Intip Yuk, Kepribadian Unik yang Sering Dimiliki Anak Kedua

Reporter : Mila
Senin, 6 Januari 2020 10:36
Intip Yuk, Kepribadian Unik yang Sering Dimiliki Anak Kedua
Anak kedua cenderung memiliki kepribadian unik yang berbeda dari kakak dan atau adiknya.

Memiliki anak memang menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Hal ini salah satunya dikarenakan anak kedua memiliki kepribadian unik yang berbeda dari kakak dan atau adiknya. Dilansir dari laman OramiParenting (6/1), menurut seorang ilmuwan psikologi, dr. Alfred Adler, urutan kelahiran memiliki andil dalam menentukan kepribadian seseorang. Tak heran jika anak memiliki perilaku yang unik, termasuk anak kedua.

Anak kedua dinilai memiliki tingkah laku yang berbeda dan unik dengan kakak atau adiknya. Catherine Salmon dari Redlands University, California, telah 20 tahun melakukan penelitian tentang anak kedua, dan menemukan fakta-fakta berikut. Penasaran? Simak selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Kemampuan Sosial Lebih Baik

Meskipun anak kedua cenderung tidak terlalu dekat dengan orangtua dibanding kakak atau adiknya, namun anak kedua lebih mudah bergaul. Karena tidak terlalu bergantung dan mengandalkan satu orang saja, anak kedua dapat akrab dan bermain dengan siapapun. Meskipun begitu, orang tua disarankan untuk tetap membimbing anak kedua berhati-hati dengan orang asing, yang mungkin saja memiliki niat jahat.

2 dari 5 halaman

Suka Mencoba Hal Baru

Menurut Meri Wallace, dalam bukunya Birth Order Blues, anak kedua cenderung suka mencoba hal-hal baru, yang membuat ia menjadi pribadi yang nekat dan berani mengambil risiko. Namun jangan khawatir, orang tua dapat mengarahkan anak kedua dalam hal positif. Dengan begitu anak kedua dapat mengolah bakat dan rasa ingin tahunya menjadi sesuatu yang kelak berguna untuk masa depannya.

3 dari 5 halaman

Lebih Mandiri

Banyak anggapan bahwa anak kedua lebih mandiri dari adik atau kakaknya. Meskipun begitu orang tua harus tetap memberi pengertian pada anak kedua. Bilang padanya jika membutuhkan bantuan, tidak perlu sungkan untuk minta tolong.

4 dari 5 halaman

Lebih Dewasa

Menurut penelitiannya, Catherine menyebut bahwa anak kedua biasanya tumbuh jadi pribadi yang lebih dewasa dibanding saudara-saudaranya. Hal ini dikarenakan kemandirian yang tadi sudah disebutkan, memberi ia ruang untuk berkreasi, berpikir, dan bereksperimen seluas mungkin. Penting bagi orang tua untuk tetap mendukung dan menunjukkan kasih sayang ke anak kedua.

5 dari 5 halaman

Tak Suka Diatur

Menurut sebuah penelitian, anak kedua memang cenderung lebih sulit diatasi daripada kakak atau adiknya. Biasanya anak kedua tidak suka pada aturan dan cenderung suka membangkang. Beri pengertian pada anak untuk memahami bahwa kebebasan memang tidak salah, tetapi ada aturan yang tetap wajib dipatuhi, termasuk dalam hal kedisiplinan.

Setiap anak memanglah memiliki kepribadian unik. Terlepas dari urutan kelahiran mereka, orang tua sebaiknya berusaha untuk memberikan kasih sayang yang adil ke semua anaknya.

Beri Komentar