Jenis Lovebird Pastel dan Kecantikannya yang Memesona, Tertarik buat Pelihara?

Reporter : Zaki
Sabtu, 15 Februari 2020 07:34
Jenis Lovebird Pastel dan Kecantikannya yang Memesona, Tertarik buat Pelihara?
Menurut kamu, mana Lovebird Pastel yang paling memesona?

Memiliki binatang peliharaan itu tak sekadar menjadikan mereka bagian dari keluarga di dalam rumah saja. Lebih dari itu, mereka sebenarnya juga memiliki peran penting untuk mengusir kebosanan dengan tingkah laku yang menggemaskan atau penampilan yang memanjakan mata. Selain kucing dan anjing, burung juga menjadi salah satu peliharaan yang paling difavoritkan.

Tak hanya dihiasi dengan bulu warna-warni, mereka pun dikenal memiliki cuitan yang sangat merdu. Bicara tentang burung sebagai binatang peliharaan, tentunya kamu tak bisa melupakan reputasi Lovebird yang tersohor. Burung kicauan berparuh bengkok ini memang sangat digemari dalam beberapa tahun terakhir.

Di luar sana memang ada banyak banget jenis burung Lovebird yang bisa dijumpai. Namun salah satu yang pesonanya seakan tak pernah pudar adalah Lovebird Pastel. Mereka termasuk yang paling sering dibudidayakan atau dipelihara dan bahkan jarang diandalkan untuk mengikuti kompetisi. Apabila tertarik untuk memeliharanya, pastikan kamu terlebih dahulu mengetahui jenis-jenisnya yuk!

1 dari 11 halaman

Jenis Lovebird Pastel Kuning

Sesuai namanya, Lovebird Pastel Kuning memiliki ciri khas bulu berwarna kuning kehijauan dengan kepala berwarna orange, sehingga ada banyak yang mengira kalau mereka merupakan jenis Lovebird Lutino. Jenis ini lebih akrab juga disebut dengan Lovebird Paskun yang masih terbagi juga dalam dua varian, yaitu paskun bersih dan paskun kotor. Dua-duanya memiliki suara yang begitu merdu apabila memperoleh perawatan yang layak.  

Paskun bersih memiliki warna kuning, orange, dan hijau yang tersusun begitu memanjakan mata dan tak totol-totol pada bagian tubuhnya. Dikarenakan lebih banyak digemari ketimbang paskun kotor, harganya jadi lebih mahal.

Sedangkan paskun kotor memiliki ciri di mana bulunya tampak kurang rapi dengan warna kuning cenderung kotor pada bagian tubuh. Di bagian sisi lain, kamu juga akan menemukan warna kehijauan tak teratur apabila dibandingkan dengan paskun bersih. Untuk harganya sendiri lebih terjangkau dibandingkan dengan Lovebird Lutino.  

2 dari 11 halaman

Jenis Lovebird Pastel Putih

Burung ini mempunyai bulu yang begitu indah dengan warna putih bersih di sekujur tubuh. Bahkan terkadang, saking bersihnya ada banyak yang bingung membedakan antara Lovebird Pastel Putih dengan kakaktua atau beo dengan warna serupa. Binatang yang juga akrab disebut dengan Pasput ini memiliki cukup banyak peminat.

3 dari 11 halaman

Jenis Lovebird Pastel Mauve

Ada banyak sekali yang mengira kalau burung ini adalah soft brown karena terdapat warna cokelat indah. Ini pula yang menjadi daya tarik dari Lovebird Pastel Mauve dan menjadikan harganya cukup tinggi. Coba lihat paruhnya dan siap-siap terpana dengan warna orange yang berhasil memesona banyak pecinta burung.

4 dari 11 halaman

Jenis Lovebird Pastel Biru

Burung ini akrab disebut juga disebut dengan pasblue. Lovebird Pastel Biru dianugerahi warna biru muda memesona dengan kelembutan luar biasa yang membuatnya memiliki kesan anggun. Bahkan tak jarang juga ada beberapa yang memiliki corak berwarna putih dengan sedikit warna hitam pada bagian kepala. Berkat pesona kelembutan yang dimiliki, Pasblue sering banget difavoritkan oleh para wanita.

5 dari 11 halaman

Jenis Lovebird Pastel Violet

Lovebird pastel violet juga akrab disebut dengan pasvio, di mana mereka juga termasuk jenis lovebird yang punya keanggunan memesona dengan warna ungu menarik. Penampilan yang sangat memanjakan seperti itu bikin pasvio jadi hiasan indah ketika diletakkan di depan rumah. Namun perlu diketahui kalau mereka juga cukup sulit untuk dibudidayakan sehingga harganya bisa benar-benar melambung di pasaran.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pasvio, kamu bisa memperhatikan ciri-cirinya seperti warna bulu yang didominasi oleh warna putih gradasi violet muda. Kemudian bagian punggung dan sayap juga berwarna pastel violet dengan kepala abu-abu atau putih. Sedangkan pada bagian leher, ekor, dan dada, warnanya putih dan diselingi violet.

