Sedang Hamil? Persiapkan Dirimu Tentang Fakta-fakta Kehamilan Ini

Reporter : Mila
Sabtu, 28 Desember 2019 11:59
Sedang Hamil? Persiapkan Dirimu Tentang Fakta-fakta Kehamilan Ini
Dari perubahan fisik sampai perubahan suasana hati dapat berpengaruh, lho.

Jika kamu sedang hamil atau mengetahui ada seorang kerabat yang hamil, pasti kamu butuh mengetahui fakta-fakta tentang kehamilan berikut. Memang, ada banyak hal-hal yang tidak terduga pada masa kehamilan yang bahkan dapat membuatmu terkejut. Inilah beberapa fakta tentang kehamilan yang kami lansir dari momjunction (28/12).

1 dari 9 halaman

Morning, Noon, Night Sickness

Morning sickness adalah gejala umum kehamilan pada trimester pertama. Peningkatan hormon yang diproduksi untuk perkembangan bayimu dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang hebat dan disertai dengan mual. Bahkan beberapa perempuan juga mengalami morning, noon, dan night sickness, tentunya ini bukanlah suatu hal yang menyenangkan.

2 dari 9 halaman

Kaki dan Tangan Bengkak

Saat kehamilan, sering kali kaki dan tangan membengkak. Hal ini membuat ibu hamil seringkali kesulitan untuk duduk dan tidur pada posisi tertentu.

3 dari 9 halaman

Jerawat dan Rambut Kering

Sering kali kita mendengar bahwa saat hamil, kulit akan glowing. Untuk beberapa orang mungkin ada benarnya, tapi untuk sebagian lainnya hal tersebut tidaklah benar. Terkadang kehamilan justru akan membuat kulit kusam dan berjerawat serta rambut yang kering dan kaku.

4 dari 9 halaman

Stretch Marks

Stretch marks memang umum terjadi saat masa kehamilan. Namun, yang mengejutkan adalah ternyata stretch marks tidak hanya muncul di perut saja, namun pada payudara, pinggul, betis, dan lengan.

5 dari 9 halaman

Sering Buang Air Kecil

Kebiasaan bolak-balik ke kamar mandi setiap beberapa menit adalah hal yang biasa dialami oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan bayi di dalam kandungan menekan kantung kemih sehingga kemampuan menahan urin pun berkurang.

6 dari 9 halaman

Volume Darah Meningkat

Saat hamil, volume darah meningkat sebanyak 50% untuk membantu memasok darah yang cukup akan oksigen ke janin.

7 dari 9 halaman

Jantung Tumbuh Lebih Besar

Saat hamil, jantung tumbuh lebih besar untuk membantu memompa semua darah ekstra ke seluruh tubuh.

8 dari 9 halaman

Suara yang Berubah

Karena hormon yang tidak seimbang saat kehamilan, maka beberapa kondisi tubuh dapat berubah, termasuk suara. Pertumbuhan hormon estrogen dan progesteron menyebabkan pembengkakan pada pita suara sehingga nada suara ibu hamil akan lebih rendah dari biasanya.

9 dari 9 halaman

Lebih Peka Terhadap Bau-bauan

Selama trimester awal, biasanya hidung ibu hamil lebih peka terhadap bebauan. Inilah yang menyebabkan ibu hamil sering mual karena bau tertentu.

Itulah tadi beberapa fakta tentang kehamilan. Apa kamu juga mengalaminya? Janaan lupa ceritakan juga pengalaman kamu di kolom komentar, ya.

Beri Komentar