Semua yang Perlu Diketahui Tentang Bayi Mendengkur

Reporter : Mila
Selasa, 31 Desember 2019 11:41
Semua yang Perlu Diketahui Tentang Bayi Mendengkur
Bayi baru lahir cenderung bernapas secara berisik atau mendengkur,.

Bayi mendengkur saat tidur terkadang membuat orang tua cemas. Padahal, hal ini merupakan suatu hal yang normal. Bayi baru lahir cenderung bernapas secara berisik atau mendengkur, karena saluran pernapasan bayi masih sempit dan berisi lendir. Udara yang lewat melalui saluran pernapasan yang berisi lendir akan menghasilkan getaran suara pada jaringan pernapasan, sehingga menyebabkan bunyi bayi mendengkur. Hal ini adalah kondisi yang normal.

1 dari 2 halaman

Penyebab Bayi Mendengkur

Dilansir dari theasianparent (31/12), suara mendengkur pada bayi yang sedang tidur sebetulnya akan hilang ketika saluran pernapasan bayi sudah berkembang sempurna dan bayi sudah mampu menelan ludah. Tetapi, apabila bayi mendengkur disertai gejala lain, bisa jadi merupakan tanda adanya masalah kesehatan seperti iritasi saluran pernapasan (flu, batuk, pilek), sekat hidung miring (deviasi septum), laringomalasia, sleep apnea, dan pembengkakan kelenjar amandel.

2 dari 2 halaman

Cara Mencegah Bayi Mendengkur

Menjauhkan dari pemicu alergi

Jauhkan segala alergen atau pemicu alergi dari kamar tidur bayi. Ada baiknya jika orang tua memindahkan barang-barang yang mudah menampung debu, misalnya boneka, dari tempat tidur bayi.

Memperbaiki posisi tidur

Posisikan bayi agar tidur telentang. Posisi tidur bayi yang telentang dapat memudahkan bayi bernapas.

Membuka saluran pernapasan bayi

Orang tua dapat menggunakan pelembap udara untuk membantu membuka saluran pernapasan dan meredakan suara bayi mendengkur. Lakukan hal ini sebelum bayi tidur.

Nasal aspirator/pipet pembersih hidung bayi

Pakailah pipet pembersih hidung bayi untuk mengeluarkan cairan berlebih pada hidung bayi. Caranya, masukkan ujung pipet ke dalam hidung bayi, tekan bagian balonnya dengan perlahan agar lendir dalam hidung bayi dapat terisap. Lalu buang lendir tersebut.

Larutan saline

Jika lendir pada hidung bayi sulit dikeluarkan, gunakan larutan garam steril untuk hidung (nasal saline spray) untuk mengencerkan sumbatannya. Semprotkan beberapa tetes larutan saline ke dalam hidung bayi yang tersumbat sesuai petunjuk penggunaan.

Beri Komentar