Gak Ngajarin Anak Nulis dengan Tangan Bisa Berdampak pada Perkembangan Otak Mereka lho!

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 4 Oktober 2020 07:37
Gak Ngajarin Anak Nulis dengan Tangan Bisa Berdampak pada Perkembangan Otak Mereka lho!
Kemajuan teknologi membuat anak lebih sering mengetik dengan keyboard daripada menulis dengan tangan.

Kemajuan teknologi memang memudahkan kehidupan kita dalam banyak hal. Menulis sudah nggak lagi menjadi hal yang melelahkan seperti di masa lalu.

Kini kita hanya tinggal mengetik menggunakan keyboard dan tulisan kita sudah bisa ditampilkan dengan jelas. Anak-anak yang kini menjalani sekolah online pun mulai lebih sering menggunakan keyboard untuk menulis daripada dengan tangan.

Meski kita mendapatkan manfaat dari kemudahan ini, nyatanya anak-anak justru kehilangan kesempatan untuk melatih keterampilan dalam menulis tangan. Padahal menulis dengan tangan punya banyak manfaat untuk perkembangan otak anak lho!

1 dari 4 halaman

Ilustrasi anak belajar di rumah

Dilansir dari Psychology Today, hanya mengandalkan keyboard dan nggak mengajarkan anak keterampilan menulis tangan justru bisa menimbulkan masalah lho. Bukti yang terkumpul menunjukkan bahwa nggak belajar menulis tangan bisa menghalangi potensi optimal otak anak untuk belajar dan mengingat.

Sebuah studi di Norwegian University of Science and Technology (NTNU) menegaskan kembali pentingnya menulis tangan di era teknologi ini. Bahkan jika anak menggunakan pena digital untuk menulis di layar secara interaktif, manfaatnya nggak akan sama dengan menulis secara langsung.

2 dari 4 halaman

ilustrasi anak belajar

Menulis dengan tangan justru lebih membantu otak untuk belajar. Selain itu kegiatan ini juga dapat membuat anak mengingat dengan lebih baik.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tulisan tangan langsung mempersiapkan otak untuk belajar. Caranya adalah dengan menyinkronkan gelombang otak dalam ritme thetajangkauan (4-7 Hz) dan merangsang lebih banyak aktivitas listrik di lobus parietal otak dan wilayah tengah.

3 dari 4 halaman

ilustrasi anak belajar

Literatur yang ada menunjukkan bahwa aktivitas saraf osilasi di area otak tertentu ini penting untuk memori dan untuk pengkodean informasi baru. Oleh karena itu hal ini membuat otak berada dalam kondisi yang optimal untuk belajar.

Sebuah penelitian tentang manfaat otak dari tulisan tangan juga menambahkan bukti temuan ini. Ditemukan bahwa tulisan tangan mengaktifkan " sirkuit membaca" yang unik di otak.

4 dari 4 halaman

Penemuan ini menunjukkan bahwa tulisan tangan penting untuk masa awal dalam pemrosesan huruf pada daerah otak yang diketahui mendorong keberhasilan membaca. Makanya menulis tangan bisa membuat anak membaca dengan lebih baik.

Untuk itu, jangan lupa untuk mengajarkan anak menulis di atas kertas ya, Moms!

Beri Komentar