Kapan sih Buah Hati Bisa Mengenal Berbagai Rasa?

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 18 Mei 2024 07:00
Kapan sih Buah Hati Bisa Mengenal Berbagai Rasa?
Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini.

Perkembangan kemampuan rasa pada anak adalah proses yang menarik dan penting dalam tumbuh kembang mereka. Bayi mulai mengembangkan kemampuan untuk mengenal rasa sejak dalam kandungan.

Pada trimester ketiga kehamilan, indra pengecap bayi sudah mulai berfungsi, dan mereka dapat merasakan berbagai rasa dari cairan ketuban yang dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh ibu.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Minum Susu© pinterest.com/Alizna Panjawani

Setelah lahir, bayi mulai mengenal rasa melalui air susu ibu (ASI) atau susu formula. ASI memiliki berbagai rasa yang berbeda tergantung pada diet ibu, sehingga memberikan pengalaman awal yang kaya akan rasa.

Pada tahap ini, bayi dapat membedakan rasa manis, asin, asam, dan pahit. Penelitian menunjukkan bahwa bayi memiliki preferensi alami terhadap rasa manis, yang mungkin membantu mereka lebih mudah menerima ASI, yang memiliki rasa manis alami.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Makan© honestdocs.id

Rasa pahit dan asam cenderung kurang disukai, yang bisa jadi merupakan mekanisme perlindungan alami terhadap makanan yang berpotensi berbahaya.

Pengenalan terhadap berbagai rasa semakin berkembang ketika bayi mulai mengonsumsi makanan padat, biasanya sekitar usia 6 bulan. Pada tahap ini, penting untuk mengenalkan berbagai rasa dan tekstur makanan untuk membantu anak mengembangkan selera yang beragam dan sehat.

3 dari 4 halaman

Sayuran Hijaundnr.com

Makanan seperti sayuran, buah-buahan, daging, dan biji-bijian harus diperkenalkan secara bertahap. Ini juga merupakan waktu yang baik untuk memperkenalkan rasa-rasa baru dan kompleks seperti rempah-rempah ringan.

Memperkenalkan berbagai rasa sejak dini dapat membantu anak lebih terbuka terhadap berbagai jenis makanan di kemudian hari, mengurangi risiko menjadi pemilih makanan (picky eater) dan memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang seimbang.

4 dari 4 halaman

ilustrasi bayi makan© unsplash.com / linsyorozuya

Secara keseluruhan, anak-anak mengenal seluruh rasa secara bertahap sejak dalam kandungan hingga tahun-tahun awal kehidupan mereka. Pengalaman awal dengan berbagai rasa sangat penting untuk perkembangan mereka, baik dari segi nutrisi maupun pembentukan kebiasaan makan yang sehat.

Orang tua atau pengasuh memainkan peran penting dalam memperkenalkan dan membiasakan anak dengan berbagai rasa, yang akan berdampak positif pada kebiasaan makan dan kesehatan mereka di masa depan. Nah, itulah penjelasan dari kapan anak bisa merasakan berbagai rasa. Semoga membantu ya, Mom.

Beri Komentar