Mengetahui Jenis-Jenis Makanan Kucing, Biar Kesehatan Mereka Selalu Terjaga

Reporter : Zaki
Selasa, 18 Februari 2020 07:00
Mengetahui Jenis-Jenis Makanan Kucing, Biar Kesehatan Mereka Selalu Terjaga
Jenis makanan apa yang cocok untuk kucing kamu?

“You are what you eat”, kamu tentunya sudah sangat familiar dengan ungkapan tersebut bukan? Menariknya, ternyata prinsip kesehatan tersebut tak hanya bisa diberlakukan pada manusia saja, tetapi juga hewan peliharaan. Misalnya di rumah pelihara kucing, pastikan kamu selalu memberikan makanan yang bergizi dan tepat supaya kesehatan mereka senantiasa terjaga.

Jangan sembarangan dalam memberikan makanan kepada kucing kesayangan. Pemilik harus tahu betul berapa usianya, apa jenisnya, dan makanan apa yang benar-benar tepat diberikan kepada mereka. Mengenai jenis-jenis makanan kucing, perlu diketahui jika ternyata penganan mereka tersedia dalam berbagai bentuk. Masing-masing memiliki perbedaan nutrisi dan apabila diberikan dengan porsi seimbang, bukan tak mungkin kalau binatang kesayanganmu itu bisa selalu terjaga kesehatannya.

Lantas apa makanan terbaik yang bisa diberikan kepada kucing kesayangan? Jawabannya, tergantung sama kebutuhan mereka. Aturan umumnya, kucing peliharaan kamu biasanya membutuhkan makanan yang tinggi protein, rendah karbohidrat yang juga dikemas dengan mineral serta vitamin demi mendukung hidup mereka yang sehat. Bisa diperoleh di pet shop atau bahkan dibuat sendiri di rumah, lho.

Ingin tahu apa saja jenis-jenis makanan kucing tersebut? Cari tahu lebih lengkap di bawah ini yuk!

1 dari 10 halaman

Makanan Kering

Jenis pertama adalah makanan kering yang memang paling ekonomis dan praktis sehingga banyak dijadikan pilihan untuk binatang kesayangan. Dry food seperti ini dibuat dengan cara mengekstrusi daging menggunakan tekanan dan suhu yang cukup tinggi. Penganan jenis ini juga bisa diberikan pada kucing kesayangan dengan menambahkan bahan makanan lain dengan cara disemprotkan, seperti lemak. Gunanya adalah untuk meningkatkan pelatibilitas serta rasanya.

Makanan kering sering menjadi pilihan untuk diberikan kepada kucing kesayangan. Selain praktis, dry food juga mudah disimpan dan tahan lama. Bahkan satu kantong saja bisa bertahan hingga beberapa bulan ke depan. Jika memilih makanan jenis ini, pastikan kamu memilih yang tepat dan tidak sembarangan ya karena penganan jenis ini dikenal memiliki reputasi nutrisi yang tak seimbang.

Akan tetapi kamu tak perlu khawatir karena sekarang ini ada banyak makanan kering yang sudah diproduksi dengan nutrisi seimbang. Sehingga aman dan tetap bergisi apabila diberikan kepada kucing kesayangan. Jadi sekali lagi, pastikan makanan kering yang kamu pilih kaya nutrisi ya agar peliharaanmu yang lucu itu bisa hidup dalam usia yang panjang dan sehat.

2 dari 10 halaman

Makanan Basah

Makanan basah lebih banyak disukai oleh sebagian besar kucing. Tak mengherankan mengingat penganan jenis ini memiliki kandungan air yang memiliki manfaat luar biasa untuk ginjal dan seluruh sistem saluran kemih mereka. Rasanya lezat dan mudah dikonsumsi, jadi tak mengherankan apabila jadi salah satu favorit kucing.

Kebanyakan varietas makanan basah yang dijual di pasaran atau di pet shop memiliki kualitas jempolan. Namun pastikan juga untuk memperhatikan label yang tertera pada produknya. Misal salah satunya adalah Tuna Cat Food yang berarti jika makanan tersebut paling tidak memiliki kandungan tuna hingga 95%. Kemudian ada juga Tuna Platter atau Tuna Dinner yang berarti jika kandungan tuna dalam produk tersebut sebsar 25%. Sedangkan Cat Food with Tuna berarti hanya ada 3% kandungan tuna yang terdapat dalam kandungan produk.

