Mengenal Lebih Jauh Tentang Big-Sibling Blues dan Cara Atasinya

Reporter : Mila
Kamis, 26 Desember 2019 13:49
Mengenal Lebih Jauh Tentang Big-Sibling Blues dan Cara Atasinya
Apakah rasa iri sama dengan big-sibling blues?

Kelahiran anggota baru dalam keluarga memang merupakan momen membahagiakan. Namun jangan kaget jika hal itu tidak berjalan lama, terutama pada kakak. Perubahan yang dialami kakak yang lebih tua biasanya adalah lebih sering ngambek, merengek, minta digendong, atau meminta perhatiian lain dari orang tuanya.

Apakah orang tua juga pernah atau sedang mengalami hal serupa? Kemungkinan anak mengalami Big-Sibling Blues. Apa itu Big-Sibling Blues?

Dilansir dari SchoolofParenting (18/12), Big-Sibling Blues adalah keadaan dimana anak, khususnya anak yang lebih tua tidak bisa menerima kehadiran saudara barunya. Linda Dunlap, PhD, psikolog dan ketua pengembang departemen Psikologi Universitas Marist, New York, memaparkan bahwa memeliki keluarga baru adalah hal yang masih sulit diterima oleh anak. Menurutnya, keluarga tambahan baru atau adik akan mengambil perhatian orang tuanya yang tadinya dicurahkan semua kepada kakak. Lalu bagaimana cara orang tua mengatasinya? Simak selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Beri Perhatian pada Kakak

Meskipun sudah kedatangan anggota keluarga baru, jangan abaikan kakak. Saat adik sedang tidur misalnya, orang tua bisa menggunakan waktu itu untuk sekedar mengobrol atau bermain berdua bersama kakak. Jangan biarkan perhatian orang tua berkurang karena kehadiran sang adik. Selain itu, orang tua juga bisa memeluk atau memangkunya, sehingga kakak merasa lebih diperhatikan.

2 dari 5 halaman

Jalin Komunikasi yang Baik

Membagi kasih sayang dengan rata memang tidaklah mudah. Maka, berilah pengertian pada kakak bahwa kasih sayang orang tua tidak akan berkurang meskipun dengan adanya kedatangan adik.

3 dari 5 halaman

Sering Libatkan Kakak

Melibatkan kakak dalam beberapa kegiatan adik bisa membuat kakak tidak iri terhadap adik bahkan dapat membantu bonding yang baik antara keduanya.

4 dari 5 halaman

Ceritakan Masa Kecil Kakak

Cobalah untuk menceritakan tentang kakak waktu masih kecil. Katakan padanya bahwa dulu dia pun pernah menjadi bayi yang membutuhkan segala macam hal. Dengan menceritakan hal ini, kakak akan berangsur-angsur memahami bahwa adiknya perlu banyak hal, sehingga kakak tidak iri terhadap adik.

5 dari 5 halaman

Jangan Membuat Kakak Seolah Sudah Besar

Meskipun ia lebih tua dari adiknya, ia juga tetap membutuhkan kasih sayang dari orang tuanya. Jangan perlakukan kakak seperti 'anak besar', karena ia akan menganggap bahwa kalau ia sudah besar, ia akan kehilangan perhatian orang tuanya.

Meskipun sulit, orang tua dapat membantu melewati masa Big-Sibling Blues pada kakak dengan cara di atas. Kunci utama yang harus dipegang orang tua adalah sabar. Karena cepat atau lambat fase Big-Sibling Blues ini akan hilang seiring berjalannya waktu.

Beri Komentar