Mengulik Fakta Dibalik Ngidam, Bumil Harus Tahu

Reporter : Mila
Kamis, 26 Desember 2019 11:58
Mengulik Fakta Dibalik Ngidam, Bumil Harus Tahu
Ngidam menjadi hal unik tersendiri yang ibu alami saat hamil.

Kehamilan akan menimbulkan banyak perubahan pada kondisi tubuh dan psikologis. Salah satu yang tidak bisa dilepaskan dari hamil adalah ngidam. Ngidam dikenal dengan kondisi ibu hamil yang menginginkan hal tertentu dan tidak akan berhenti sampai keinginannya dipenuhi.

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa ngidam dapat dipicu oleh kondisi psikologis ibu hamil. Namun, ada juga ahli yang berpendapat bahwa ngidam didasari pada kondisi fisik ibu hamil. Biasanya ngidam ditandai dengan tubuh yang membutuhkan atau menginginkan zat tertentu. Berikut, dilansir dari MomTastic (17/12), hal-hal yang biasa jadi petunjuk jika ngidam datang.

1 dari 5 halaman

Ingin Mencium Aroma Sabun, Kapur, Spons, Es, atau Lumpur

Berdasarkan Journal of the American Dietetic Association, saat ibu menginginkan sesuatu yang random, kemungkinan besar ia sedang mengalami gangguan makan yang disebut Pica. Pica dihubungkan dengan kurangnya konsumsi zat besi sehingga tubuh bereaksi demikian. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi kacang-kacangan, daging, dan sayuran hijau.

2 dari 5 halaman

Ingin Makan-makanan Pedas

Kerap kali ibu hamil menyukai makanan yang pedas. Hal ini karena makanan pedas membuat tubuh ibu hamil lebih nyaman. Pasalnya, saat hamil tubuh selalu terasa panas, maka dengan mengonsumsi makanan pedas, tubuh akan memproduksi banyak keringat sehingga membuat tubuh lebih dingin dan nyaman.

3 dari 5 halaman

Ingin Mengonsumsi Daging

Menginginkan makan daging bagi ibu hamil, menunjukkan bahwa ibu butuh asupan protein dan zat besi lebih besar dari biasanya. Namun, disarankan untuk menghindari konsumsi daging yang tidak dimasak dengan matang. Hal ini dikarenakan, bakteri pada daging yang tidak matang dapat memengaruhi tumbuh kembang janin.

4 dari 5 halaman

Ingin Makan-makanan Asam

Ibu hamil biasanya menyukai makan-makanan yang asam. Hal ini lantaran, makanan asam dapat mengurangi rasa mual yang dirasakan ibu hamil.

5 dari 5 halaman

Sering Menjilati Garam

Ibu yang saat sedang hamil sering menjilati garam, bisa jadi artinya tubuh membutuhkan banyak asupan sodium. Namun, pastikan untuk mengonsumsi garam secukupnya, karena jika berlebihan akan meningkatkan resiko kaki bengkak selama kehamilan.

Nah, itu tadi hal-hal menarik yang ibu alami pada waktu ngidam. Apakah ibu juga mengalami hal yang serupa? Ceritakan pengalaman ibu saat mengidam di kolom komentar, ya.

Beri Komentar