Penting, Inilah Keterampilan Sosial yang Dapat Diajarkan pada Anak Sejak Dini

Reporter : Mila
Jumat, 27 Desember 2019 13:25
Penting, Inilah Keterampilan Sosial yang Dapat Diajarkan pada Anak Sejak Dini
dengan keterampilan sosial yang baik, anak-anak akan memiliki masa depan yang lebih cerah.

Keterampilan sosial yang baik memungkinkan anak-anak menikmati hubungan teman sebayanya dengan lebih baik. Anak-anak dengan keterampilan sosial yang lebih baik cenderung mendapatkan manfaat langsung. Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa keterampilan sosial yang baik dapat mengurangi stres pada anak-anak yang berada di tempat penitipan anak.

Saat berada jauh dari keluarga adalah tantangan bagi anak-anak. Jika tidak memiliki keterampilan sosial untuk berinteraksi dengan orang lain, maka anak cenderung stres. Selain itu, anak-anak yang dapat bergaul dengan teman sebaya cenderung berteman lebih mudah.

Menurut sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam International Encyclopedia of Social & Behavioral Sciences, pertemanan masa kecil baik untuk kesehatan mental anak-anak. Keterampilan sosial yang baik juga dapat membantu anak-anak memiliki masa depan yang lebih cerah. Menurut sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health, keterampilan sosial dan emosional anak di TK mungkin menjadi prediktor terbesar keberhasilan di masa dewasa.

Anak-anak yang kurang memiliki keterampilan sosial dan emosional lebih cenderung memiliki masalah penyalahgunaan narkoba, masalah hubungan, dan masalah hukum. Untuk itu, inilah keterampilan sosial yang dapat diajarkan pada anak, dikutip dari verywellfamily (22/11).

1 dari 7 halaman

Berbagi

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang merasa senang dengan diri mereka sendiri lebih mungkin untuk berbagi. Berbagi juga membuat mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. Jadi mengajar mereka untuk berbagi mungkin merupakan kunci untuk meningkatkan harga diri mereka.

2 dari 7 halaman

Bekerja Sama

Bekerja sama berarti bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama. Anak-anak yang bekerja sama mematuhi permintaan dari orang lain. Mereka juga berkontribusi, berpartisipasi, dan membantu. Keterampilan kerja sama yang baik sangat penting untuk berhasil bergaul dalam suatu komunitas. Anak perlu bekerja sama dengan teman-teman sekelasnya di taman bermain serta di kelas. Apa pun itu, kerja sama adalah peluang besar bagi anak-anak untuk belajar lebih banyak tentang diri mereka sendiri.

3 dari 7 halaman

Mendengarkan

Mendengarkan bukan hanya diam saja, tapi berarti benar-benar menyerap apa yang dikatakan orang lain. Mendengarkan adalah komponen penting dari komunikasi yang sehat. Sangat penting bagi anak untuk mengetahui cara mendengarkan dengan baik. Mungkin keterampilan iji lebih sulit untuk dikuasai di era perangkat digital karena begitu banyak orang cenderung menatap smartphone mereka ketika mereka terlibat dalam percakapan.

4 dari 7 halaman

Mengikuti Arahan

Anak yang tidak dapat mengikuti aturan cenderung bermasalahan dalam kehidupannya. Oleh karena itu skill mengikuti arahan bisa menjadi sangat penting pada anak.

5 dari 7 halaman

Menghormati Ruang Pribadi

Penting untuk mengajar anak-anak bagaimana menghargai ruang pribadi orang lain. Buat aturan di rumah yang mendorong anak-anak untuk menghormati ruang pribadi orang lain.

6 dari 7 halaman

Melakukan Eye Contact

Beberapa anak mungkin kesulitan melihat mata orang yang mereka ajak bicara. Mungkin karena malu, mereka lebih suka menatap lantai atau langit langit ketika berbicara. Padahal eye contact adalah bagian penting dari komunikasi. Jika anak kamu kesulitan dengan hal itu, cobalah untuk mengingatkan dia.

7 dari 7 halaman

Berperilaku Baik

Penting bagi anak-anak untuk mengetahui cara bersikap sopan dan hormat terutama ketika mereka berada di rumah orang lain atau di sekolah. Usahakan untuk mengajarkan three magic word; tolong, maaf, dan terima kasih.

Itu tadi beberapa social skills yang harus dimiliki anak. Dengan mengajarkannya sejak dini, maka anak akan bisa menerapkan skill tersebut dengan baik.

Beri Komentar