Kiat Diet Sehat Hamil Trimester Ketiga, Bumil Wajib Coba

Reporter : Mila
Jumat, 3 Januari 2020 15:42
Kiat Diet Sehat Hamil Trimester Ketiga, Bumil Wajib Coba
Diet yang dilakukan dapat dengan mengonsumsi makanan bergizi agar memastikan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

Trimester ketiga adalah saat mendebarkan dimana sebentar lagi ibu bertemu dengan buah hati. Meskipun begitu, ibu harus tetap menjaga makanan agar dapat melahirkan dengan lancar. Diet yang dilakukan dapat dengan mengonsumsi makanan bergizi agar memastikan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

Saat kehamilan 7 hingga 9 bulan, ibu hamil membutuhkan sekitar 200 kalori setiap harinya. Oleh karena itu, kami berikan tips diet sehat hamil trimester ketiga, dikutip dari FirstCryParenting (10/12), yang dapat ibu hamil coba.

1 dari 2 halaman

Makanan Diet Trimester Ketiga

Vitamin C, B6, dan B12

Vitamin berperan penting dalam perkembangan janin melalui plasenta. Vitamin ini dapat ditemukan pada buah jeruk, jeruk nipis, pisang, wortel, dan buncis.

Magnesium

Tubuh memerlukan magnesium untuk menyerap kalsium dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Selain itu makanan kaya magnesium juga dapat menghindari ibu hamil dari kram otot dan menurunkan risiko kelahiran prematur.

Kalsium

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, ibu hamil dapat mengonsumsi produk susu dan olahannya seperti keju, tahu, dan yoghurt. Kalsium penting agar pertumbuhan tulang bayi menjadi kuat.

Asam Folat

Asam Folat dapat ditemukan pada sayur-sayuran hijau seperti bayam dan selada. Asam folat berguna untuk pertumbuhan janin dan menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

DHA

Mengonsumsi makanan yang kaya akan DHA dapat membantu otak bayi berkembang dengan baik. DHA dapat diperoleh dari mengonsumsi susu, telur, serta buah-buahan.

Protein

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein dapat menurunkan kadar glukosa darah sehingga meminimalkan risiko diabetes pada ibu hamil.

Zat Besi

Untuk menghindari kurangnya darah merah/anemia pada saat hamil, ibu dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Makanan yang mengandung zat besi antara lain daging, susu, telur, dan kacang-kacangan.

2 dari 2 halaman

Tips Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

  • Jangan lupa untuk makan teratur.
  • Pastikan diet mencakup kebutuhan kalori harian.
  • Kurangi makan-makanan yang mengandung gula dan garam.
  • Kurangi minuman yang mengandung kafein dan alkohol.
  • Berhenti Merokok.
  • Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak minyak seperti gorengan.

Beri Komentar