Orang Tua Harus Tahu, Trik Melatih Anak Merapikan Mainannya Sendiri

Reporter : Mila
Jumat, 3 Januari 2020 10:35
Orang Tua Harus Tahu, Trik Melatih Anak Merapikan Mainannya Sendiri
Memulai kebiasaan merapikan mainan sendiri sejak dini.

Rumah yang berantakan akibat mainan anak yang berserakan seringkali membuat orang tua pusing dan kesal. Namun, sebenarnya siapa sih yang harusnya merapikan mainan si kecil? Lalu, kapan anak harus merapikan mainannya sendiri? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh orang tua.

Melatihan anak merapikan mainannya sendiri bukan hanya soal menjaga rumah agar tidak berantakan saja. Manfaat lain yang bisa didapat, antara lain:

  • Melatih keterampilan motorik.
  • Menanamkan rasa menghargai barang kepunyaan sendiri.
  • Menanamkan rasa menghargai lingkungan rumah yang ditinggali.
  • Menanamkan ketertiban.
  • Mengajarkan keterampilan hidup.

Lantas, bagaimana orang tua dapat membantu anak memulai kebiasaan ini? Berikut trik melatih anak merapikan mainannya sendiri, yang dikutip dari TheAsianparent (22/11).

1 dari 4 halaman

Sesuaikan dengan Usia Anak

Melatih merapikan mainan tidak bisa disamaratakan metodenya untuk semua anak. Seperti sudah dibahas di atas, merapikan mainan merupakan kegiatan yang berhubungan dengan keterampilan anak. Ada anak yang sudah bisa cekatan meletakkan banyak mainan sekaligus di tempat penyimpanan, ada juga yang baru bisa meraih dan mengangkat mainan satu demi satu. Cari tahu kegiatan mana yang paling sesuai untuk usianya.

2 dari 4 halaman

Bagi Jadi Beberapa Bagian

Hindari memberi instruksi yang terlalu rumit atau terlalu banyak untuk diikuti anak. Hal ini dapat membuatnya merasa bahwa merapikan mainan adalah kegiatan yang sulit dan memakan banyak waktu. Minta Si Kecil untuk memulai dengan mainan-mainan berukuran kecil terlebih dahulu, lalu ke mainan yang lebih besar.

3 dari 4 halaman

Buat Kegiatan Menyenangkan

Ubah pendekatan dengan anak, buat kegiatan ini menjadi waktu yang ditunggu-tunggu olehnya, misalnya dengan mengadakan kompetisi siapa yang bisa merapikan mainan dalam waktu 3 menit misalnya atau putar lagu favorit anak agar suasana lebih menyenangkan.

4 dari 4 halaman

Buat Tempat Penyimpanan Mainan

Merapikan mainan akan lebih mudah jika semua memiliki tempatnya masing-masing. Agar Si Kecil lebih semangat, mengapa tidak mengajaknya membuat sendiri tempat penyimpanan untuk mainan-mainan favoritnya. Dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah, sulap kardus bekas menjadi tempat penyimpan yang rapi.

Beri Komentar