Memperingati Hari Anak Nasional, Ini 5 Panduan Praktis Memilih Cemilan Sehat untuk Anak

Reporter : Aditia Lestari
Senin, 15 Juli 2024 12:23
Memperingati Hari Anak Nasional, Ini 5 Panduan Praktis Memilih Cemilan Sehat untuk Anak
Dengan tips ini, moms and dads mulai bisa membiasakan anak untuk memilih makanan sehat agar si kecil tumbuh optimal!

Sebentar lagi, kita akan merayakan Hari Anak Nasional, nih. Ini merupakan momentum penting untuk meningkatkan gizi generasi masa depan kita. Salah satu hal yang perlu kita perhatikan adalah makanan dan nutrisi terbaik untuk anak.

Memberikan cemilan sehat adalah kunci untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal anak. Salah satu pendukung gizi anak adalah buah dan sayur. Buah dan sayur kaya akan zat gizi makro yang penting untuk proses metabolisme tubuh anak.

Buah dan sayur dapat diolah menjadi cemilan gurih lho. Cemilan sehat yang lezat dan bergizi tak hanya disukai anak, tetapi juga memberikan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Nah, kali ini Himari Snack, brand snack sehat Indonesia yang mempercayakan layanan pengiriman produknya lewat Ninja Xpress mau berbagi 5 tips memilih cemilan sehat untuk anak-anak, simak yuk!

1 dari 6 halaman

1. Pilihlah Produk Organik

Panduan Praktis Memilih Cemilan Sehat untuk Anak© Freepik

Penting banget lho untuk memberikan camilan berbahan organik atau alami kepada anak. Alasannya, bahan organik lebih aman karena bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan anak.

Bahan organik juga enggak mengandung bahan tambahan seperti pengawet, pemanis buatan, pewarna, dan MSG yang berpotensi berdampak negatif bagi kesehatan anak.

Memilih camilan dengan bahan berkualitas tinggi merupakan langkah penting untuk mendukung kesehatan anak secara keseluruhan ya Diazens.

2 dari 6 halaman

2. Perhatikan Label Nutrisi dalam Cemilan

Panduan Praktis Memilih Cemilan Sehat untuk Anak© Freepik

Selanjutnya, nih. Penting banget bagi moms and dads untuk membatasi konsumsi cemilan dengan Bahan Tambahan Pangan (BTP) demi menjaga kesehatan anak. BTP berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas. Obesitas bisa mendatangkan berbagai penyakit komplikasi lho, moms. Harus diperhatikan ya!

Oleh karena itu, selalu periksa label nutrisi pada kemasan produk untuk memastikan kandungan BTP sebelum membeli cemilan untuk anak. Periksa juga kandungan gizi serta kalori setiap makanan yang akan dibeli atau dikonsumsi, nih.

3 dari 6 halaman

3. Cari Variasi Rasa dan Pilihan

Panduan Praktis Memilih Cemilan Sehat untuk Anak© Freepik

Supaya anak-anak lebih tertarik dengan makanan sehat, berikan mereka banyak pilihan dengan rasa yang beragam. Alasannya biar anak enggak merasa pilihan makanannya cuma itu-itu aja.

Sajikan berbagai macam buah, sayur, dan kacang-kacangan. Selain menarik, variasi ini juga memberi nutrisi lengkap yang penting untuk tumbuh kembang mereka.

4 dari 6 halaman

4. Libatkan Anak dalam Pemilihan

Panduan Praktis Memilih Cemilan Sehat untuk Anak© Freepik

Tahu gak sih moms, melibatkan anak dalam memasak atau memilih makanannya bikin si kecil jadi solusi agar anak belajar soal makanan sehat.

Buat momen memilih camilan menjadi waktu belajar yang menyenangkan! Ajak anak untuk memilih dan mencoba berbagai cemilan sehat. Cara ini tidak hanya meningkatkan minat mereka terhadap makanan bergizi, tetapi juga membantu mereka memahami pentingnya pola makan seimbang untuk kesehatan mereka.

5 dari 6 halaman

5. Ajarkan Kebiasaan Makan Sehat Sejak Dini

Panduan Praktis Memilih Cemilan Sehat untuk Anak© Freepik

Memilih camilan sehat memang penting, tapi bukan satu-satunya aspek penting dalam mengajarkan anak tentang pola makan yang baik.

Lebih dari itu, kita perlu mengenalkan mereka pada kebiasaan makan sehat secara menyeluruh. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan contoh, seperti menyajikan makanan seimbang dan teratur yang terdiri dari buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan susu atau alternatif olahan susu. Jangan lupa ungtuk menjelaskan manfaat dari mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk mendukung kesehatan dan pertumbuhan mereka kepada anak.

6 dari 6 halaman

Yuni Astuti, Owner Himari Snack, mengatakan dirinya percaya bahwa mengedukasi anak tentang makanan sehat itu penting banget lho agar anak bisa mulai terbiasa memulai kebiasaan hidup sehat sejak dini.

Pihaknya berkomitmen agar tak hanya menyediakan cemilan lezat nan sehat, tapi juga memberikan informasi dan ilmu baru kepada orang tua tentang memilih makanan sehat bagi anak-anak mereka.

Dengan inisiatif ini, Himari Snack enggak hanya mendukung perayaan Hari Anak Nasional tetapi juga berupaya memberikan kontribusi positif dalam edukasi tentang makanan sehat bagi generasi mendatang.

Beri Komentar