Ketahui 4 Cara Atasi Anak Super Aktif

Reporter : Mila
Sabtu, 4 Januari 2020 10:28
Ketahui 4 Cara Atasi Anak Super Aktif
Anak super aktif terkadang susah untuk dikendalikan.

Memiliki anak merupakan sebuah anugerah tersendiri bagi setiap orang tua. Kehadiran anak akan selalu menjadi suntikan energi tersendiri bagi orang tua. Namun terkadang tingkah polah anak menjadi di luar kendali orang tua. Terutama jika anak adalah tipe yang super aktif.

Perlu cara khusus untuk mengatasi dan mendidik anak yang super aktif. Yuk, simak cara-caranya yang dikutip dari Parents (4/1) di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Ajak Berolahraga

Ajak anak untuk berolahraga. Entah itu latihan ringan, latihan kardio, atau permainan seperti tangkap bola. Melibatkan anak yang aktif ke dalam aktivitas fisik akan membantunya menyalurkan energi dan menghilangkan kejenuhannya. Hal ini juga akan membiasakan anak untuk memiliki kebiasaan sehat dengan berolahraga sejak dini. Dengan demikian energinya yang berlebih dapat tersalurkan dengan baik.

2 dari 4 halaman

Biarkan Anak Melakukan Pekerjaan Rumah

Meminta anak untuk melakukan pekerjaan rumah mungkin terdengar jahat. Orang tua khususnya ibu mungkin merasa anak belum berada di saat yang tepat untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Namun, hal ini bisa dicoba untuk mengalihkan perhatian anak super aktif.

Tidak perlu pekerjaan rumah yang rumit. Mintalah anak untuk membantu mengelap jendela, menyirami tanaman, atau memberi makan peliharaan. Dengan ini, anak akan merasa dibutuhkan dan antusias dengan tugas barunya. Orang tua sekaligus bisa mengajarkan rasa bertanggungjawab kepada anak.

3 dari 4 halaman

Hindari Gula

Selain menyebabkan lubang pada gigi, gula juga bisa menyebabkan anak menjadi terlalu aktif (sugar rush) dan penyakit lainnya. Hal ini karena, makanan dengan kandungan gula yang tinggi cenderung rendah vitamin dan mineral. Gula dan karbohidrat juga sangat cepat masuk ke dalam aliran darah. Suatu zat jika cepat masuk ke dalam aliran darah akan menyebabkan tekanan darah cepat naik pula.

Orang tua bisa mulai mengurangi konsumsi gula dan olahannya untuk anak. Tambahkan lebih banyak serat ke dalam menu anak untuk menjaga kadar gula darah. Orang tua juga bisa mengganti nasi dengan sereal atau oatmeal untuk sarapan dan mengganti snack anak dengan buah-buahan atau kacang-kacangan.

4 dari 4 halaman

Bermain Peran

Anak yang super aktif cenderung memiliki imajinasi yang luas. Ciptakan dunia baru untuknya supaya imajinasi tersebut dapat tersalurkan dengan baik. Orang tua bisa meminta anak untuk menjadi pahlawan untuk menumpas monster yang diperankan Ayah. Orang tua juga bisa membujuk anak yang menjadi pahlawan bahwa istirahat merupakan cara untuk memulihkan tenaga. Intinya orang tua harus sekreatif mungkin dalam bermain permainan peran.

Beri Komentar