Selain Suka Menyendiri, Inilah Tanda Lain Anak Memiliki Karakter Introvert

Reporter : Mila
Selasa, 31 Desember 2019 11:47
Selain Suka Menyendiri, Inilah Tanda Lain Anak Memiliki Karakter Introvert
Memiliki anak introvert akan menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua.

Semua anak pada dasarnya terlahir dengan keunikan dan ciri-ciri kepribadian masing-masing. Oleh karena itu, orang tua perlu mengetahui bagaimana karakternya, apakah extrovert atau justru termasuk anak introvert. Dengan mengetahui karakter anak, harapannya orang tua bisa membantu untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak.

Memiliki anak introvert akan menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Hal ini dikarenakan anak introvert cenderung lebih pendiam dan tertutup dibandingkan anak extrovert. Apa saja tanda anak yang memiliki karakter introvert? Simak selengkapnya!

1 dari 6 halaman

Menghindari Kontak Mata Terutama dengan Orang Baru

Bertemu dengan orang baru dan memasuki lingkungan baru merupakan tantangan yang besar untuk anak dengan karakter introvert. Bahkan, tidak sedikit dari anak dengan karakter introvert yang akan berusaha menghindar untuk tidak terlibat dengan kondisi yang membuatnya tidak nyaman. Perilaku tersebut bukan karena mereka tidak sopan, namun mereka hanya berusaha untuk melindungi diri yang mereka rasakan ketika berinteraksi dengan orang yang tidak mereka kenal dengan baik.

2 dari 6 halaman

Mudah Emosi saat Lelah

Saat merasa lelah dari banyaknya aktifitas, anak dengan karakter intovert lebih mudah untuk emosi atau 'ngambek'. Untuk itu, jika orang tua tahu bahwa anak sudah menghabiskan waktu yang cukup lama terutama yang melibatkan banyak interaksi sosial, pastikan untuk menjadwalkan waktu agar anak bisa memiliki waktu khusus yang membuatnya lebih tenang.

3 dari 6 halaman

Berbicara Sendiri

Anak introvert dan extrovert sama-sama butuh membongkar dan menceritakan perasaan dan pengalaman mereka. Tapi berbeda dengan extrovert, anak introvert lebih sering mengungkapkan perasaannya dengan berbicara sendiri ataupun dengan mainan seperti bonekanya.

4 dari 6 halaman

Lebih Senang Bermain Sendiri

Anak introvert memiliki ciri khas yaitu lebih senang menikmati waktunya seorang diri, termasuk saat bermain. Hal ini dikarenakan anak dengan karakter introvert senang menggunakan imajinasinya saat bermain daripada bermain dengan anak-anak lain.

5 dari 6 halaman

Pemilih Teman

Tentu saja anak dengan karakteristik introvert tetap memiliki teman. Tapi mereka memang hanya memilih beberapa orang untuk menjadi teman yang mereka percaya, sehingga teman anak introvert tidak sebanyak teman anak extrovert.

6 dari 6 halaman

Sulit Mengekspresikan Emosi

Salah satu tanda anak introvert adalah cenderung sulit untuk mengungkapkan atau mengeskspresikan perasaannya. Karena sulit mengungkapkan perasaannya, maka anak dengan karakter introvert cenderung sering memendam perasaannya.

Beri Komentar