Sering Memeluk Anak Ternyata Memberikan Banyak Efek Positif

Reporter : Mila
Selasa, 31 Desember 2019 09:51
Sering Memeluk Anak Ternyata Memberikan Banyak Efek Positif
Memeluk anak memiliki manfaat untuk tumbuh kembangnya.

Tentunya orang tua sangat menyayangi anaknya. Rasa sayang itu seringkali disampaikan dengan cara memeluk anak dengan hangat. Selain memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman, memeluk anak memiliki manfaat untuk tumbuh kembangnya.

Meskipun terdengar sepele, pelukan sangatlah penting. Apalagi jika orang tua sedang bekerja. Usahakan untuk memeluk anak sebelum berangkat bekerja dan saat akhir hari setelah pulang bekerja. Dikutip dari PopMama (3/12), inilah manfaat pelukan orang tua kepada anak.

1 dari 6 halaman

Membentuk Rasa Percaya Diri

Menurut penelitian, anak yang lebih sering dipeluk akan jadi pribadi yang percaya diri dan optimis. Anak yang seperti ini akan cenderung memiliki pergaulan yang luas karena interaksi sosialnya yang baik.

2 dari 6 halaman

Mengeluarkan Hormon Oksitosin dan Endorfin

Pelukan dapat melepaskan hormon oksitosin dan endorfin yang mampu mengendurkan saraf yang tegang dan menunkan tekanan darah. Selain itu hormon ini dapat juga dapat mengurangi rasa stres pada anak dan meningkatkan sistem imunnya.

3 dari 6 halaman

Membuat Anak Lebih Cerdas

Hormon oksitosin yang dilepaskan pada saat orang tua memeluk anaknya, akan membuat koneksi pada sel-sel otak pada anak. Semakin banyak koneksi sel yang terhubung, maka anak akan semakin cerdas.

4 dari 6 halaman

Membuat Anak Merasa Aman

Pelukan dengan orang tua membuat anak merasa bahwa orang tua adalah orang yang paling dengan dengannya. Hal ini lalu membuatnya merasa aman secara emosional. Rasa aman ini juga meningkatkan keterbukaan mereka untuk mempelajari hal-hal baru dan membuka jalan untuk komunikasi secara terbuka dan jujur.

5 dari 6 halaman

Memicu Stimulasi Pertumbuhan

Hormon oksitosin yang dilepaskan saat anak dipeluk dapat membantu tumbuh kembangnya jadi lebih baik. Hal ini karena, hormon oksoitosin yang dilespakan juga dapat memicu growth stimulation (stimulasi pertumbuhan). Pernyataan ini didukung oleh penelitian dari Bliss Hospital di Montreal, yang menyarankan bayi prematur lebih baik dipeluk Mama dengan teknik kangguru.

6 dari 6 halaman

Mengajarkan Cara Memberi dan Menerima

Saat dipeluk, anak belajar bukan hanya sekedar menerima pelukan. Namun, memahami kebutuhan untuk menunjukkan balasan cinta kepada orang lain dengan memberikan pelukan mereka juga. Singkatnya, pelukan mendidik anak tentang bagaimana cinta dan sayang adalah tentang memberi dan menerima.

Beri Komentar