Pentingnya Mempertimbangkan Kriteria Babysitter untuk Anak

Reporter : Mila
Selasa, 31 Desember 2019 12:26
Pentingnya Mempertimbangkan Kriteria Babysitter untuk Anak
Orang tua harus mempertimbangkan 'bibit-bebet-bobot' calon babysitter.

Memutuskan siapa yang pantas menjadi pengasuh anak/babysitter adalah hal yang tidak mudah bagi orang tua. Selain mempertimbangkan aspek 'kecocokan' dengan anak, orang tua juga harus mempertimbangkan kriteria yang tepat bagi babysitter. Namun, bagaimana caranya? Orang tua tidak perlu cemas, dilansir dari Babygaga (11/12), berikut hal yang perlu orang tua pertimbangkan untuk memutuskan siapa yang pantas jadi babysitter.

1 dari 5 halaman

Jujur

Kejujuran merupakan kunci utama dalam menentukan siapa babysitter yang akan merawat anak. Hal ini karena kejujuran adalah sifat yang tidak dimiliki banyak orang. Mencari babysitter yang jujur dapat membuat orang tua saat meninggalkan anak sendirian waktu orang tua tidak sedang ada di rumah.

2 dari 5 halaman

Mengerti Gaya Mengasuh Anak

Mengerti gaya mengasuh pada anak dapat menjadi tolak ukur akan kompetensi dari babysitter itu sendiri. Oleh karena itu, carilah babysitter yang mengerti dengan berbagai gaya pengasuhan anak. Hal ini tentunya akan membuat orang tua lebih tenang jika harus menitipkan anak ke babysitter.

3 dari 5 halaman

Bertanggung Jawab

Merawat anak tidaklah mudah, oleh karena itu jika orang tua ingin mencari babysitter, pastikan bahwa ia adalah orang yang bertanggung jawab. Ia wajib bertanggung jawab pada anak dan atas dirinya sendiri. Selain itu tanggung jawab babysitter juga dapat dilihat dari caranya mengemban tugas yang orang tua berikan.

4 dari 5 halaman

Pengalaman

Pengalaman mengurus bayi juga hal yang perlu orang tua perhatikan untuk jadi salah satu kriteria babysitter yang akan dipilih. Jangan sampai anak berada di tangan yang salah, yang justru akan mencelakakan anak.

5 dari 5 halaman

Mencari dari Sumber Terpercaya

Orang tua tidak boleh sembarangan dalam mencari babysitter untuk anak. Salah satu cara yang dapat dicoba adalah dengan mencari babysitter dari sumber yang terpercaya, seperti keluarga atau teman dekat misalnya. Orang tua harus mengenal baik orang tersebut yang mengenal babysitter yang akan merawat anak. Dengan begitu babysitter yang dipilih pun akan lebih kompeten karena dikenalkan dari sumber yang terpercaya.

Semoga tips di atas dapat mempermudah orang tua dalam menentukan kriteria babysitter yang pas untuk anak.

Beri Komentar