Temukan Penyebab Kulit Bayi Kering dan Mengelupas

Reporter : Mila
Selasa, 31 Desember 2019 12:09
Temukan Penyebab Kulit Bayi Kering dan Mengelupas
Kulit bayi yang lebih sensitif dari kulit orang dewasa menyebabkan kulit bayi lebih gampang kering.

Bercak putih di tubuh bayi menjadi salah satu pertanda kulit kering pada bayi, khususnya di wajah karena kulitnya lebih sensitif daripada orang dewasa.

Kondisi ini ternyata bisa terjadi karena berbagai faktor. Beberapa di antaranya merupakan bentuk penyesuaian diri dengan lingkungan di luar rahim, reaksi terhadap produk atau pakaian berbahan tertentu, maupun masalah kesehatan. Lebih lanjut, kami akan memberikan penyebab kulit kering dan mengelupas pada bayi seperti yang dilansir pada whattoexpect (31/12).

1 dari 6 halaman

Terkena Air Berlebihan

Saat anak mandi terlalu lama, kandungan minyak alami di kulit menjadi berkurang. Terutama bila ia mandi dengan air hangat, risiko kulit kering dan mengelupas bisa lebih tinggi. Oleh karena itu, batasilah waktu mandi bayi maksimal 15 menit. Hindari pula penggunaan sabun yang kandungannya terlalu keras dan kuat, karena bisa membuat kulit bayi semakin kering. Setelah mandi, gunakanlah pelembab kulit agar tidak kering.

2 dari 6 halaman

Bayi Baru Lahir

Saat baru lahir, normal terjadi bila kulit bayi baru lahir terlihat kering dan terkelupas. Kondisi ini rupanya bisa terjadi selama satu atau dua minggu setelah kelahiran. Hal ini dikarenakan dalam rahim, lapisan vernix yang menyerupai lilin menutupi kulit janin. Ini merupakan mekanisme alami untuk melindunginya dari cairan ketuban.

3 dari 6 halaman

Lotion yang Terlalu Keras

Penggunaan lotion untuk melembapkan menjadi hal yang penting, namun orang tua harus tetap perhatikan kandungannya. Hindari membeli lotion bayi yang terlalu keras, contohnya yang memiliki kandungan alkohol. Bahan satu ini bisa menyebabkan kulit bayi kering dan kehilangan kelembapan perlahan.

4 dari 6 halaman

Dehidrasi

Salah satu penyebab yang wajib diwaspadai setiap orangtua ialah kondisi dehidrasi pada bayi. Khususnya bayi baru lahir, dehidrasi ini lebih rentan terjadi baik saat bayi ada di dalam maupun di luar rumah. Oleh karena itu, pastikan bayi terhidrasi baik dengan cara memberikan ASI yang cukup sesuai anjuran WHO maupun mengaplikasikan pelembab yang tepat.

5 dari 6 halaman

Eksim

Bila si kecil terlihat merasakan gatal disertai kondisi kulitnya yang kering, kemungkinan besar bayi mengalami eksim. Para ahli belum benar-benar bisa menyimpulkan penyebab dari kondisi eksim ini pada bayi. Pada beberapa kasus, kulit kering pada bayi juga bisa disebabkan karena kondisi dermatitis atopik.

6 dari 6 halaman

Ichthyosis

Menurut American Academy of Dermatology, ada lebih dari 20 jenis ichthyosis yang bisa menyebabkan pengelupasan dan kekeringan pada kulit. Kondisi ini lebih rentan terjadi pada bayi dan anak-anak. Biasanya ichtyosis ini ditandai dengan kodisi kulit yang bersisik yang sangat parah. Konsultasikan ke dokter bila bayi mengalami kondisi ini.

Beri Komentar