Semua yang Perlu Diketahui Saat Bayi Mulai Merangkak

Reporter : Mila
Jumat, 27 Desember 2019 16:44
Semua yang Perlu Diketahui Saat Bayi Mulai Merangkak
bayi memberikan tanda-tanda saat sudah siap merangkak.

Sama seperti kura-kura dan kelinci, kebanyakan bayi mulai merangkak setelah berumur satu setengah tahun. Namun, beberapa bayi lain lebih lambat. Hal ini dikarenakan setiap bayi berbeda-beda, pertumbuhan dan perkembangannya pun akan berbeda pula. Jadi orang tua tidak perlu panik dan resah.

"Sebagian besar bayi akan belajar merangkak antara umur 7-10 bulan, hal ini akan berbeda-beda tergantung setiap bayi," ujar Amanda Gorman, seorang praktisi perawat bersertifikat di Maryland.

Menurut beberapa ahli, ada beberapa tanda yang bayi berikan saat ia sudah mulai siap merangkak. Berikut penjelasannya yang kami kutip dari Womansday (20/11).

1 dari 2 halaman

Tanda Bayi Sudah Siap Merangkak

" Bayi bersiap untuk merangkak ketika dia mulai mendorong tubuh bagian atas pada sikunya dan menarik kakinya ke bawah dan mengayun ke depan dan ke belakang dengan siku dan lutut," kata Dorota Szczepaniak, kepala divisi pediatrik umum di Indianapolis, Indiana.

Tanda lainnya, orang tua mungkin memperhatikan bahwa bayi yang siap merangkak akan menghabiskan lebih banyak waktu tengkurap. Selain itu, biasanya bayi akan lebih tertarik pada benda atau objek yang jaraknya lebih jauh. Karena sensor jaraknya pun mulai berkembang.

Selain itu, jika bayi mulai untuk merayap atau mendorong perutnya hanya dengan tangan dan lutut, itu artinya dalam beberapa minggu lagi bayi akan merangkak.

2 dari 2 halaman

Apa Perbedaan Gaya Merangkak pada Bayi?

Menurut para ahli, ternyata bayi merangkak dengan berbagai gaya dan posisi. Ini adalah gaya merangkak paling umum menurut American Academy of Pediatrics.

  • Army Crawl : Lengan mendorong tubuh ke depan sementara perut menyeret ke lantai.
  • Bear Crawl : Posisi 'V' terbalik mirip dengan merangkak biasa, namun dengan posisi lengan dan kaki lurus
  • Crab Crawl : Gerakan mundur atau menyamping yang diarahkan oleh tangan.
  • Classic Crawl : Seperti merangkak pada umumnya yang kita ketahui.
  • Rolling Crawl : Berguling dari satu tempat ke tempat lain
  • Bottom Scoot : Gaya seperti duduk.

Tidak peduli merangkak dengan gaya seperti apa, yang paling penting adalah bayi bergerak. Selama bayi berkembang dan memanfaatkan kedua sisi tubuhnya secara merata, maka bayi akan baik-baik saja.

Beri Komentar