6 Tema Perayaan Hari Anak Nasional di Rumah, Bikin si Kecil Happy dan Aktif

Reporter : Yoyok
Selasa, 23 Juli 2024 14:25
6 Tema Perayaan Hari Anak Nasional di Rumah, Bikin si Kecil Happy dan Aktif
Hari Anak Nasional bisa menjadi ajang anak-anak untuk aktif. Gak harus di sekolah, perayaan satu ini juga bisa digelar di lingkungan rumah lho.

Ada banyak tema perayaan Hari Anak Nasional yang bisa kamu selenggarakan di rumah. Seperti kita semua ketahui, 23 Juli menjadi Hari Anak Nasional.

Sejarah Hari Anak Nasional berawal dari Deklarasi Hak Anak oleh PBB. PBB mengadopsi Deklarasi Hak Anak pada tahun 1959, yang kemudian diikuti dengan Konvensi Hak Anak pada tahun 1989. Konvensi ini menetapkan standar internasional untuk perlindungan dan kesejahteraan anak-anak.

Pada tahun 1984, Presiden kedua Indonesia, Pak Soeharto, menetapkan 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan disahkannya Undang-Undang Perlindungan Anak No. 4 Tahun 1979.

Biasanya, pihak sekolah yang akan melakukan acar atau event dalam memperingati Hari Anak Nasional. Cara perayaan Hari Anak Nasional tersebut bisa dalam berbagai bentuk dan kegiatan.

Namun, tidak harus pihak sekolah lho yang harus merayakan Hari Anak Nasional. Lingkungan rumah juga tidak boleh kalah dalam ikut merayakannya.

Untuk urusan tema, lingkungan rumah bisa jauh lebih fleksibel daripada sekolah. Berikut ini adalah beberapa tema perayaan Hari Anak Nasional yang bisa diterapkan di lingkungan rumah anak-anak.

1 dari 3 halaman

Tema Merayakan Hari Anak Nasional

Tema Perayaan Hari Anak Nasional© shutterstock.com

Seperti kita semua ketahui, Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal 23 Juli. Baik pihak sekolah maupun lingkungan rumah boleh banget ikutan dalam merayakannya lho. Berikut ini adalah beberapa tema perayaan Hari Anak Nasional.

Pesta Superhero

Tema perayaan Hari Anak Nasional yang pertama yaitu mengadakan pesta superhero. Untuk urusan dekorasi, guna yang yang bertema superhero, seperti balon, banner, dan taplak meja.

Ajak anak-anak mengenakan kostum superhero favorit mereka. Buat permainan yang menguji " kekuatan super" anak-anak, seperti lomba ketangkasan, mencari harta karun, atau membuat kerajinan tangan bertema superhero.

Safari di Rumah

Tema berikutnya yaitu kebun binatang atau safari. Hias rumah dengan tema alam dan binatang, menggunakan poster, mainan binatang, dan tanaman.

Anak-anak bisa mengenakan pakaian bertema binatang atau petualang di hutan. Buat safari mini di halaman belakang atau di dalam rumah dengan aktivitas mencari " binatang" tersembunyi, atau buat kerajinan binatang dari kertas dan bahan bekas.

2 dari 3 halaman

Tema Perayaan Hari Anak Nasional© shutterstock.com

Petualangan Luar Angkasa

Tema selanjutnya dalam perayaan Hari Anak Nasional yaitu luar angkasa. Gunakan dekorasi bertema luar angkasa seperti bintang, planet, dan roket.

Ajak anak-anak berpakaian seperti astronot atau alien. Buat roket dari botol plastik, lakukan eksperimen sains sederhana tentang luar angkasa, atau ajak menonton film edukatif tentang planet dan bintang.

Pesta Masak-Masak

Tema keempat yaitu bermasik masak-masakan. Hias dapur dan ruang makan dengan tema kuliner, menggunakan apron dan topi chef. Anak-anak bisa mengenakan apron dan topi chef. Ajak mereka membuat makanan sederhana dan jangan lupa berikan reward untuk makanan terbaik.

3 dari 3 halaman

Tema Perayaan Hari Anak Nasional© shutterstock.com

Seni dan Kerajinan

Kesenian juga bisa jadi tema perayaan Hari Anak Nasional lho. Sediakan area dengan berbagai alat seni seperti cat, kuas, kertas, dan bahan kerajinan di rumah. Tidak perlu kostum khusus, tapi siapkan apron untuk melindungi pakaian dari cat.

Buat karya seni bersama seperti melukis, membuat kolase, atau kerajinan tangan dari bahan bekas. Pajang karya mereka di rumah sebagai galeri mini.

Buku dan Dongeng

Tema yang terakhir yaitu buku dan dongeng. Buat sudut baca yang nyaman dengan bantal, selimut, dan rak buku.

Anak-anak bisa mengenakan kostum karakter dari buku atau dongeng favorit mereka. Bacakan cerita, buat sesi mendongeng, atau ajak anak-anak untuk membuat buku cerita mereka sendiri.

Itulah beberapa tema perayaan Hari Anak Nasional di rumah yang bisa kamu terapkan. Tema-tema di atas tidak hanya menarik, namun juga mendorong anak untuk aktif. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar