Orang Tua Wajib Tahu, 8 Jenis Kecerdasan Anak

Reporter : Mila
Selasa, 31 Desember 2019 13:09
Orang Tua Wajib Tahu, 8 Jenis Kecerdasan Anak
Kecerdasan tersebut harus terus dikembangkan

Selain memastikan anak tumbuh dengan sehat, penting juga bagi orang tua untuk mengetahui kemampuan serta keterampilannya. Kemampuan serta keterampilan anak tentu saja harus dikembangkan. Namun sebelum itu dilakukan, orang tua harus memahami jenis kecerdasan anak berikut ini yang dikutip dari TheAsianParentSG (27/11).

Setiap orang memiliki kemampuan dan keterampilan yang berbeda. Beberapa orang mungkin pandai dalam hitung menghitung matematika, sementara yang lain jago olahraga. Hal ini juga berlaku pada anak-anak. Untuk itu, berikut jenis kecerdasan anak.

1 dari 8 halaman

Kecerdasan Linguistik Verbal

Anak yang cenderung suka mengoceh atau bahkan lancar berbicara, mungkin unggul dalam kecerdasan linguistik dan verbal. Jenis kecerdasan ini berfokus pada kemampuan komunikasi, membaca, dan berbicara.

2 dari 8 halaman

Kecerdasan Logika Matematis

Jenis kecerdasan matematis bisa ditandai anak berbakat dengan angka, hal-hal yang berbau sains, dan memiliki kemampuan berpikir logis. Jenis kecerdasan ini membantu anak untuk berpikir kritis serta memecahkan permasalahan secara umum.

3 dari 8 halaman

Kecerdasan Visual Spasial

Kecerdasan spasial adalah kemampuan untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang gambar. Anak-anak yang unggul dalam jenis kecerdasan ini cenderung tertarik pada gambar dan memiliki memori visual yang tajam dari berbagai lokasi. Mereka biasanya tahu jika pernah mengunjungi suatu tempat sebelumnya dan dapat dengan mudah menghafal nama tempat ataupun nama jalan.

4 dari 8 halaman

Kecerdasan Musikal

Jika anak sering dan gemar mendengarkan musik, maka kemungkinan ia memiliki apa yang disebut sebagai kecerdasan musikal. Hal ini kerap kali membuat anak memainkan panci dan galon air untuk menciptakan suara-suara. Anak juga senang mendengarkan musik dan selalu bersemangat saat menyanyi bersama.

5 dari 8 halaman

Kecerdasan Intrapersonal

Tipe kecerdasan selanjutnya adalah kecerdasan intrapersonal. Anak yang memiliki tipe kecerdasan ini biasanya benar-benar hebat dalam memahami perasaannya sendiri. Mereka mampu memberi label apakah mereka sedang sedih, marah, frustasi, dan sebagainya.

6 dari 8 halaman

Kecerdasan Interpersonal

Kebalikan dari kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal ditandai dengan anak yang lebih memahami orang lain disekitarnya. Mereka biasanya memiliki rasa empati yang tinggi. Anak dengan kecerdasan ini biasanya juga lebih cepat akrab berteman dengan orang yang baru ditemuinya.

7 dari 8 halaman

Kecerdasan Kinetik

Jika anak suka berolahraga seperti bermain sepak bola atau bola basket bisa jadi ia memiliki kecerdasan kinetik. Anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya lebih aktif dan suka aktifitas yang melibatkan fisik seperti berlari dan melompat.

8 dari 8 halaman

Kecerdasan Naturalis

Anak dengan tipe kecerdasan naturalis biasanya lebih suka bermain di alam bebas. Mereka juga sangat menyukai binatang, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Beri Komentar