Tanda Bahwa Bayi Sudah Memasuki Masa Balita, Orang Tua Wajib Tahu

Reporter : Mila
Selasa, 31 Desember 2019 10:16
Tanda Bahwa Bayi Sudah Memasuki Masa Balita, Orang Tua Wajib Tahu
Tingkah lakunya akan berubah saat memasuki masa balita.

Bayi memanglah menggemaskan. Pipi dab pantatnya yang lembut, tubuhnya yang halus, wajahnya yang lucu, dan sekecil apapun tingkah lakunya membuat kita jadi makin gemas. Namun, bayi tak mungkin selamanya jadi bayi. Perlahan ia pun masuk tahap selanjutnya yaitu masa balita.

Sekalipun masa balita adalah singkatan dari bayi lima tahun ataupun ada sebagian orang menggunakan istilah batita sebagai kependekan dari bayi tiga tahun, namun sebenarnya rentang usia pada masa balita bisa diperkirakan antara dua sampai lima tahun. Selain soal usia, ada hal lain yang bisa diperhatikan dari tingkah laku bayi yang siap meninggalkan masa bayinya menuju tahapan menjadi seorang balita. Apa saja? Simak Selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Memilih Pakaian yang Akan Dikenakan

Dilansir dari Babyology (2/11), hal pertama yang menandakan bahwa bayi siap menuju masa balita yaitu saat dia ingin memutuskan sendiri atas pakaian yang akan ia kenakan. Jika biasanya selama ini orang tua yang memilihkan, maka saat fase itu, anak akan lebih terlibat untuk memilih pakaian yang dirasanya pantas.

2 dari 5 halaman

Punya Pendapat Sendiri

Saat bayi memasuki masa balita, bukan orang tua lagi yang mengatur anak, tapi justru anak yang mengatur orang tuanya. Pada fase ini emosi orang tua sangat diuji. Anak menolak saat diajak mandi ataupun menolak saat diajak keluar. Intinya pada fase ini, anak merasa paling benar.

3 dari 5 halaman

Menang Sendiri

Anak mulai ingin orang dewasa memahami bahwa apa yang ia mau harus persis seperti yang dia bayangkan. Seperti contohnya anak mulai suka makanan tertentu dan tak segan melakukan aksi mogok makan kalau keinginannya tidak dituruti.

4 dari 5 halaman

Segala Sesuatu Bisa Jadi Mainan

Saat memasuki masa balita tentunya anak mulai berlarian kesana-kemari. Maka bersiaplah untuk mendapati setiap area rumah dan barang-barang di rumah menjadi tempat bermain serta mainan bagi anak. Dari mulai lemari dan sofa jadi tempat bermain sampai perabot rumah seperti alat dapur pun dia jadikan mainan.

5 dari 5 halaman

Tantrum

Saat sesuatu tidak sesuai keinginannya, ia akan memulai aksi tantrum untuk merebut perhatian orang sekitar terutama orang tuanya. Meskipun menjengkelkan, orang tua perlu untuk tetap menenangkannya dengan cara yang lembut.


Jika anak mengalami itu semua, maka ia sudah tidak bisa disebut sebagai bayi lagi. Masa balita membuat anak ingin diperlakukan layaknya orang dewasa yang didengar pendapat dan keinginannya.

Beri Komentar