Meningkatkan Daya Ingat Anak Cukup dengan Cara Mudah Berikut

Reporter : Mila
Jumat, 3 Januari 2020 11:00
Meningkatkan Daya Ingat Anak Cukup dengan Cara Mudah Berikut
Mengasah ingatan anak sejak dini itu penting.

Daya ingat adalah sebuah kemampuan untuk menyimpan, mengolah dan membangkitkan lagi informasi yang ada di dalam otak. Otak kita membentuk neuron untuk menyimpan informasi. Jika pembentukan neuron dilakukan secara intensif dan spesifik, maka daya ingat akan lebih tajam.

Daya ingat manusia, sangat singkat dan spesifik sebelum usia 3 tahun. Karena singkatnya daya ingat di usia tersebut, maka kita harus sabar saat mengingatkan anak kita untuk melakukan kebiasaan tertentu, misalnya sikat gigi sebelum tidur atau cuci tangan sebelum makan

Dilansir dari psychologytoday (3/1). seiring dengan tumbuh kembang anak, daya ingatpun akan ikut berkembang. Oleh itu diperlukan bantuan orang tua untuk mengasah dan meningkatkan daya ingat anak.

1 dari 5 halaman

Visualisasikan

Cara mengingatkan daya ingat anak yang pertama adalah dengan membimbing anak untuk memvisualisasikan materi yang mereka pelajari. Visualisasi tersebut bisa dalam bentuk gambar, suara, atau sentuhan.

2 dari 5 halaman

Mind Mapping

Permainan mind mapping dapat meningkatkan daya ingat anak dan melatih kemampuan mengelompokkan benda-benda. Cukup lakukan dengan cara sederhana, misal buatlah lingkaran dengan tulisan 'binatang buas', lalu hubungkan dengan lingkaran-lingkaran lain yang dapat dituliskan dengan nama-nama binatang tersebut.

3 dari 5 halaman

Musik

Musik ternyata lebih dari sekedar pengantar tidur ataupun media hiburan. Musik juga dapat menstimulasi perkembangan otak. Ritme, pengulangan, irama dan melodi dalam musik berperan penting untuk meningkatkan daya ingat.

4 dari 5 halaman

Game

Di zaman yang modern ini, kehidupan sehari-hari kita tidak dapat dipisahkan dengan teknologi. Meningkatkan daya ingat anak dapat diasah melalui cara yang menyenangkan, yaitu melalui game pada gawai yang dapat melatih otak.

5 dari 5 halaman

Repetisi

Sama seperti otak orang dewasa, pengulangan membuat otak anak lebih ingat pada suatu hal. Misalnya pada saat kita harus mengulang menghitung 1 sampai 10 hingga beberapa kali sampai mereka dapat lancar menghitungnya. Pemindahan informasi dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang dapat dilakukan berulang kali hingga beberapa bulan kedepan.

Mengasah ingatan anak memang membutuhkan kesabaran. Namun, jika dilatih terus menerus, maka lama-lama akan membuahkan hasil. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Beri Komentar