Hati-hati, Mainan Bayi Ini Ternyata Bisa Berakibat Fatal

Reporter : Mila
Jumat, 3 Januari 2020 13:17
Hati-hati, Mainan Bayi Ini Ternyata Bisa Berakibat Fatal
Ada beberapa mainan dan produk bayi yang bisa menimbulkan akibat yang fatal.

Semua bayi suka bermain dengan mainan. Beberapa mainan aman untuk dimainkan dan merangsang indera bayi, mulai dari merangsang pengembangan penglihatan sampai motorik mereka. Namun, beberapa mainan dan produk bayi berbahaya dan harus dijauhkan dari bayi karena berbahaya dan bisa menimbulkan akibat yang fatal. Berikut kami rangkum dari Boldsky (22/11), mainan bayi yang harus dihindari.

1 dari 5 halaman

Mainan dengan Baterai

Beberapa mainan kecil yang menggunakan baterai seringkali membuat bayi tertarik untuk memainkannya. Namun jika bayi tidak sengaja menelannya, maka mainan tersebut akan membuat bayi tersedak dan kemungkinan terburuknya menyebabkan kematian.

2 dari 5 halaman

Baby Walker

Kebanyakan orang tua membelikan baby walker untuk bayinya agar mereka bisa belajar berdiri dan berjalan. Namun, baby walker tidaklah seaman kelihatannya. Penelitian menunjukkan bahwa cedera yang disebabkan baby walker umum terjadi, seperti jari terjepit, terpelintir, atau bahkan jatuh dari tangga.

baby walker

3 dari 5 halaman

Car Seat Toys

Mainan berbentuk binatang yang umum pada Car Seat bayi mungkin memang dapat membuat bayi terhibur saat perjalanan panjang. Namun, mainan tersebut tidaklah aman. Disaat ada goncangan mobil, mainan tersebut dapat menghantam ataupun melukai wajah bayi kamu.

car seat toys

4 dari 5 halaman

Crib Bumpers

Crib bumpers biasanya digunakan orang tua untuk menaruh bayi dan mencegahnya keluar dari sana. Tapi akan sangat berbahaya jika bayi berusaha untuk mengubah posisinya karena bisa menyebabkan infant death syndrome.

crib bumper

5 dari 5 halaman

Tips Memilih Mainan Bayi yang Aman

  • Hindari mainan dengan diameter kurang dari 1,75 inci.
  • Hindari mainan yang menggunakan baterai.
  • Hindari menggunakan crib toys.
  • hindari mainan yang memiliki pegangan atau sisi yang panjang.

Beri Komentar