3 dari 10 halaman

Makanan Alami

Makanan alami dalam hal ini berarti penganan untuk kucing kesayangan yang dibuat sendiri. Akrab juga dengan sebutan Raw Food, makanan ini biasanya dibikin dari daging yang dimasak sendiri untuk diberikan kepada peliharaan. Tipe dagingnya sendiri pun bisa dipilih karena ada bermacam, seperti ikan, ayam, atau bahkan sapi.

Perlu diperhatikan saat memberikan jenis makanan kucing yang satu ini, pastikan sudah matang dengan ukuran yang tak terlalu besar agar muat di dalam mulut. Selain itu pastikan kamu mengetahui kebutuhan gizinya juga ya, misal kucing kesayanganmu berusia 0-1 tahun, berikan makanan yang mudah dicerna. Tujuannya agar gizi dan nutrisi yang diterima tetap seimbang dan terjaga. Bila perlu, rendam dulu dengan air hangat kemudian oleskan pada mulut agar ia perlahan bisa mempelajari cara untuk mengonsumsinya.

Lantas bagaimana cara untuk menentukan makanan yang tepat untuk kucing kesayangan? Perhatikan beberapa tips berikut yuk!

4 dari 10 halaman

Suka atau Tidak Kucing pada Makanannya

Saat memilih makanan untuk binatang kesayangan, pastikan mereka mau memakannya. Terkadang ada kucing yang ternyata tak selera untuk mengonsumsi makanan yang bahkan harganya sangat mahal. Poin pertama, pastikan itu dulu.

5 dari 10 halaman

Hindari Makanan yang Berpengawet

Sebisa mungkin, sebisa mungkin hindari memberikan makanan yang memiliki beberapa kandungan bahan pengawet berbahaya. Misalnya saja Butylated Hydroxyanisole (BHA), Butylated Hydroxytoluene (BHT), propyl gallate, propylene glycol, dan ethoxyquin. Beberapa bahan tersebut dapat mengakibatkan munculnya risiko kanker pada binatang. Sebaliknya pilihlah makanan yang memiliki kandungan vitamin C dan E.

6 dari 10 halaman

Perhatikan Kandungan Kadar Air

Kucing termasuk binatang yang sangat aktif sehingga mereka membutuhkan makanan yang memiliki kadar air tinggi. Penyebabnya adalah 70% tubuh kucing terdiri dari air dan itulah mengapa kucing yang diberi konsumsi dry food harus diimbangi dengan air agar ginjal mereka tak bekerja terlalu keras. Untuk menghindarinya pastikan makanan basah atau makanan kering dan air yang cukup.

7 dari 10 halaman

Perhatikan Usia dan Tingkat Kesehatannya

Makanan yang hendak diberikan kepada kucing kesayangan harus sesuai dengan usia. Selain itu pikirkan pula aspek berat kucing dan riwayat kesehatannya. Apa saja makanan yang mungkin pernah membuat mereka jatuh sakit.

Pada dasarnya kucing mengalami tiga fase hidup yaitu anak-anak, dewasa, dan tua. Masing-masing membutuhkan makanan yang berbeda. Misalnya kucing anak lebih membutuhkan protein dan lemak untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang, gigi, dan otot. Sedangkan kucing dewasa membutuhkan pola makan rendah kalori demi mengontrol berat badan. Terakhir, kucing tua membutuhkan makanan rendah lemak dan jangan lupa memberikan asupan protein yang mudah dicerna supaya tak memberatkan kinerja ginjal.

8 dari 10 halaman

Jangan Lupa Cek Expired Date

Hal lain yang juga tak boleh dilupakan adalah mengecek tanggal kadaluarsa produk. Pastikan kamu selalu melakukan langkah yang satu ini sebelum membeli makanan agar kucing kesayangan tak mengalami gangguan kesehatan.

9 dari 10 halaman

Pertimbangkan Soal Budget Juga Ya

Hal terakhir yang juga harus diperhatikan adalah soal biaya. Jangan sampai makanan yang diberikan untuk kucing tidak sesuai atau melebihi kemampuan keuangan. Tak mau itu menjadi beban, kan? Saat datang ke Pet Shop kamu bisa memilih kok mana-mana makanan yang sesuai kemampuan tapi tak perlu menjadi beban.

10 dari 10 halaman

Pastikan kamu selalu menjaga kesehatan kucing kesayangan dengan maksimal ya. Berikan kepada mereka bahan makanan yang lezat dan nikmat serta memiliki gizi serta nutrisi yang tinggi. Misal dlam periode tertentu mau membawa mereka ke dokter hewan, it will be better. Dengan begitu kondisi kesehatannya bisa terus terpangkau. Semangat!

Beri Komentar