Ini Pentingnya Lemak dalam MPASI, Bisa Bikin Otak Anak Lebih Cerdas!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 5 Juni 2024 22:06
Ini Pentingnya Lemak dalam MPASI, Bisa Bikin Otak Anak Lebih Cerdas!
Selalu berikan si kecil yang terbaik dengan memberikan nutrisi yang cukup agar ia bertumbuh menjadi anak yang sehat dan selalu senang

Saat bayi mulai mengkonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI), pastikan asupan nutrisi yang seimbang sebagai kunci utama dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Salah satu komponen penting dalam MPASI yang sering kali terlewatkan adalah lemak. 

Meskipun kata “lemak” sering kali dikaitkan dengan hal-hal negatif, sebenarnya, lemak adalah nutrisi yang sangat penting untuk bayi. Yuk, kita bahas mengapa lemak begitu penting diberikan dalam MPASI yang dikonsumsi bayi!

 

1 dari 4 halaman

Mengapa Lemak Penting dalam MPASI?

Pentingnya Lemak dalam MPASI© Freepik

1. Sumber Energi Utama

Lemak adalah sumber energi yang sangat baik untuk bayi. Bayi memiliki kebutuhan energi yang tinggi untuk mendukung pertumbuhan mereka. Pada usia 6-12 bulan, bayi membutuhkan sekitar 40-50% asupan kalori harian dari lemak untuk tumbuh kembang yang sempurna.

Lemak menyediakan energi yang lebih padat atau kalori dua kali lebih banyak dibandingkan dengan protein atau karbohidrat. Artinya, sedikit lemak dapat memberikan energi yang cukup banyak untuk mendukung aktivitas sehari-hari dan perkembangan tubuh bayi. Lemak juga berperan dalam pengaturan suhu tubuh si kecil

2. Membangun Otak dan Saraf

Tahukah kamu, bahwa sekitar 60% dari otak bayi terdiri dari lemak, loh Diazens. Terutama, lemak asam esensial dalam keluarga omega-3 seperti DHA (docosahexaenoic acid) yang sangat penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. 

DHA membantu dalam pembentukan sel-sel otak dan saraf, mendukung fungsi kognitif, serta penglihatan bayi. Sedangkan, asam lemak ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh bayi, sehingga harus diperoleh dari makanan. Itulah mengapa memasukkan lemak sehat dalam MPASI dapat mendukung perkembangan otak si kecil, membantu mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sehat. 

 

2 dari 4 halaman

 

Pentingnya Lemak dalam MPASI© Freepik

3. Membantu Penyerapan Vitamin

Beberapa vitamin esensial, seperti vitamin A, D, E, dan K, hanya bisa diserap oleh tubuh dengan bantuan lemak. Tanpa adanya lemak yang masuk dalam tubuh, vitamin-vitamin ini tidak akan terserap dengan sempurna. Hal ini bisa berdampak pada kesehatan dan tumbuh kembang si kecil.  Manfaat dari vitamin A penting untuk penglihatan, vitamin D untuk kesehatan tulang, vitamin E sebagai antioksidan, dan vitamin K untuk pembekuan darah. Jadi, lemak dalam MPASI membantu memastikan bahwa bayi mendapatkan manfaat penuh dari vitamin-vitamin ini. 

4. Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh

Lemak juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh secara keseluruhan. Lemak membantu penyerapan protein dan membangun jaringan tubuh yang penting dalam tubuh manusia, seperti otot dan tulang serta berperan dalam pembentukan membran sel, jaringan, dan hormon. Tanpa asupan lemak yang cukup, proses-proses ini bisa terganggu, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik dan kesehatan si kecil. 



3 dari 4 halaman

Sumber Lemak Sehat untuk MPASI

Pentingnya Lemak dalam MPASI© Freepik

Terdapat banyak sumber lemak baik yang bisa kamu berikan ke dalam MPASI untuk dikonsumsi bayi, seperti: 

  • Alpukat 

Buah ini sangat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang baik untuk kesehatan jantung.

Alpukat merupakan sumber lemak sehat. Kamu bisa menambahkan alpukat yang sudah dihaluskan ke dalam bubur bayi atau mengoleskannya ke roti. Bisa juga jika disajikan hanya dengan memotong buah menjadi kecil-kecil dan langsung di makan

  • Minyak zaitun

Salah satu lemak tak jenuh tunggal juga selain alpukat. Minyak zaitun juga kaya akan antioksidan.

Kamu bisa mencampurkannya ke dalam MPASI dengan menambahkan sedikit minyak zaitun extra virgin ke dalam puree sayuran atau bubur. Minyak zaitun kaya lemak sehat dan memiliki rasa yang lembut sehingga cocok jika dipadukan dengan makanan bayi.

  • Kacang-kacangan

Kaya akan serat, protein, dan juga termasuk lemak tak jenuh ganda yang mengandung asam  lemak omega-3 dan omega-6 yang penting untuk perkembangan otak dan kesehatan jantung.

Jika ingin dicampurkan dalam MPASI, kamu bisa menghaluskan dan membentuknya seperti selai tanpa garam dan gula. Dengan cara ini kacang-kacangan bisa menjadi sumber lemak sehat yang lezat. 

  • Ikan Salmon dan Sarden

Kaya akan asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan saraf. Termasuk juga dalam lemak tak jenuh ganda yang bagus untuk melengkapi tumbuh kembang anak terutama untuk kesehatan otak dan jantung. 

Ikan berlemak seperti sarden atau salmon bisa disajikan sebagai MPASI dengan cara mengukusnya atau menghaluskannya. Lalu dicampurkan pada bubur atau dikonsumsi secara langsung.

  • Produk Susu Penuh Lemak 

Yogurt penuh lemak atau keju bisa menjadi tambahan untuk MPASI yang baik untuk dikonsumsi bayi. Pastikan produk tersebut tidak mengandung gula tambahan

 

4 dari 4 halaman

Tips Memberikan Lemak dalam MPASI

Pentingnya Lemak dalam MPASI© Freepik

  • Berikan lemak dalam jumlah yang sesuai. Sebaiknya berikan lemak 1-2 sendok makan per hari untuk bayi usia 6-12 bulan.

  • Pilihlah sumber lemak sehat, seperti gunakan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda sebagai sumber lemak utama dalam MPASI.

  • Variasikan sumber lemak dengan memberikan berbagai macam sumber lemak untuk memastikan bayi mendapatkan berbagai macam nutrisi.

  • Olah lemak dengan cara yang sehat. Hindari menggoreng makanan dengan lemak. Gunakan metode memasak seperti menumis, merebus, atau mengukus.

  • Konsultasikan dengan dokter anak. Jika kamu memiliki pertanyaan atau concerns tentang pemberian lemak dalam MPASI, konsultasikan dengan dokter anak.

  • Perkenalkan berbagai makanan dengan hati-hati untuk menghindari resiko alergi

Melihat proses tumbuh kembang si kecil merupakan hal yang menyenangkan dan syukuri pastinya. Selalu berikan yang terbaik dengan memberikan nutrisi yang cukup agar ia bertumbuh menjadi anak yang sehat dan selalu senang.Semoga bermanfaat!

Editor: Najwa Al Rasyidah

 

Beri Komentar