Jenis-jenis Lovebird pastel di atas dijamin bikin rumah jadi lebih berwarna deh. Jadi segera tentukan hendak memelihara jenis yang mana. Namun biar kicauan mereka jadi nyaring, lebih lama, dan kondisi kesehatan mereka tak pernah terganggu, pastikan kamu selalu memberikan treatment atau perawatan yang tepat. Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut tips selengkapnya.

6 dari 11 halaman

Membersihkan Kandang secara Teratur

Biar kesehatan mereka selalu terjaga, pastikan kamu selalu membersihkan kandangnya ya, mulai dari alas, tempat makanan, hingga sisa-sisa kotoran. Terkesan sepele, tapi apabila tidak menjadi perhatian bisa-bisa burung kamu terserangbermacam penyakit. Kemudian agar kenyamanan mereka selaku terjaga juga, tak ada salahnya untuk memberikan aneka aksesoris atau mainan. Hal ini dapat menghadirkan pengaruh positif terhadap kondisi psikis mereka.

7 dari 11 halaman

Perhatikan Juga Pakannya

Setelah kandang, jangan lupa untuk selalu memberikan makanan yang tepat. Jangan sembarangan karena ini memiliki kaitan erat dengan asupan nutrisi. Biji-bijian selalu menjadi pilihan terbaik, tapi tak ada salahnya juga apabila ingin memberikan sayur-sayuran yang lembut seperti kangkung. Sayur-mayur ternyata begitu penting terlebih ketika mereka sedang berada pada masa perkawinan. Yang perlu diingat, jangan memberikan mereka makanan berlebihan karena dapat mengganggu sistem pencernaan Lovebird.

8 dari 11 halaman

Rutin Mengecek Kesehatan Lovebird

Agar kesehatan Lovebird dapat terpantau dengan maksimal, alangkah baiknya apabila burung kesayangan rutin diperiksakan ke dokter hewan. Ini cara yang tepat untuk dapat memperoleh hasil yang detail  demi menghindari serangan penyakit atau virus tertentu. Pengecekan semacam ini penting dilakukan terlebih ketika mereka menunjukkan gejala yang sedikit aneh dan tak biasanya. Misal, tiba-tiba mereka jadi malas dan tak berkicau riang seperti biasanya.

9 dari 11 halaman

Letakkan Kandang pada Ruangan Tenang dengan Pencahayaan yang Baik

Meletakkan sangkar burung Lovebird di tempat yang tepat merupakan pilihan bijak. Jangan menaruh kandang di tempat yang berisik dengan pencahayaan kurang. Bakal lebih baik apabila sarang Lovebird berada di ruang yang cukup tenang dengan pencahayaan yang baik. Namun, jangan letakkan di tempat yang terkena langsung sinar matahari ya. Ingat juga untuk menjemur Lovebird tiap pagi, antara pukul delapan sampai sepuluh.

10 dari 11 halaman

Memandikan dan Menjemur Lovebird

Menjaga keseharan Lovebird juga merupakan sebuah kewajiban. Caranya mudah kok, rutinlah memandikan mereka tiap pagi agar kecantikan senantiasa terjaga. Treatment ini juga ampuh untuk menghindarkan mereka dari serangan bakteri. Biar hasilnya maksimal, jangan lupa untuk menggunakan cairan sabun anti bakteri. Bila proses pemandian sudah selesai, lanjutkan dengan melakukan penjemuran agar kesegaran yang diperoleh burung tetap maksimal. Jemur mereka secara rutin, lakukan tiap pagi dari jam 8-10.  

11 dari 11 halaman

Setelah mengetahui jenis-jenis Lovebird pastel dan berbagai cara untuk memberikan melakukan perawatan terbaik, selanjutnya adalah upaya untuk mengaplikasikan trik-trik di atas. Lakukan semaksimal mungkin agar burung peliharaan kesayangan senantiasa dapat memberikan hiburan berkualitas padamu setiap hari. Dijamin bakal jadi jurus ampuh untuk mengusir segala kepenatan dan kebosanan akibat rutinitas atau pekerjaan sehari-hari. Kicauan mereka tiap pagi bakal bikin hari-hari makin menyenangkan, buktikan sendiri yuk!

Beri Komentar