Fakta Seputar Linea Nigra, Garis Hitam Vertikal pada Perut Ibu Hamil

Reporter : Mila
Kamis, 26 Desember 2019 14:08
Fakta Seputar Linea Nigra, Garis Hitam Vertikal pada Perut Ibu Hamil
Munculnya Linea Nigra tidak dapat dicegah.

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil, tak hanya tampak pada ukuran perut yang kian hari membesar. Jika ibu perhatikan, terdapat garis hitam yang membentang vertikal yang akan semakin jelas seiring membesarnya perut. Garis hitam vertikal ini dinamakan linea nigra. Meski banyak yang memiliki garis ini saat kehamilan, namun faktanya hanya 75% dari ibu hamil yang memiliki linea nigra.

American Pregnancy Association (APA), memaparkan bahwa linea nigra biasanya berukuran sepanjang 1/2 sampai 1/4 inci yang membentang dari pubis ke umbilicus. Linea nigra biasanya tampak jelas mulai dari bulan ke 5-6 kehamilan. Melansir dari Pregworld (18/12), berikut fakta-fakta menarik seputar linea nigra yang penting untuk ibu hamil ketahui.

1 dari 4 halaman

Tidak Berbahaya

Ibu hamil tak perlu khawatir, karena sudah terbukti bahwa linea nigra tidak berpengaruh apapun pada kesehatan ibu dan janin. Linea Nigra terbatas pada sel-sel kulit eksternal dan tidak menyebabkan perubahan warna pada rahim atau bayi. Namun, seringkali linea nigra membuat tidak nyaman karena dianggap tidak sedap dipandang.

2 dari 4 halaman

Merupakan Hal yang Alami

Linea nigra pada perut ibu hamil adalah bagian alami dari masa kehamilan. Penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormon selama kehamilan. Hormon-hormon itu, menyebabkan tubuh memproduksi melanin dengan jumlah besar.

3 dari 4 halaman

Mulai Terlihat Saat Trimester Kedua

Michelle Tollefson, M.D., seorang ahli dokter kandungan di Metropolitan State College of Denver, linea nigra biasanya akan mulai nampak pada trimester kedua kehamilan.
”Garis ini biasanya dimulai pada tulang kemaluan dan hingga ke pusar. Dalam beberapa kasus, linea nigra dapat memanjang hingga tepat di bawah payudara,” jelasnya.

4 dari 4 halaman

Tidak Dapat Dicegah dan Hilang Sendirinya

Munculnya linea nigra pada ibu hamil tidak dapat dicegah atupun diminimalisir. Begitupun tidak ada cara untuk menghilangkannya. Hal ini karena linea nigra, biasanya akan hilang sendiri beberapa bulan setelah melahirkan.

Jadi, setelah membaca fakta-fakta seputar linea nigra, ibu tidak perlu khawatir lagi. Linea nigra sepenuhnya normal dan tidak berbahaya untuk ibu dan janin. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Beri Komentar