan dan basah, maka kondisinya akan lembab dan menumbuhkan jamur, Hal ini nantinya akan mempengaruhi struktur bangunan menjadi rusak.

Kelembapan ini dapat menyebabkan busuk dan area menjadi rusak.

 

9 dari 11 halaman

Muncul Bunyi-Bunyi Aneh pada Bangunan

Pernahkah kalian mendengar bunyi-bunyi aneh di area bangunan rumah? Biasanya bunyi itu berupa retakan atau gesekan yang terdengar dari dalam dinding atau lantai.

Hal ini bisa menjadi indikasi ada elemen struktural yang mengalami stres berlebihan. Sehingga, ini juga bisa menjadi salah satu ciri kegagalan struktur bangunan.

Bunyi ini sering kali disebabkan oleh pergerakan elemen struktural yang tidak seharusnya terjadi, misalnya karena gesekan antar material yang sudah mulai lepas atau bergeser.

 

10 dari 11 halaman

Kerusakan pada Finishing

Ciri Bangunan Gagal Struktur

© 2024 freepik.com/wirestock

Kerusakan pada finishing struktur bangunan juga penting untuk dierhatikan. Di antaranya, bagian lapisan akhir seperti keramik, plafon, atau cat pada dinding.

Jika keramik retak, plafon melengkung, atau cat yang mengelupas, maka bisa jadi itu salah satu tanda adanya permasalahan struktural di bawah permukaan.

Meskipun kerusakan ini tampak sepele, tetapi jika terjadi secara merata dan terus-menerus, perlu diwaspadai sebagai gejala awal kegagalan struktur.

 

11 dari 11 halaman

Perubahan Struktur Bangunan Tiba-Tiba

Perubahan yang terlihat jelas pada struktur bangunan juga bisa menjadi salah satu ciri kerusakan. Misalnya, kamu tiba-tiba menjumpai miringnya bangunan, pergeseran elemen struktural yang tidak lagi sejajar, atau bahkan keruntuhan sebagian dari bangunan.

Nah, itu semua adalah tanda-tanda kegagalan struktur yang paling serius. Pada tahap ini, bangunan sudah berada dalam kondisi kritis dan memerlukan tindakan segera untuk perbaikan.

Itulah beberapa ciri bangunan gagal struktur yang perlu diketahui dan dipahami. Mendeteksi ciri-cirinya lebih awal sangat penting untuk kerusakan yang lebih parah dan menjaga keselamatan penghuni bangunan. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar